15 Manfaat Kentang, Bikin Tubuh Ideal dan Kulit Cantik ~ Putra Gantiwarno
Selamat datang, terima kasih atas kunjungannya. Salam perdamaian

15 Manfaat Kentang, Bikin Tubuh Ideal dan Kulit Cantik

Hasil gambar untuk manfaat kentangKentang merupakan salah satu sumber karbohidrat tinggi, sama seperti nasi. Jenis umbi-umbian yang memiliki nama latin Solanum tuberosum ini rasanya lezat.

Selain rasanya lezat, kentang juga kaya nutrisi yang penting bagi kesehatan. Kentang memiliki kandungan vitamin A, B-kompleks, C, hingga asam folat. Jenis sayuran ini juga memiliki senyawa solanin yang dikenal sebagai obat penenang, anti kejang, anti jamu, dan pestisida.
Namun, sebaiknya kentang dikonsumsi dengan cara direbus atau dipanggang, bukan digoreng. Bahkan, kalau bisa kentang tidak dicampur dengan bumbu gurih yang mengandung MSG, karena tidak baik bagi kesehatan.
Konsumsi kentang rebus atau panggang dua kali sehari tidak akan membuat berat badan bertambah, justru dapat menurunkan kolesterol jahat dan mengontrol tekanan darah. Sehingga makanan ini sangat cocok bagi seseorang yang sedang menjalani program diet sebagai pengganti nasi.
Berikut adalah manfaat kentang bagi kesehatan dan kecantikan, seperti dirangkum dari Medical News Today dan Health Line, Selasa (29/10/2019).

Manfaat Kentang bagi Kesehatan

1. Membentuk Tubuh Ideal dan Menghindari Obesitas
Seperti yang telah dijelaskan di atas, kentang dapat menurunkan berat badan seseorang yang sedang menjalani program diet. Tetapi hindari mengolahnya dengan mentega, garam, micin ataupun minyak goreng.
Kentang mengandung vitamin, mineral dan zat-zat baik lainnya untuk pertahanan tubuh dalam melawan penyakit dan berperan pada kesehatan secara keseluruhan, termasuk mencegah obesitas.
Sayur yang dijuluki Potato ini memiliki serat pangan yang berfungsi sebagai pengganjal, sehingga membuat rasa kenyang bertahan lebih lama. Di sisi lain, kentang dapat melancarkan pencernaan.

2. Menjaga Kesehatan Jantung
Dari semua nutrisi yang telah disebutkan, kentang juga rendah kolesterol, baik untuk menjaga kesehatan jantung. Kandungan serat dalam kentang dapat membantu menurunkan kolesterol dalam darah, sehingga mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke.
Sebuah hasil penelitian dari National Health and Nutrition Examination Survey (NHANES), menyebutkan kandungan kalium dalam kentang dapat menurunkan risiko kematian akibat penyakit jantung.

3. Mencegah Kanker
Kentang mengandung folat yang berperan dalam sinesis dan perbaikan DNA, sehingga mencegah berbagai jenis sel kanker. Asupan dari sayuran seperti kentang dipercaya dapan mencegah kenker kolorektal.
Vitamin C dan quercetin kentang juga berfungsi sebagai antioksidan, melindungi sel terhadap kerusakan akibat radikan bebas.

4. Mengobati Diabetes dan Cegah Tekanan Darah Tinggi
Kebanyakan pasien diabetes disarankan dokter untuk mengonsumsi kentang sebagai pengganti nasi. Hal itu dikarenakan kentang dapat menurunkan penyakit diabetes atau mengontrol kadar gula darah dalam tubuh.
Kandungan pati dalam kentang akan meningkatkan kontrol gula darah. Untuk menurunkan diabetes, simpan kentang rebus di lemari es selama satu malam, dan konsumsi keesokan harinya dalam keadaan dingin.
Selain itu, asuan natrium rendah yang terdapat dalam kentang sangat penting untuk menjaga tekanan darah. Sementara kalium mendorong vasodilatasi atau peleberan pembuluh darah.

5. Baik untuk Otot dan Otak
Kentang mengandung kolin, yaitu nutrisi penting dan serbaguna. Kandungan tersebut dapat membantu gerakan otot, menstabilkan hati, dan meningkatkan daya ingat otak. Satu kentang berukuran besar mengandung 57 miligram kolin.
Pada dasarnya, tubuh pria dewasa membutuhkan sebanyak 550 miligram kolin, dan wanita membutuhkan 425 miligram kolin per hari.
Kolin juga membantu untuk mempertahankan struktur membran sel, mentransmisikan impuls saraf, penyerapan lemak, dan perkembangan otak pada anak.

10 Manfaat Kentang bagi Kecantikan

Selain bermanfaat bagi kesehatan, kentang juga baik untuk kecantikan kulit. Anda bisa menghaluskan kentang rebus ataupun kentang yang masih mentah sebagai masker wajah secara rutin. Khasiat kentang bagi kecantikan di antaranya adalah:
  1. Menjaga kelembapan kulit
  2. Membersihkan noda bekas jerawat
  3. Mencegah penuaan dini dan membuat awet muda
  4. Mencerahkan kantung mata hitam alias mata panda
  5. Mengatasi kulit keriput
  6. Mengobati kulit belang yang terbakar oleh matahari
  7. Membantu mencerahkan kulit
  8. Mengatasi kulit kering
  9. Mengankan sel kulit mati
  10. Meningkatkan kesehatan kolagen
Sumber: Medical News Today, Health Line

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More