Ringkasan
Modul 1
PEMANFAATAN
MEDIA DAN PERPUSTAKAAN
Pribadi, Benny A. dan Katrin,
Yuni (2008) Buku Materi Pokok Media Teknologi.
Jakarta: Universitas Terbuka.
1. Pemanfaatan Media dan Perpustakaan
A. Definisi dan Klasifikasi Media
Media merupakan kata jamak dari kata ”medium” yang
berasal dari bahasa Latin medium yang berarti antara.
Umumnya, definisi media selalu didasarkan pada proses komunikasi. Media
merupakan perantara bagi pengirim (sender) dan penerima
(receiver) dalam melakukan pertukaran informasi. Medium
berarti sesuatu yang dapat membantu menyampaikan pesan dan informasi dari
sumber (komunikator) kepada penerima pesan (komunikan).
Definisi Medium:
1. Robert Jeinich, dkk. (1986): sesuatu yang membawa
informasi antara sumber (source) dan penerima (receiver) informasi.
2. Kemp dan Dayton (1986): sebagai alat pengirim
(tranfer) yang mentransmisikan pesan dari penerima (sender) kepada penerima
pesan atau informasi (receiver).
3. Oemar Hamalik (1989): sebagai teknik yang
digunakan dalam rangka lebih mengefektifkan komunikasi dan interaksi antara
guru dan siswa dalam proses pendidikan dan pengajaran di sekolah.
Teknologi
dipandang sebagai produk dan proses.
Teknologi sebagai produk: perangkat keras dan perangkat lunak yang merupakan
hasil dari proses. Teknologi sebagai proses: berarti adanya aplikasi yang sistematis
dari pengetahuan ilmiah untuk melaksanakan tugas yang bersifat praktis.
Media Teknologi adalah perangkat lunak dan perangkat keras yang merupakan produk teknologi
dan dapat digunakan sebagai perantara dalam proses pengiriman informasi dan
pengetahuan dari pengirim (sender) kepada penerima (receiver).
B. Karakteristik dan Klasifikasi
Media
Media
mempunyai beberapa karakteristik yang dapat dijadikan sebagai dasar untuk
membuat klasifikasi. Karakteristik tersebut, menurut Jerold Kemp (1986), yaitu:
1. kemampuan dalam mempresentasikan gambar (presentation)
2. faktor ukuran (size): besar atau kecil
3. faktor warna (color): berwarna atau hitam putih
4. faktor gerak: diam atau bergerak
5. faktor bahasa: tertulis atau lisan
6. faktor keterkaitan antara unsur gambar dan suara: gambar
saja, suara saja atau gabungan antara gambar dan suara
Semua karakteristik ini dapat membedakan jenis media yang satu dengan jenis
media yang lain. Pemilihan jenis media yang akan digunakan untuk keperluan
komunikasi informasi sebaiknya mempertimbangkan karakteristik dan klasifikasi
media.
Klasifikasi media:
1. Robert Heinich, dkk. (1986):
§ Gambar yang tidak diproyeksikan
(non-projected visuals)
§ Gambar yang diproyeksikan
(projected visuals)
§ Media suara (audio media)
§ Sistem multi media (multi media
system)
§ Film
§ Televisi
§ Komputer
2. Jerold
Kemp dan Diane K. Dayton
(1985):
§ Media cetak
§ Media yang dipamerkan (displayed
media)
§ Overhead transparancy
§ Rekaman suara
§ Slide-suara dan film strip
§ Presentasi multi gambar
§ Video dan film
§ Pembelajaran
berbasis komputer (computer based instruction)
C. Keuntungan Dalam Memanfaatkan Media
Kontribusi
media dalam proses komunikasi informasi adalah sebagai berikut:
a. informasi yang dikomunikasikan
menjadi lebih standar
b. penyajian informasi dapat
menjadi lebih menarik
c. kualitas penerimaan informasi
menjadi lebih efektif
d. memungkinkan
terjadinya proses belajar secara individual
D. Peran Komputer Dalam Perpustakaan
Pada
umumnya komputer di perpustakaan untuk berbagai keperluan:
1. pengetikan
(word processor)
2. desain
dan pembuatan grafis (graphic design)
3. penyimpanan
data (data storage)
4. pengolahan
data (data analysis)
5. telekomunikasi
(communication)
2. TUJUAN PEMANFAATAN MEDIA
Pemanfaatan media di perpustakaan
harus diarahkan untuk mencapai misi pelayanan yang meliputi pelayanan program
pendidikan, informasi, kebudayaan, hobi, dan rekreasi.
Empat jenis layanan perpustakaan
oleh Beenham dan Morrison (1991):
1. menyediakan fasilitas untuk pengembangan individu dan
kelompok dari berbagai level pendidikan
2. memberikan pelayanan dan jasa untuk mendapatkan anekaragam
informasi dan ilmu pengetahuan
3. sebagai pusat pengembangan kebudayaan dan seni
4. sebagai pusat pengembangan hobi, rekreasi untuk
mengembangkan minat dan kesenagan
Pemanfaatan media memiliki
beberapa tujuan yaitu:
1. untuk memotivasi perilaku tertentu (to motivate): mempengaruhi
sikap, nilai dan emosi. Contoh: film, video.
2. menyampaikan
informasi (to inform): mempresentasikan dan menyajikan informasi untuk individu
maupun kelompok namun tidak menuntut penerimanya memberikan respon. Contoh:
transparansi, slide.
3. pembelajaran
(to instruct): sebagai alat bantu aktivitas pembelajaran, membantu pemakai
untuk memahami informasi dan ilmu pengetahuan, bisa untuk mengatasi
keterbatasan waktu dan ruang, bisa diulang-ulang, bisa untuk mengatasi
pencarian informasi yang sulit, bisa sebagai medium untuk menggabungkan
pengalaman baru dan pengalaman yang telah diperoleh. Contoh: media slide, film,
video, kaset
Pertimbangan memilih media:
1. Isi (content)
2. Tujuan (purpose)
3. Kesesuaian
(appropriateness)
4. Beaya (cost)
5. Kualitas teknis (technical
quality)
6. Faktor pemakaian
(circumtances of use)
7. Ujicoba (verifikasi)
8. Validasi (validation)
Thank’s to
: http://widodo.staff.uns.ac.id/