Selamat datang, terima kasih atas kunjungannya. Salam perdamaian

PENYIMPANAN DAN PEMELIHARAAN MEDIA DAN ALAT-ALAT PENUNJANG


Modul 9
PENYIMPANAN DAN PEMELIHARAAN MEDIA DAN ALAT-ALAT PENUNJANG
Pribadi, Benny A. dan Katrin, Yuni (2008) Buku Materi Pokok Media Teknologi. Jakarta: Universitas Terbuka. Modul 9..

I. Menyimpan Media di Dalam Perpustakaan
Dalam mengelola perpustakaan yang baik, di samping koleksi media informasi secara lengkap, tentunya hal yang sangat penting di sini adalah bagaimana sistem penyimpanan dan pemeliharaan media informasi tersebut. Semakin baik sistem penyimpanan dan pemeliharaannya, maka akan memperkecil tingkat kerusakan yang mungkin timbul, serta membuat media informasi yang ada selalu siap pakai dan lebih tahan lama.
Ada beberapa faktor penyebab keruskan media, yaitu: panas/sinar matahari, panas api, debu-debu dan kelembaban udara atau cara penyimpanannya.
Bahan Kertas disimpan pada tempat yang jauh dari panas/sinar matahari. Permukaan dan pingiran kertas yang sering dipegang (bisa cepat kusam dan robek) perlu diberi pelindung, dijilid atau pelindung lubang. Hindari penyimpanan bahan dari kertas dengan cara menggulung (bisa menimbulkan keretakan), simpan bahan dari kertas dengan cara menggantung dengan menambah beban di baahnya.
Bahan Film bila kena sinar matahari akan menimbulkan keretakan, meleleh, noda dan warna akan pudar. Film sebaiknya disimpan dalam bungkus yang disediakan produsen.
Bahan Magnetik (pita tape, disk, plastik) Tape harus dipasang pada reelnya dan digulung kencang dan disimpan secara vertikal. Hindarkan tape dari debu, udara lembab. Disk harus dijauhkan dari minyak, debu dan kotoran. Disk hanya dipegang bagian pinggir saja, gunakan pembersih untuk membersihkan, disimpan secara vertikal, hindari goresan dan udara lembab.
Bahan Plastik disimpan rata agar tidak melenggung dan tertekuk. Hindari panas, simpan dalam kantong pelindung.
Ada dua sistem penyimpanan media informasi, yaitu: sistem akses terbuka dan tertutup. Kedua sistem tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Untuk itu penggunaan sistem ini sangat tergantung dari kondisi perpustakaan yang ada. Sistem ini juga dapat digunakan secara terpadu. Tentunya penyesuaian-penyesuainan perlu dilakukan dalam rangka mencapai tingkat efektivitas dan efisiensi yang diinginkan, sesuai dengan situasi dan kondisi serta lingkungan perpustakaan.

II. Pemeliharaan Media dan Alat-alat Penunjang
Dalam menyimpan dan memelihara media informasi akan timbul berbagai masalah yang disebabkan oleh keanekaragaman media informasi yang ada. Oleh karena itu perhatian khusus harus diberikan pada faktor kerusakan, kehilangan, keamanan, dan lain-lain. Selanjutnya, yang juga harus mendapat perhatian karena bisa menjadi penyebab utama kerusakan media informasi adalah pemeliharaan alat-alat penunjang, seperti monitor TV, sekering, microphone dan juga lingkungan perpustakaan itu sendiri. 

thank,s to : http://widodo.staff.uns.ac.id/

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More