KEGIATAN BELAJAR I
SISTEM KOMPUTER
A. ARTI
SISTEM
Sistem adalah suatu
kesatuan ( entitas ) yang memiliki bagian / komponen yang saling berhubungan
untuk mencapai suatu tujuan.
B. JENIS KOMPUTER
Berdasarkan
bagaimana dan dimana komputer digunakan ada 2 jenis computer
1. Komputer Desktop
Computer tetap pada suatu tempat tertentu
2. Komputer portable / mobile computer
Computer yang penggunaannya dapat dipindah ( Laptop, PDA )
1. Komputer Desktop
Computer tetap pada suatu tempat tertentu
2. Komputer portable / mobile computer
Computer yang penggunaannya dapat dipindah ( Laptop, PDA )
C. SISTEM KOMPUTER
1. Perangkat Input
• Keyboard, mouse, joystick, microphone
• Digunakan untuk memasukkan data yang akan diproses
2. Perangkat Pemroses ( CPU )
Penyimpanan dilakukan oleh 2 jenis memori :
a. Read Only Memory ( ROM )
b. Random Access Memory ( RAM )
3. Perangkat Output
• Keyboard, mouse, joystick, microphone
• Digunakan untuk memasukkan data yang akan diproses
2. Perangkat Pemroses ( CPU )
Penyimpanan dilakukan oleh 2 jenis memori :
a. Read Only Memory ( ROM )
b. Random Access Memory ( RAM )
3. Perangkat Output
- Merupakan subsistem yang berfungsi menampilkan informasi yang berasal dari data yang telah diproses oleh CPU
- Perangkat output ini adalah monitor dan printer
KEGIATAN BELAJAR 2
KOMPUTER DAN KEMAMPUAN MULTI MEDIA
A. ARTI
MULTIMEDIA
Tayangan informasi
dalam bentuk gabungan beberapa unsur secara similtan. Unsur-unsur tersebut
adalah teks/huruf, suara/audio, dan gambar bergerak ( video )
B. UNSUR-UNSUR DALAM MULTIMEDIA
1. Teks
2. Suara
3. Gambar
Sketsa, diagram/sketsa, gambar tangan/handdrawing, lukisan, foto
4. Video
2. Suara
3. Gambar
Sketsa, diagram/sketsa, gambar tangan/handdrawing, lukisan, foto
4. Video
C. PRINSIP-PRINSIP
PEMBELAJARAN
1. Belajar
melibatkan seluruh tubuh dan pikiran
2. Belajar adalah proses penerapan
3. Kerjasama antar anak dapat meningkatkan kwalitas hasil belajar
4. Belajar adalah proses yang terjadi secara simultan
5. Proses belajar terjadi jika ada sebuah aktivitas
6. Emosi positif membantu peningkatan hasil belajar
7. Penerimaan otak manusia berupa informasi gambar itu sangat cepat
2. Belajar adalah proses penerapan
3. Kerjasama antar anak dapat meningkatkan kwalitas hasil belajar
4. Belajar adalah proses yang terjadi secara simultan
5. Proses belajar terjadi jika ada sebuah aktivitas
6. Emosi positif membantu peningkatan hasil belajar
7. Penerimaan otak manusia berupa informasi gambar itu sangat cepat
Ringkasan modul yang lain, klik pada nomor :