KEGIATAN BELAJAR I
ERA TEKNOLOGI INFORMASI
ERA TEKNOLOGI INFORMASI
A. PERKEMBANGAN
PERADABAN MANUSIA
Alvin Tovler
mengemukakan 3 gelombang penting dalam perkembangan peradaban manusia yakni :
1. Gelombang pertama → Teknologi Pertanian
2. Gelombang kedua → Teknologi Industri
3. Gelombang ketiga → Teknologi Elektrik
1. Gelombang pertama → Teknologi Pertanian
2. Gelombang kedua → Teknologi Industri
3. Gelombang ketiga → Teknologi Elektrik
B. PERKEMBANGAN
TEKNOLOGI INFORMASI
Komputer berguna
bagi manusia dalam hal :
• Pengolahan kata
• Pemrosesan data
• Desain dan pengembangan
• Komunikasi
• Hiburan
• Pengolahan kata
• Pemrosesan data
• Desain dan pengembangan
• Komunikasi
• Hiburan
C. REVOLUSI
DIGITAL DAN PERANGKAT KOMPUTER PORTABLE
Komputer yang dulu
digunakan menetap ditempat kini berubah menjadi komputer yang bisa dibawa
kemana-mana, missal : Laptop, Ultra Portable Computer dan Personal Digital
Assistance ( PDA ).
D. PEMBELAJARAN
DIMASA DEPAN
Karakteristik
pembelajaran dimasa depan yakni :
1. Melibatkan individu siswa secara total
2. Menekankan pada kerja sama ( Collaborative )
3. Menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi
4. Memanfaatkan motivasi intrinsik
5. Memiliki unsur kesenangan dalam belajar
6. Mengintegrasikan kegiatan belajar dengan seluruh aspek kehidupan siswa
1. Melibatkan individu siswa secara total
2. Menekankan pada kerja sama ( Collaborative )
3. Menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi
4. Memanfaatkan motivasi intrinsik
5. Memiliki unsur kesenangan dalam belajar
6. Mengintegrasikan kegiatan belajar dengan seluruh aspek kehidupan siswa
KEGIATAN
BELAJAR 2
MENGENALKAN TEKNOLOGI KOMPUTER
PADA ANAK USIA DINI
MENGENALKAN TEKNOLOGI KOMPUTER
PADA ANAK USIA DINI
A. FAKTOR YANG PERLU DIPERHATIKAN DALAM
MENGENALKAN TEKNOLOGI KOMPUTER
Dalam pembelajaran
anak usia dini, kita perlu tahu kegiatan komputer apa saja yang sesuai untuk
anak usia dini.
B. POTENSI
DAN KETERBATASAN KOMPUTER
Kelebihan Komputer
Sebagai Sarana KBM :
1. Anak dapat mengontrol Kegiatan Belajarnya
2. Anak dapat mengetahui hasil belajarnya secara periodic
3. Dapat menyimpan beragam informasi
4. Dapat memperlihatkan objek yang realistis
5. Melatih daya piker secara logis dan sistematis
1. Anak dapat mengontrol Kegiatan Belajarnya
2. Anak dapat mengetahui hasil belajarnya secara periodic
3. Dapat menyimpan beragam informasi
4. Dapat memperlihatkan objek yang realistis
5. Melatih daya piker secara logis dan sistematis
Keterbatasan
Program Komputer
1.
Hanya bisa untuk pembelajaran kognitif dan intelektual, dan tidak bisa untuk
pembelajaran sikap dan keterampilan motorik
2.
Penggunaannya bersifat individual
C. KARAKTERISTIK
ANAK USIA DINI
4 tahap perkembangan
Kognitif yang dikemukakan oleh piaget
1. Sensorimotor ( 0 – 2 Tahun )
2. Praoperasional ( 2 – 7 Tahun )
3. Operasioanl ( 7 – 11 Tahun )
4. Formal Operasional ( 11 – Dewasa )
1. Sensorimotor ( 0 – 2 Tahun )
2. Praoperasional ( 2 – 7 Tahun )
3. Operasioanl ( 7 – 11 Tahun )
4. Formal Operasional ( 11 – Dewasa )
D. TUJUAN
PEMBELAJARAN
Perubahan yang
terjadi karena berlangsungnya KBM meliputi beberapa kawasan / domain yaitu :
1. Kognitif ( informasi dan pengetahuan )
2. Afektif ( sikap dan nilai )
3. Psikomotor ( gerakan dan keterampilan fisik )
4. Interpersonal ( interaksi social dan kerjasama )
1. Kognitif ( informasi dan pengetahuan )
2. Afektif ( sikap dan nilai )
3. Psikomotor ( gerakan dan keterampilan fisik )
4. Interpersonal ( interaksi social dan kerjasama )
E. MENDORONG
ANAK MENGENAL KOMPUTER
3 bagian pokok
komponen komputer
a. Input
b. Process
c. Output
a. Input
b. Process
c. Output
Ringkasan modul yang lain, klik pada nomor :