Meracik Minuman Bernutrisi Tinggi Untuk Mendongkrak Produktifitas Semut Rangrang ~ Putra Gantiwarno
Selamat datang, terima kasih atas kunjungannya. Salam perdamaian

Meracik Minuman Bernutrisi Tinggi Untuk Mendongkrak Produktifitas Semut Rangrang

Beternak semut rangrang atau semut merah penghasil kroto merupakan jenis peternakan yang relatif baru.
Sebuah peternakan di katakan baru, ketika belum di ketemukan standar baku pemeliharaan untuk bisa mendapatkan hasil produksi yang maksimal dalam peternakan tersebut.


Hasil gambar untuk minuman semut rangrang agar cepat bertelurKarena budidaya kroto relatif masih baru, peternak semut rangrang yang menjalankan usaha peternakan ini banyak melakukan uji coba untuk mendapatkan formula yang tepat untuk di terapkan dalam peternakannya.

Sudah menjadi hal umum, keberhasilan para peternak menemukan metode beternak semut rangrang yang terbukti paling menghasilkan, akan di rahasiakan oleh peternak semut rangrang yang menemukan cara beternak semut rangrang dengan metode terbaik.
Bukan hanya di rahasiakan, tapi metode tersebut juga di komersilkan oleh beberapa peternak dengan mengadakan pelatihan beternak kroto.

Kunci sukses yang paling banyak di rahasiakan dalam peternakan semut rangrang adalah mengenai metode pemberian pakan semut rangrang yang masih menjadi bahan pertanyaan sampai sekarang.

Cara Makan Semut Rangrang
Semut rangrang adalah jenis serangga yang mengkonsumsi makanannya dengan cara menghisap. Ketika kandungan air dalam makanan sudah habis, maka makanan tersebut akan di buang oleh "petugas kebersihan" dalam koloni semut rangrang tersebut.

Di alam bebas sebagai habitat asli, semut rangrang memangsa berbagai macam hewan untuk di jadikan sebagai sumber makanannya. Dari yang tubuhnya kecil sampai hewan yang memiliki tubuh lebih besar dari semut rangrang itu sendiri.

Kita dapat melihat semut rangrang sebagai serangga penghisap dari perilaku semut rangrang dalam memakan makanannya.
Setiap sumber makanan yang di angkut  ke dalam sarang, akan di keluarkan dalam keadaan kering setelah kandungan air dalam tubuh hewan yang menjadi mangsanya di hisap oleh koloni semut rangrang yang berada di dalam sarang.

Semut rangrang hanya mengkonsumsi kandungan nutrisi yang terdapat di dalam hewan yang menjadi makanannya.
Dalam mengkonsumsi makanannya ini, semut rangrang di bantu zat asam dengan kadar tinggi yang keluar dari mulutnya.
Zat asam ini membantu mengurai bagian tubuh mangsanya menjadi lebih mudah untuk di konsumsi.


Meracik Minuman Bernutrisi Tinggi Untuk Semut Rangrang
Dalam beternak semut rangrang, makanan yang kita berikan sebenarnya memiliki kandungan nutrisi yang sudah mencukupi kebutuhan nutrisi semut rangrang. Baik untuk bertahan hidup maupun untuk menunjang produktifitas dalam menghasilkan telur semut rangrang atau kroto.

Untuk memberikan makanan yang mencukupi kebutuhan koloni semut rangrang, tentu membutuhan biaya yang tidak sedikit.
Banyak peternak semut rangrang yang mengeluhkan rendahnya produktifitas dalam menghasilkan kroto, dan menanyakan suplemen atau makanan khusus yang dapat mendongkrak produktifitas semut rangrang.

Kalau makanan sudah tercukupi, baik secara kuantitas maupun kualitas nutrisi yang terkandung di dalam makanan tersebut, semut rangrang dengan sendirinya akan memberikan produktifitas terbaiknya.

Ketika semut rangrang merasa makanan yang kita berikan kurang mencukupi, semut rangrang akan menunjukkan perilaku lebih galak dan liar di banding ketika makanan yang kita berikan sudah lebih mencukupi.
Namun ketika makanan yang kita berikan kurang, semut akan sangat ganas dan liar seperti waktu pertama kali kita menangkapnya di alam liar.

Untuk menambah kualitas nutrisi dalam pakan pada peternakan semut rangrang yang kita pelihara, kita dapat memberikan asupan nutrisi tambahan melalui air gula yang menjadi minumannya.
Kebanyakan peternak hanya menggunakan air gula sebagai minumannya tanpa mencoba menambah kandungan nutrisi dalam air gula tersebut.

Kandungan nutrisi yang terdapat di dalam 100 gram gula pasir adalah sebagai berikut:
  • Energi Gula Pasir = 364 kkal
  • Protein Gula Pasir = 0 gr
  • Lemak Gula Pasir = 0 gr
  • Karbohidrat Gula Pasir = 94 gr
  • Kalsium Gula Pasir = 5 mg
  • Fosfor Gula Pasir = 1 mg
  • Zat Besi Gula Pasir = 0 mg
  • Vitamin A Gula Pasir = 0 IU
  • Vitamin B1 Gula Pasir = 0 mg
  • Vitamin C Gula Pasir = 0 mg
Melihat kandungan nutrisi yang terdapat di dalam gula pasir, kita dapat menyimpulkan, bahwa gula pasir adalah sebagai sumber energi untuk koloni semut rangrang.
Kita dapat menambah kandungan nutrisi yang terdapat dalam air gula yang kita berikan kepada semut rangrang yang kita pelihara, sehingga semut yang kita pelihara mendapatkan asupan nutrisi yang mencukupi untuk mendongkrak performa produksinya.

Untuk mendongkrak performa produksi semut rangrang dalam menghasilkan kroto, wiraternak pernah melakukan ujicoba pada semut rangrang yang wiraternak budidayakan dengan memberikan sedikit NEOBRO kedalam air gula.
Minuman bernutrisi untuk semut rangrang
Kemasan Box Neobro

Minuman bernutrisi untuk semut rangrang
Kandungan Neobro
Neobro sendiri aslinya merupakan vitamin untuk pertumbuhan yang berbentuk serbuk untuk mendongkrak pertumbuhan ayam, akan tetapi kandungan nutrisi yang terdapat didalamnya adalah kandungan nutrisi yang juga di butuhkan oleh semur rangrang.
Kandungan neobro adalah sebagai berikut:
  • Lysine= 10.000mg
  • Metionine =250 mg
  • Sodium salicytate=10.000 mg
  • Vitamin A =5.000.000 IU
  • Vitamin D3 = 500.000 IU
  • Vitamin E =2.500 IU
  • Vitamin K3= 1 g
  • Vitamin B1=2 g
  • Vitamin B2=4 g
  • Vitamin B6=6 g
  • Vitamin B12= 2 mg
  • Vitamin C =10.000 mg
  • Nikotinamid= 15 g
  • Calcium-D-pantotenat =5 g
  • Manganese=2 g
  • Zinc=2 g
  • Magnesium=5 g
  • Copper =400 mg
  • Cobalt =200 mg
Untuk 1 botol besar air mineral 1,5 liter, komposisi minuman yang wiraternak gunakan adalah gula pasir sebanyak  6 sendok makan, neobro sebanyak seperempat sendok makan.
Semakin banyak perbandingan neobro, semut semakin tidak menyukai minuman tersebut.

Racikan minuman tambahan yang wiraternak berikan, terbukti mampu meningkatkan performa produksi semut rangrang dalam peternakan.
Tapi perlu diingat, racikan minuman ini bukan untuk mengurangi jumlah pemberian makanan, melainkan untuk mendongkrak produktifitas semut rangrang yang kita pelihara.

Kandungan protein, asam amino, vitamin dan mineral yang terdapat dalam neobro mampu memberikan pengaruh positif dalam performa produksi semut rangrang untuk menghasilkan kroto.
Untuk menggunakan racikan minuman ini, alangkah baiknya di berikan setahap demi setahap supaya semut rangrang beradaptasi dengan jenis minuman baru ini. 
Jangan langsung di berikan komposisi racikan dalam jumlah besar sekaligus. Perbandingan dapat di berikan dengan menggunakan perbandingan sedikit demi sedikit, dan setiap hari di tambah jumlah perbandingannya.

Walaupun neobro memiliki kandungan yang bagus untuk di konsumsi semut rangrang, dalam penggunaannya tetap jangan berlebihan, karena justru akan membuat semut rangrang menjauhi minuman tersebut.

Memberikan makanan kesukaan semut rangrang tetap harus di berikan sesuai dengan porsi seperti biasanya.
Meminjam istilah, kita kalau belum makan nasi, ya sama saja belum makan.
Sama dengan semut rangrang, ada makanan pokok ada makanan tambahan.
Racikan minuman ini adalah makanan tambahan untuk menutupi kekurangan nutrisi yang terdapat di dalam makanan, pemberian racikan minuman ini sekedar untuk tujuan memberikan ketercukupan gizi pada koloni semut yang kita pelihara.

Apapun jenis ternaknya, selama nutrisi dan kenyamanan tempat pemeliharaan yang menjadi kebutuhan hewan ternak itu tercukupi, maka hewan ternak yang kita pelihara pasti akan memberikan performa terbaiknya.
Termasuk dalam hal ini semut rangrang, makanan cukup, nutrisi cukup, pasti kita akan mendapatkan kroto dalam jumlah yang memuaskan.

Salam sukses Peternakan
Semoga Bermanfaat

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More