MODUL I ~ Putra Gantiwarno
Selamat datang, terima kasih atas kunjungannya. Salam perdamaian

MODUL I


KEGIATAN BELAJAR I
ERA TEKNOLOGI INFORMASI
A.   PERKEMBANGAN PERADABAN MANUSIA
Alvin Tovler mengemukakan 3 gelombang penting dalam perkembangan peradaban manusia yakni :
1. Gelombang pertama → Teknologi Pertanian
2. Gelombang kedua → Teknologi Industri
3. Gelombang ketiga → Teknologi Elektrik
B.   PERKEMBANGAN TEKNOLOGI INFORMASI
Komputer berguna bagi manusia dalam hal :
• Pengolahan kata
• Pemrosesan data
• Desain dan pengembangan
• Komunikasi
• Hiburan
C.    REVOLUSI DIGITAL DAN PERANGKAT KOMPUTER PORTABLE
Komputer yang dulu digunakan menetap ditempat kini berubah menjadi komputer yang bisa dibawa kemana-mana, missal : Laptop, Ultra Portable Computer dan Personal Digital Assistance ( PDA ).
D.   PEMBELAJARAN DIMASA DEPAN
Karakteristik pembelajaran dimasa depan yakni :
1. Melibatkan individu siswa secara total
2. Menekankan pada kerja sama ( Collaborative )
3. Menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi
4. Memanfaatkan motivasi intrinsik
5. Memiliki unsur kesenangan dalam belajar
6. Mengintegrasikan kegiatan belajar dengan seluruh aspek kehidupan siswa
KEGIATAN BELAJAR 2
MENGENALKAN TEKNOLOGI KOMPUTER
PADA ANAK USIA DINI
A.    FAKTOR YANG PERLU DIPERHATIKAN DALAM MENGENALKAN TEKNOLOGI KOMPUTER
Dalam pembelajaran anak usia dini, kita perlu tahu kegiatan komputer apa saja yang sesuai untuk anak usia dini.
B.    POTENSI DAN KETERBATASAN KOMPUTER
Kelebihan Komputer Sebagai Sarana KBM :
1. Anak dapat mengontrol Kegiatan Belajarnya
2. Anak dapat mengetahui hasil belajarnya secara periodic
3. Dapat menyimpan beragam informasi
4. Dapat memperlihatkan objek yang realistis
5. Melatih daya piker secara logis dan sistematis
Keterbatasan Program Komputer
1. Hanya bisa untuk pembelajaran kognitif dan intelektual, dan tidak bisa untuk pembelajaran sikap dan keterampilan motorik
2. Penggunaannya bersifat individual
C.   KARAKTERISTIK ANAK USIA DINI
4 tahap perkembangan Kognitif yang dikemukakan oleh piaget
1. Sensorimotor ( 0 – 2 Tahun )
2. Praoperasional ( 2 – 7 Tahun )
3. Operasioanl ( 7 – 11 Tahun )
4. Formal Operasional ( 11 – Dewasa )
D.   TUJUAN PEMBELAJARAN
Perubahan yang terjadi karena berlangsungnya KBM meliputi beberapa kawasan / domain yaitu :
1. Kognitif ( informasi dan pengetahuan )
2. Afektif ( sikap dan nilai )
3. Psikomotor ( gerakan dan keterampilan fisik )
4. Interpersonal ( interaksi social dan kerjasama )
E.    MENDORONG ANAK MENGENAL KOMPUTER
3 bagian pokok komponen komputer
a. Input
b. Process
c. Output

Ringkasan modul yang lain, klik pada nomor :
MODUL  1  2  3  4  5  6  7  8  9  10  11 12

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More