Manfaat Cabe Jawa (Piper Retrofractum) Bagi Kesehatan dan Pengobatan ~ Putra Gantiwarno
Selamat datang, terima kasih atas kunjungannya. Salam perdamaian

Manfaat Cabe Jawa (Piper Retrofractum) Bagi Kesehatan dan Pengobatan

 Tanaman cabe jawa ini merupakan sejenis rempah rempah yang masih berkaitan dengan famili lada. Cabe jawa bernama latin piper retrofractum. Tanaman ini kadang juga di manfaatkan sebagai tanaman hias. Sesuai dengan namanya tanaman ini banyak di budidayakan di daerah Jawa. Selain sebagai tanaman hias cabe jawa juga dimanfaatkan sebagai salah satu bumbu dapur untuk memasak makanan yang nikmat dan lezat.
Cabe jawa mengandung senyawa seperti piperine, minyak atsiri, sesamin, benzene dan palmitic ascid yang bermanfaat di bidang kesehatan untuk mengobati berbagai macam penyakit seperti berikut ini :

1. Demam
Manfaat cabe jawa yang pertama di bidang kesehatan berhubungan dengan menurunkan panas demam. Demam umumnya menyerang saat cuaca yang tidak pasti seperti hujan yang sering dan panas yang juga tidak berhenti henti. Sistem kekebalan tubuh yang menurun dapat membuat virus menyerang dengan mudahnya karena itu saat musin seperti itu di anjurkan anda untuk menjaga kesehatan tubuh.

2. Beri – beri
Beri beri disebabkan karena tubuh kekurangan vitamin B. Akibat dari kekurangan vitamin b tersebut bagi tumbuh adalah timbulnya pembengkakan dan pembesaran pada betis. Beri beri dapat di obati dengan menggunakan seduhan dari biji cabe jawa dengan diminum sebanyak dua kali sehari.

3. Anemia
Penyakit ini disebakan karena kekurangan zat besi sehingga menurunkan jumlah hemoglobin yang berfungsi untuk mengikat oksigen di dalam sel darah merah. Gejala yang umum terjadi jika tubuh terserang anemia adalah rasa pusing dan mual. Cabe jawa memiliki senyawa yang dapat mengatasi penyakit anemia ini. Jadi anda dapat mengonsumsi cabe jawa untuk mencegah dan mengatasi penyakit anemia.

4. Sakit gigi
Fungsi dari cabe jawa berikutnya adalah sebagao obat sakit gigi. Penyebab sakit gigi bisa karena gigi yang berlubang sehingga lama kelamaan menimbulkan rasa sakit dan membengkak karena peradangan. Gigi berfungsi untuk mengunyah makanan yang masuk ke dalam tubuh. Penting bagi anda untuk menjaga kesehatan gigi dari kuman yang dapat menyebabkan gigi berlubang.

5. Sakit kepala
Jika anda sakit kepala maka anda dapat menggunakan rebusan dari cabe jawa untuk di minum agar meredakan sakit kepala anda. Cabe jawa dapat mengobati sakit kepala keseluruhan dan juga sakit kepala sebelah. Sampai saat ini sakit kepala disebabkan lebih berkaitan dengan keadaan dari fisik seseorang seperti tekanan pekerjaan, stres dan kurang tidur.

6. Kolera
Penyakit kolera ini memicu dehidrasi dan diare yang parah dan harus ditangani dengan cepat karena jika terlambat maka dapat menyebabkan seseorang nyawanya tidak dapat di tolong. Penyakit ini menulat melalui bakteri yang telah terkontaminasi dengan air. Untuk itu penting untuk menjaga kebersihan minuman dan juga makanan yang akan di konsumsi. Pemberian rebusan dari daun cabe jawa dapat menjadi pertolongan pertama terhadap penyakit kolera ini.

7. Flu
Manfaat dari cabe jawa berikutnya adalah untuk mengobati flu. Flu terjadi beriringan dengan panas badan yang tinggi kadang disertai dengan sakit kepala. Flu umumnya menyerang selama dua sampai dengan tujuh hari. Minum rebusan cabe jawa untuk mencegah dan mengobati sakit flu.

8. Sakit pinggang
Sakit pinggang biasanya di derita oleh orang tua dengan umur 30 sampai 50 tahun. Sakit pinggang dapat di obati dengan rebusan cabe jawa.

9. Mual
Untuk mengobati rasa mual pada perut yang kosong anda juga dapat mencoba rebusan dari cabe jawa ini untuk mengobati rasa mual karena senyawa yang terkandung di dalam cabe jawa tersebut.

10. Diare
Penanganan penyakit diare harus di lakukan secara cepat dan tepat karena kehilangan cairan tubuh dalam jumlah yang banyak dapat menganggu kesehatan tubuh. Pemberian larutan oralit dapat membantu menghentikan diare. Selain dari larutan oralit pemberian rebusan untuk cabe jawa juga turut membatu mengobatinya.

11. Sistem pernafasan
Gangguan pada sistem pernafasan seperti asma, tuberkolosis dapat diatasi dengan meminum rebusan cabe jawa. Sistem pernafasan berfungsi sebagai jalur untuk menghirup oksigen dan mengeluarkan karbon dioksida. Karena manfaatnya ini sistem pernafasan penting untuk di jaga agar sehat selalu.

12. Rematik
Rematik disebabkan akibat persendian yang mengalami peradangan hingga terjadi pembengkakkan. Rematik menyebabkan sakit yang luar biasa ini umumnya di alami oleh orang dengan usia diatas tiga pulu tahun. Untuk pengobatan dengan bahan alami anda dapat mencoba menggunakan rebusan dari cabe jawa.

13. Peredaran darah
Peredarah darah yang sehat diperlukan untuk mengatur jalannya sel darah merah untuk melancarkan fungsi organ organ lainnya. Peredarah darah yang lancar menyehatkan tubuh dalam melaksanakan kehidupan sehari – hari. Manfaat rebusan dari cabe jawa ini dapat membantu melancarkan peredaran darah.

14. Stroke
Gejalan stroke ditandai dengan tekanan darah tinggi. Jika anda mempunyai riwayat tekanan darah tinggi maka hampir sembilan puluh persen anda dapat terserang penyakit stroke. Stroke adalah penyakit yang paling berbahaya karena berkaitan erat dengan jantung. Pembuluh darah yang pecah di otak kadang dapat menyebabkan stroke. Dari gejalanya stroke dialami dengan kelumpuhan total dan juga kelumpuhan yang hanya mengenai sebagian dari badan.

15. Lemah syahwat
Lemah syahwat banyak terjadi pada para pria yang telah menjalani pernikahan dalam kurun waktu yang lama. Tanda tanda dari lemah syahwat ini adalah impotensi yang diderita. Penyakit impotensi bisa disebabkan karena meroko. Aktifitas merokok sebenarnya merupakan aktifitas yang tidak boleh dilakukan dan harusnya dihindari karena tidak sehat dan dapat menimbulkan berbagai macam penyakit. Lemah syahwat bisa diobati dengan ramuan herbal rebusan dari cabe jawa. Anda cukup meminumnya sebanyak dua kali sehari secara teratur dan konsisten.

Jadi itulah manfaat yang di dapat di ambil dari rebusan cabe jawa untuk kesehatan. Rebusan dari cabe jawa ini hanya boleh di minum sebanyak dua kali sehari sebagai pengobatan terhadap penyakit. Karena terbuat dari bahan yang alami bisa di pastikan cabe jawa tidak memiliki efek samping yang terlalu parah. Anda cukup meminumnya sesuai dengan batas yang ditentukan dan jangan melebihi agar kesehatan anda tidak terlalu terganggu.
Dan khusus untuk pencegahan anda dapat meminumnya sebanyak satu kali dalam seminggu agar pencegahan dapat di lakukan dengan baik oleh tubuh anda. Selalu ingat untuk tetap tidak minumsecara berlebihan agar kondisi anda tetap sehat terlebih anda meminumnya hanya sebagai pencegahan untuk sakit flu saat udara di luar terasa sangat dingin.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More