Selamat datang, terima kasih atas kunjungannya. Salam perdamaian

Cara Menghitung Jumlah Hari Kerja dengan Microsoft Excel

Menghitung Jumlah Hari Kerja pada Excel – Tahukah Anda jika Microsoft Office Excel dapat kita gunakan untuk mengitung jumlah hari kerja tanpa melibatkan hari libur atau cuti. Tentu ini bermnafaat sekali bagi Anda yang ingin memberikan bonus kepada karyawan Anda senilai dengan berapa lama ia bekerja dalam hari aktif. Cara untuk menghitungnya pun tidak sulit. Anda hanya perlu memasukkan data tanggal pertama bekerja, tanggal akhir kerja, dan tanggal libur kerja. Yang lebih menakjubkan lagi, secara otomatis Excel ini akan menghitung hari minggu sebagai hari libur.

Untuk cara menghitungnya Anda hanya perlu memasukkan rumus:

 =NETWORKDAYS(Start_date;End_date;[holidays])

dengan keterangan sebagai berikut :
Start date: merupakan tanggal mulai karyawan anda bekerja.
End date: merupakan tanggal akhir karyawan anda bekerja.
Holidays: merupakan tanggal libur karyawan anda, secara otomatis hari minggu termasuk holidays.

Sebagai contoh simak kasus berikut ini.

Menghitung Bonus Karyawan berdasarkan Jumlah Hari Kerjanya

  1. Buatlah tabel seperti di bawah ini, yang terdiri dari tanggal awal kerja, akhir kerja, dan libur kerja serta jumlah. Kosongkan untuk sell jumlah.

    tabel jumlah hari kerja
    Buatlah tabel pada Excel seperti berikut
  2. Jika sudah selesai membuat datanya, sekarang ketikkan rumus =NETWORKDAYS(B3;C3;D3:D13) pada kolom E seperti pada gambar berikut.

    rumus menghitung jumlah hari kerja
    Ketikkan rumus berikut pada kolom jumlah hari kerja
  3. Lalu tekan enter, maka anda akan mendapatkan hasil sebagai berikut ini.

    Hasil penghitungan jumlah hari kerja dengan rumus pada Ms Excel
    Hasil penghitungan jumlah hari kerja dengan rumus pada Ms Excel

Nah, ternyata setelah dihitung-hitung, jumlah hari kerjanya adalah 98 hari. Nah, sekarang Anda akan memberikan bonus berapa jika kerjanya selama 98 hari.

Kiranya sekian tutorial cara menghitung jumlah hari kerja kali ini, semoga tutorial ini bermanfaat khususnya bagi Anda yang ingin memberikan bonus kepada karyawan Anda.

dari : http://tutorialexcelonline.blogspot.com

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More