Selamat datang, terima kasih atas kunjungannya. Salam perdamaian

Melukis dengan Cahaya (Bagian 1)

Buat yang menyukai fotografi mungkin pernah mencoba membuat foto yg merekam warna-warni cahaya seperti di keramaian lalu lintas atau panorama malam kota dengan teknik "low speed". Biasanya kamera-kamera pemula "auto point and shoot" sulit melakukannya sehingga harus dengan menggunakan kamera advanced yg menyediakan fasilitas setting manual. Jika dilakukan dengan benar dan dengan kreatifitas tinggi hasinya akan sangat indah dan menakjubkan.


Teknik ini menggunakan pola cahaya yg dinamis yg dibuat sedemikian rupa sehingga menghasilkan foto malam yg indah dan tidak seperti biasanya.

(klik gambar utk memperbesar)


Eric Staller

Eric Staller adalah pematung yg lebih dikenal dalam kerja seni permanen di area publik tapi juga dikenal dalam eksperimennya dengan cahaya. Lukisan-lukisan cahayanya dan juga patung-patungnya sudah dikenal sejak tahun 70-an. Mungkin dialah fotografer pertama yg melukis cahaya ke dalam kehidupan di lingkungan kota.








Tanpa Lensa Khusus, Hanya Cahaya yang Kusut


Alan Jaras (aka "Reciprocity") menangkap refraksi sureal dari pola cahaya, yang menembus plastik. Menakjubkan memang, foto-foto ini dibuat dengan cara yg "alami", tanpa memanfaatkan lensa kamera khusus, atau retouch di photosop.






Cahaya di Antara Reruntuhan

Tempat-tempat yg tak berpenghuni dan menakutkan menjadi jauh berbeda dengan eksplorasi-eksplorasi cahaya ini. Seniman-seniman yang tidak dikenallah yang membuat "graffity-graffity cahaya" ini dan dengan caranya sendiri merubah tempat-tempat yg kotor dan dijauhi ini menjadi indah dengan cahaya-cahaya.






Di bawah ini beberapa contoh "melukis dengan cahaya" lainnya:






Misteri Jalan yang Bisa Menjadi Melankolis

Luar biasa indah, penampakan-penampakan ini dibuat oleh grup LICHFAKTOR yang dengan kreativitasnya memberikan kilauan indah pada kota.









Kilau Spriritualis

Dean Chamberlain membuat suasana tempat ibadat ini menjadi lebih terekspos dan menjadi lebih mistis.






Suasana kesucian juga direkam di tempat tidur :



Juga di hutan :




Suka Suasana di Laut atau Pantai ?

Susah untuk tidak jatuh cinta dengan hasil karya dari fotografer Toby Keller (aka BurnBlue) ini. Tekniknya luar biasa, sulit dikatakan dimana cahaya-cahaya itu bermula dan dimana berakhirnya. Long exposure dari ombak laut dan birunya laut malam menambah keindahan foto-foto di bawah ini:












(klik gambar-gambar untuk memperbesar)

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More