Unit yang paling penting
adalah CPU (Central Processing Unit) yang mengendalikan semua unit sistem
komputer yang lain, dan mengubah input menjadi output. CPU mencakup satu unit
penyimpanan yang disebut PRIMARY STORAGE, yang berisi data yang sedang diolah,
yaitu suatu daftar instruksi yang mengolah data.
Istilah Software digunakan untuk menggambarkan satu atau beberapa program aplikasi.
Control Unit, membuat unit bekerja sama untuk membentuk suatu sistem. Aritmatic Logical Unit, tempat berlangsungnya operasi perhitungan dan logika. Nama Processor, digunakan untuk menggambarkan isi Control Unit dan ALU yang mengolah isi “Penyimpanan Primer”.
Karena Penyimpanan Primer terbatas kapasitasnya, diperlukan suatu area penyimpanan tambahan, yang disebut dengan “Penyimpanan Sekunder”, yang menyediakan tempat untuk menyimpan program dan data saat tidak diperlukan.
Program yang disimpan Software Library.
Data yang disimpan Database.
Hasil pengolahan tersebut dicatat oleh Unit Output.
Istilah Software digunakan untuk menggambarkan satu atau beberapa program aplikasi.
Control Unit, membuat unit bekerja sama untuk membentuk suatu sistem. Aritmatic Logical Unit, tempat berlangsungnya operasi perhitungan dan logika. Nama Processor, digunakan untuk menggambarkan isi Control Unit dan ALU yang mengolah isi “Penyimpanan Primer”.
Karena Penyimpanan Primer terbatas kapasitasnya, diperlukan suatu area penyimpanan tambahan, yang disebut dengan “Penyimpanan Sekunder”, yang menyediakan tempat untuk menyimpan program dan data saat tidak diperlukan.
Program yang disimpan Software Library.
Data yang disimpan Database.
Hasil pengolahan tersebut dicatat oleh Unit Output.
BENTUK PENYIMPANAN PRIMER
1. R.A.M
(Random Access Memory), untuk menyimpan software dan data. Memungkinkan operasi
baca maupun tulis, tetapi juga disebut VOLATILE, isinya hilang saat listrik
dimatikan.
2. R.O.M
(Read-Only Memory) , jenis khusus penyimpanan primer yang dapat dibaca tetapi
tidak dapat ditulis. R.O.M menyimpan material seperti instruksi-instruksi yang
memberitahukan komputer, apa yang harus dilakukan saat dinyalakan. Bersifat NON
VOLATILE, isinya tidak terhapus saat listrik dimatikan.
3. Cache
Memory, perpindahan instruksi program dan data antara Penyimpanan Primer dan
Processor (Control Unit dan ALU) dicapai pada kecepatan yang sangat tinggi.
Sejumlah komputer mampu mencapai kecepatan yang sangat tinggi dengan
menyertakan RAM khusus yang sangat cepat dan sangat mahal yang ditempatkan
antara RAM biasa dan Processor. RAM jenis ini dikenal dengan istilah Cache
Memory.
ALAT - ALAT INPUT
2. Alat Penunjuk (Pointing Device) :
·
Mouse ; suatu
alat kecil dan ringan yang pas dengan telapak tangan. Dihubungkan ke komputer
dengan suatu kabel.
·
Track Ball ;
suatu alat penunjuk yang serupa dengan mouse kecuali bolanya berada diatas dan
bukan dibawah. User dapat menggerakkan kursor hanya dengan memutar bola tanpa
memindahkan seluruh alat tersebut.
·
Touch Screen ;
memungkinkan user memasukkan data atau instruksi hanya dengan menyentuh satu
lokasi dilayar dengan menggunakan jari.
·
Light Pen ;
digunakan untuk menunjuk layar seperti pada touch screen. Saat pena digerakkan,
suatu sinyal elektronik dikirimkan melalui kabel ke komputer sehingga sinyal
tersebut dapat diinterpretasikan oleh program.
·
Remote Control ;
user dapat berkomunikasi dengan komputer seperti kita mengatur TV dengan
menggunakan remote control.
3. Alat
Pembaca Optis
Alat input yang membaca data dengan menyinari sinar terang diatas data.Co. : Scanner Barcode.
Alat input yang membaca data dengan menyinari sinar terang diatas data.
4. Alat Pembaca Magnetis. Co.
ATM.
5. Alat Input Pengenal Suara
Memasukkan perintah atau data ke komputer dapat dilakukan hanya dengan berbicara kedalam mikrofon yang dihubungkan pada unit pengenal suara, kemudian menganalisis pola suara dan mengubahnya menjadi bentuk digital untuk diproses.
Memasukkan perintah atau data ke komputer dapat dilakukan hanya dengan berbicara kedalam mikrofon yang dihubungkan pada unit pengenal suara, kemudian menganalisis pola suara dan mengubahnya menjadi bentuk digital untuk diproses.
ALAT – ALAT OUTPUT
Hasil akhir dari pemrosesan komputer berupa
Output.
1. Alat
Output Tampilan ;
Yang paling populer bagi user adalah Monitor. Monitor digunakan oleh komputer semua ukuran.
Yang paling populer bagi user adalah Monitor. Monitor digunakan oleh komputer semua ukuran.
2. Alat Ouput
Cetakan ;
Printer menghasilkan output salinan kertas.
Printer menghasilkan output salinan kertas.
3. Alat Output
Suara ;
Speech Output Unit dapat memilih serangkaian suara digital untuk membentuk output komputer bersuara yang dapat langsung ditransmisikan melalui saluran komunikasi.
Speech Output Unit dapat memilih serangkaian suara digital untuk membentuk output komputer bersuara yang dapat langsung ditransmisikan melalui saluran komunikasi.
4. Plotter ;
Alat output khusus ini dirancang untuk user yang membutuhkan output grafik. Output grafik membutuhkan perangkat keras yang sesuai. 3 jenis alat yang dapat menghasilkan output grafik : Printer, Plotter, Monitor.
Alat output khusus ini dirancang untuk user yang membutuhkan output grafik. Output grafik membutuhkan perangkat keras yang sesuai. 3 jenis alat yang dapat menghasilkan output grafik : Printer, Plotter, Monitor.
Alat
input dan output menyediakan hubungan komunikasi anatara manajer dan komputer
untuk memecahkan masalah guna pengambilan keputusan yang efektif dan efisien.
SOFTWARE
1. System Software ; melaksanakan tugas-tugas dasar tertentu yang dibutuhkan user.
SOFTWARE
1. System Software ; melaksanakan tugas-tugas dasar tertentu yang dibutuhkan user.
a. Sistem Operasi, mengelola proses komputer
yang berfungsi sebagai interface antara user, software dan hardware.
b. Program Utility, memungkinkan
user untuk mengcopy, menghapus, mengurutkan isi file, menggabungkan 2 file atau
lebih dan mengendalikan arus data antara user dan komputer.
c. Language Translator,
Bahasa generasi pertama (Bahasa Mesin) ;
Program ini dalam bahasa pemrograman dan diterjemahkan kedalam bahasa mesin sebelum dijalankan.
Program yang ditulis (Source Program).
Program yang dijalankan (Object Program).
Software yang menterjemahkan Source menjadi Object disebut Translator.
Bahasa generasi kedua (Assembler) ;v
Kelemahannya : berbeda-beda untuk setiap jenis CPU, jadi jika suatu perusahaan ingin mengganti komputer denga yang baru, semua program harus ditulis ulang.
Program ini dalam bahasa pemrograman dan diterjemahkan kedalam bahasa mesin sebelum dijalankan.
Program yang ditulis (Source Program).
Program yang dijalankan (Object Program).
Software yang menterjemahkan Source menjadi Object disebut Translator.
Bahasa generasi kedua (Assembler) ;v
Kelemahannya : berbeda-beda untuk setiap jenis CPU, jadi jika suatu perusahaan ingin mengganti komputer denga yang baru, semua program harus ditulis ulang.
Bahasa
generasi ketiga (Compiler dan Interpreter) ;v
Yang populer : COBOL, FORTRAN dan BASIC.
Compiler menghasilkan program dalam suatu object program lengkap dalam satu proses, lalu dijalankan. Contohnya bahasa pemrograman COBOL. Interpreter sebaliknya, menterjemahkan instruksi bahasa sumber dan melaksanakannya sebelum berpindah ke instruksi selanjutnya.
Program Basic yang sering diterjemahkan Interpreter.
Bahasa generasi keempat (4th GL) ;v
Bersifat user friendly sehingga memberikan kemudahan bagi user.
Yang populer : COBOL, FORTRAN dan BASIC.
Compiler menghasilkan program dalam suatu object program lengkap dalam satu proses, lalu dijalankan. Contohnya bahasa pemrograman COBOL. Interpreter sebaliknya, menterjemahkan instruksi bahasa sumber dan melaksanakannya sebelum berpindah ke instruksi selanjutnya.
Program Basic yang sering diterjemahkan Interpreter.
Bahasa generasi keempat (4th GL) ;v
Bersifat user friendly sehingga memberikan kemudahan bagi user.
2. Software
Aplikasi ; membantu pengelolaan sumber daya fisik dan konseptual. Hal ini
ditempuh dalam 2 cara, yaitu :
a. Membuat
program sendiri (custom programming), Sebagisn besar perusahaan yang
menggunakan komputer besar memiliki staf spesialis informasi sendiri. Tugas
para spesialis ini merancang system berbais computer yang memenuhi kebutuhan
unik perusahaan. Produk mereka adalah koleksi perangkat lunak (software
library) dari program pesanan (custom program).
b. Membeli
paket jadi (prewritten package).Contoh : Groupware, sistem surat elektronik, sistem manajemen proyek,
paket analisis statistic & perkiraan (forecasting), word processor, spread
sheet elektronik, paket2 grafik dan sistem desktop publishing.
Walaupun sistem berbasis komputer tidak kebal terhadap kesalahan, akurasi tingkat tinggi dapat dicapai dengan memasukkan pencegahan, pendeteksian, perbaikan kesalahan.
Walaupun sistem berbasis komputer tidak kebal terhadap kesalahan, akurasi tingkat tinggi dapat dicapai dengan memasukkan pencegahan, pendeteksian, perbaikan kesalahan.
Software
aplikasi merupakan program yang digunakan untuk menyelesaikan suatu aplikasi
tertentu. Beberapa aplikasi disebut general purpose programs. Secara umum,
general purpose programs antara lain :
1. Pengolah
kata, adalah program yang menjadikan computer berfungsi sebagai alat Bantu
dalam membuat, mengedit, mengatur, menyimpan dan mencetak dokumen berupa teks.
Misalnya Wordstar, Word Prefect, MS-Word, AMI PRO dan Chi Writer.
2. Pengolah
angka, adalah program yang menjadikan computer berfungsi sebagai alat Bantu
dalam membuat, mengedit, mengatur, menyimpan dan mencetak dokumen berupa table
dan grafik yang merupakan implementasi dari data yang ada. Misalnya Lotus , MS -Excel,
Quattro Pro dsb.
3. Pengolah data, adalah program yang menjadikan
computer berfungsi sebagai alat Bantu dalam membuat, mengedit, mengatur,
menyimpan dan mencetak dokumen berupa informasi hasil pengolahan data. Misalnya
Dbase, FoxBase dan FoxPro.
4. Desktop Publishing, program yang menjadikan
komputer berfungsi sebagai alat Bantu dalam membuat, mengedit, mengatur,
menyimpan dan mencetak dokumen yang terdiri dari gambar, border, grafik dsb.
5. Software telekomunikasi, adalah program yang
membantu membangun hubungan dalam system jaringan komputer. Dalam suatu
jaringan komunikasi data antara dua jenis atau lebih prosesor diperlukan suatu
jenis perangkat lunak yang disebut protokol. Contoh perangkat lunak protokol
adalah TCP/IP, Ethernet, PCNet, PC BBS dll.
6. Software grafis, adalah program yang
menjadikan computer berfungsi sebagai alat Bantu dalam membuat, mengedit,
mengatur, menyimpan dan mencetak dokumen berupa presentasi dsbnya. Misalnya
Power Point, Corel Draw dan Photoshop.
7. Software multimedia, adalah program yang
menjadikan computer berfungsi sebagai alat Bantu dalam membuat, mengedit,
mengatur, menyimpan dan mencetak dokumen berupa gabungan dari data, suara,
gambar, video dan animasi.