Manfaat dan Khasiat Buah Jamblang (Duwet)/ Syzygium Cumini ~ Putra Gantiwarno
Selamat datang, terima kasih atas kunjungannya. Salam perdamaian

Manfaat dan Khasiat Buah Jamblang (Duwet)/ Syzygium Cumini

Buah jamblang atau yang sering disebut dengan buah duwet merupakan tanaman dari suku jambu-jambuan (Myrtaceae).
Tanaman ini memiliki nama latin Syzygium Cumini, sekaligus saat ini menjadi salah satu tanaman langka yang jarang dibudidayakan.
Di beberapa daerah di Indonesia, tanaman ini dikenal dengan aneka nama, juwet atau duwet (Jawa), jambu kalang (Minang), jambe kleng (Aceh),
Jamblang (Betawi dan Sunda), dhuwak (Madura), raporapo jawa (Makasar), klayu (Sasak), alicopeng (Bugis), jambulan (Flores), jambula (Ternate) dan sebagainya.
Sementara untuk di luar negeri, buah jamblang ini juga memiliki banyak nama, diantaranya jambelang, duwet (Malaysia), Java plum (Inggris) dan duhat (Filipina).

Ciri-ciri Pohon dan Buah Jamblang (Duwet)

  • Pohon jamblang secara fisik memiliki bentuk kayu yang kokoh, daunnya berbentuk elips dan sedikit kasar, memiliki bunga berwaran putih serta berwarna putih kehijauan pada saat muda, akan berubah menjadi keunguan setelah tua.


Pohon Jamblang via Flickr
Pohon Jamblang via Flickr

  • Buah jamblang berbentuk lonjong menyerupai anggur. Ukurannya sekitar 1,5-3,5 cm dan daging buahnya berwarna putih. Sementara bijinya juga berwarna putih yang bentuknya menyerupai bentuk kapsul.
  • Buah jamblang ada yang berasa manis dan ada juga yang berasa asam dan sedikit pahit.

Buah Jamblang via Flickr
Buah Jamblang via Flickr

  • Pohon jamblang memiliki bungan majemuk dengan bentuk malai dan cabang yang berjatuhan, bunga duduk dan tumbuh di bagian ketiak daun, ujung percabangan.
  • Jamblang dapat tumbuh di daerah dataran rendah hingga ketinggian 500 m dpl. Batangnya dapat tumbuh setinggi 10 hingga 20 meter.

Bunga Putik Jamblang
Bunga Jamblang via Flickr

  • Batangnya tebal dan sedikit membengkok serta memiliki banyak cabang. Akarnya berbentuk akar tunggang sehingga pohonnya tumbuh kokoh.
  • Daun tanaman ini berwarna hijau dengan ukuran panjang 7-16 cm dan lebar 9 cm dan pertulangan menyirip.
  • Ukurannya yang tinggi menjulang menyebabkan tanaman ini seringkali diidentikkan dengan tanaman hantu.

Bunga Buah Jamblang
Bunga Buah Jamblang via Fickr

  • Daunnya yang rimbun sering menimbulkan suasana seram. Karena alasan inilah orang sering mengidentikkan pohon jamblang sebagai pohon hantu.
  • Pohon jamblang banyak tumbuh di daerah India, dan memang dikenal sebagai buah yang berasal dari daerah India Timur.
  • Selain itu juga ditemukan di beberapa negara seperti Sri Lanka, Nepal, Pakistan, Burma, Bangladesh dan Indonesia.
  • Buah Jamblang menjadi salah satu buah yang tumbuh baik di daerah tropis.
  • Di Indonesia sendiri, tanaman ini juga terbilang cukup langka. Di Pulau Jawa, pohon ini bisa ditemukan di daerah Pantura Jawa Tengah bagian timur.
  • Tanaman buah jamblang biasa tumbuh di pekarangan, maupun tumbuh secara liar. Terutama di kawasan hutan jati, tumbuhan jamblang akan lebih banyak tumbuh.

Namun pemanfaatannya pun sudah jarang dilakukan. Buah jamblang meskipun kini telah langka, namun ternyata memiliki banyak kandungan senyawa kimia yang berguna untuk aneka terapi kesehatan.

Kandunngan Nutrisi Buah Jamblang

Meskipun rasanya terkadang pahit, namun faktanya buah jamblang memiliki banyak kandungan nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan.


Buah Jamblang (Java Plum)
Buah Jamblang (Java Plum) via the3foragers.blogspot.com

Berbagai terapi penyembuhan penyakit dapat dilakukan menggunakan buah ini. Berikut ini beberapa kandungan senyawa kimia buah jamblang:
  1. Senyawa jambosin, alkaloid dan juga glikosida jambolin atau antimelin merupakan senyawa-senyawa yang mampu menghambat konversi diastatik pati menjadi gula.
    Inilah sebabnya mengapa buah jamblang menjadi salah satu herbal alami bagi penderita penyakit diabetes.
  2. Senyawa flavonoid dan antioksidan ditemukan cukup tinggi dalam buah jamblang. Senyawa ini berguna untuk menangkal radikal bebas penyebab kanker. Oleh karena itulah banyak orang menggunakan jamblang sebagai herbal alami anti kanker. Selain itu juga mampu melindungi enzim anti oksidan. Kandungan senyawa fenolat yang cukup tinggi dengan aktivitas dari anti oksidan yang juga cukup tinggi.
  3. Kandungan gizi lainnya seperti garam, gula, kalsium, protein, mineral dan vitamin C. Berbagai nutrisi ini menunjukkan bahwa buah jamblang juga memberikan khasiat untuk meningkatkan daya tahan tubuh.
  4. Senyawa kimia lain yang juga cukup banyak ditemukan di buah jamblang seperti minyak atsiri, resin berwarna merah tua yang kaya dengan kandungan asam elagat, asam organic, tannin dan juga triterpenoid. Selain kandungan senyawa di atas, zat pewarna alami antosianin menjadi zat utama pada kulit buahnya yang berwarna ungu. Dengan demikian buah jamblang pun cocok dijadikan sebagai sumber pewarna alami yang lebih aman untuk digunakan.

Buah Jamblang atau Duwet
Buah Jamblang atau Duwet

Manfaat Buah Jamblang Bagi Kesehatan

Foto Buah Jamblang Obat DiabetesMemiliki banyak kandungan nutrisi dan senyawa kimia membuat buah jamblang juga memiliki khasiat kesehatan yang cukup banyak, beberapa khasiat tersebut diantaranya sebagai berikut:
  1. Anti diabetes  Senyawa-senyawa seperti jambosin, alkaloid dan juga glikosida jambolin di dalam buah jamblang menjadi senyawa anti diabetes yang bekerja membantu memecah gula menjadi energi sehingga kadar gula di dalam darah lebih stabil dan diabetes pun tak akan terjadi.
    Jamblang digunakan sebagai bahan alami obat diabetes yang bisa membantu mencegah maupun mengobati para penderita diabetes.
  2. Anti kanker  Tingginya kadar anti oksidan yang ada dalam buah jamblang menyebabkan buah ini menjadi salah satu herbal anti kanker yang paling dicari. Nantinya anti oksidan akan bekerja mengikat sel radikal bebas yang merupakan pemicu tumbuhnya sel kanker dalam tubuh. Anti oksidan yang ada dalam buah jamblang juga ada beberapa, diantaranya adalah polifenol dan antosianin.
  3. Menjaga kesehatan jantung Kandungan unsur kalium yang tinggi di dalam buah jamblang menyebabkan buah ini sangat baik dikonsumsi oleh mereka yang ingin memiliki kondisi jantung yang sehat. Pada setiap 100 gram buah jamblang akan mengandung sebanyak 55 mg kalium. Selain dapat membantu menjaga kesehatan jantung, unsur ini juga akan sangat membantu untuk mencegah terjadinya penyakit stroke dan tekanan darah tinggi.
  4. Meningkatkan kekebalan tubuh Buah jamblang memiliki berbagai nutrisi dan vitamin yang membantu meningkatkan system kekebalan tubuh. Beberapa nutrisi tersebut seperti garam, gula, kalsium, protein, mineral dan vitamin C. Saat tubuh mulai terasa meriang, buah jamblang cocok dikonsumsi untuk mencegah terjadinya demam.
  5. Menjaga kecantikan kulit Buah jamblang kaya dengan senyawa antioksidan dan vitamin C yang akan dapat membantu pembentukan kolagen di dalam kulit. Oleh karena itulah, mengkonsumsi buah jamblang akan membantu merawat kulit akan lebih tampak awet muda dan cantik.
  6. Sebagai anti bakteri Buah jamblang juga terbukti mampu membunuh berbagai bakteri saat terjadi diare, terjadinya infeksi mulut, infeksi kulit dan sebagainya. Buah ini memiliki senyawa anti bakteri yang cukup efektif membunuh bakteri di dalam tubuh. Karena banyaknya kandungan nutrisi di dalam jamblang, maka tanaman ini juga memiliki khasiat tambahan seperti mengatasi masalah pencernaan, asma, masalah tenggorokan, masalah gigi dan gusi, menghancurkan kolesterol jahat, mengatasi batuk, menyembuhkan nyeri lambung dan berbagai tambahan khasiat lainnya.

Manfaat Kulit Pohon Jamblang

Tanaman jamblang memiliki banyak manfaat dari mulai buahnya, kulit kayunya serta biji buahnya.
  • Pada bagian kulit kayu tanaman jamblang, terdapat beberapa senyawa kimia yang berkhasiat menurunkan kadar gula dalam darah.
  • Senyawa tersebut diantaranya jambosin, alkaloid dan juga glikosida jambolin.
  • Beberapa senyawa ini membantu tubuh mengubah gula menjadi energi atau mencerna kadar gula di dalam darah.
  • Dengan demikian, bagi penderita diabetes akan sangat terbantukan untuk mencerna kadar gula yang ada di dalam darah.
  • Oleh karena itu bisa dikatakan, fungsi utama bagian kulit pohon jamblang adalah sebagai obat penyakit diabetes.


Foto Putik Buah Jamblang by Andrew Ibot
Foto Putik Buah Jamblang by Andrew Ibot

  • Selain mengobati penyakit gula darah, bagian kulit pohon jomblang juga dapat digunakan untuk mengobati diare dan sariawan.
  • Pada bagian kayu terdapat senyawa yang mampu membunuh bakteri dalam tubuh. Batang kayu pohon jamblang sendiri cukup banyak dimanfaatkan orang untuk kayu bangunan.
  • Meskipun agak sedikit mudah pecah dan mengerjakannya tidak mudah, namun kayu jamblang dikenal sebagai salah satu kayu yang tahan lama dan awet dari serangan serangga.
  • Selain itu beberapa orang juga banyak menggunakan batang tanaman jamblang sebagai kayu bakar.

Buah Jamblang Obat Herbal Diabetes

Buah jamblang sering dikenal sebagai buah alami obat kencing manis atau diabetes, baik buah, biji hingga kulit pohon jamblang bisa mengobati diabetes, menormalkan kadar gula darah dalam tubuh.
Hampir di semua bagian tanaman ini memiliki senyawa yang dapat membantu pencernaan gula darah agar lebih mudah.
Bagian seperti kulit batang, daun, buah dan biji merupakan bagian-bagian yang biasa digunakan orang untuk menyembuhkan penyakit diabetes.


Khasiat Buah Jamblang Untuk Obat Herbal Diabetes
Khasiat Buah Jamblang Untuk Obat Herbal Diabetes

Untuk penderita diabetes yang memilih buah untuk obatnya, buah, bisa dikonsumsi secara langsung.
Buah jamblang dalam kondisi segar bisa dimakan secara langsung menggunakan garam atau gula sebagai penambah rasa.
Rasanya akan beragam, mulai dari asap, sepat dan sedikit pahit serta manis.
Selain itu juga bisa menggunakan kulit batangnya. Caranya tentu saja dengan terlebih dahulu merebus kulit batang, lalu meminum rebusan air batang tersebut.
Atau bisa juga menggunakan bijinya. Caranya dengan menumbuk biji buah jamblang lalu merebusnya dalam air hangat dan meminum air rebusan tersebut.
Resep dan cara meracik herbal Jamblang untuk mengobati diabetes sangat mudah, simak artikel ini hingga tuntas, karena Herbalogi.com menjelaskannya untuk pembaca setia.. 🙂

Ini Dia 11 Ramuan Resep Herbal Jamblang

Buah jamblang banyak digunakan sebagai ramuan resep alami yang berfungsi untuk mengobati aneka macam penyakit. Berikut ini beberapa ramuan herbal jamblang untuk berbagai jenis penyakit yang bisa dicoba:
  1. Jamblang untuk mengobati diabetes
    – Siapkan sebanyak 60 gram kulit kayu jamblang lalu cuci hingga bersih. Selanjutnya rebus lah dengan menggunakan tiga gelas air.
    – Rebus hingga air rebusan tersisa hanya sekitar 1/5 gelas saja. Minum lah air rebusan ini sebanyak dua kali dalam sehari.
    Biji Buah Jamblang Bewarna Putih
    Biji Buah Jamblang Bewarna Putih
    – Jika hendak menggunakan biji jamblang, maka pertama yang harus dilakukan menumbuk halus 3 biji jamblang. Lalu rebus lah tumbukan tersebut dengan menggunakan 2 gelas air.
    – Didihkan dan uapkan hingga tersisa satu gelas saja. Selagi hangat minum lah ramuan alami ini. Ulangi sebanyak dua kali dalam sehari.


  • Jamblang untuk obat batuk kronis
    Jika menderita batuk kronis yang tak kunjung sembuh, Anda bisa mencoba mengkonsumsi secara langsung buah jamblang. Ambil sebanyak 15 gram buah jamblang yang masih segar, lalu cuci dan pisahkan antara daging buah dan bijinya. Setelah itu makanlah buang jamblang sebanyak tiga kali sehari.
  • Jamblang untuk mengobati asma
    Penyakit asma dapat disembuhkan menggunakan buang jamblang. Caranya ambil lah sebanyak 15 gram buah jamblang yang masih segar lalu rebus dalam air hingga mendidih.
    Setelah dingin, minum lah air rebusannya dan buahnya pun bisa langsung dimakan. Lakukan hal ini sebanyak tiga kali dalam sehari untuk penyembuhan penyakit asma secara alami.
  • Jamblang untuk mengobati diare anak
    Buah jamblang juga bisa digunakan untuk menyembuhkan penyakit diare pada anak.
    Caranya ambil lah 6 gram buah jamblang, lalu ambil juga 6 gram beras yang telah disangrai lebih dulu. Rebus keduanya hingga matang dengan menambahkan air secukupnya.
    Setelah airnya mendidih, makan buah yang telah direbus dalam air dan beras sangrai tadi. Lakukan setidaknya tiga kali dalam sehari.
  • Jamblang untuk mengobati batuk karena TBC
    Jika memiliki teman atau keluarga yang memiliki TBC dan sulit disembuhkan, coba gunakan ramuan herbal dari buah jamblang.
    Caranya ambil sebanyak 30 gram buah jamblang dan 25 gram daun sembung segar. Cuci semua bahan yang ada lalu potong-potong. Didihkan dengan air, lalu setelah mendidih, minum lah airnya setelah dingin. Lakukan ini sebelum tidur.
  • Buah Jamblang Masak
    Buah Jamblang yang Telah Masak Bewarna Hitam
  • Jamblang untuk mengobati nyeri lambung
    Ambil sebanyak 30 gram buah jamblang yang telah dipisahkan bijinya lalu disangrai hingga baunya tercium harum.
    Setelah itu buatlah tim dari buah tersebut sambil diaduk. Minum lah tim tersebut sebanyak tiga kali sehari selama tidak kurang dari 10 hari.
    Ramuan herbal ini akan membantu mengatasi nyeri lambung sebagai keluhan yang paling umum dari para penderita penyakit maag.
  • Jamblang untuk mengatasi sariawan
    Ambil daun dan kulit pohon jamblang yang akan digunakan. Lalu rebus hingga mendidih. Tunggu sampai air hangat lalu berkumur lah dengan menggunakan air tersebut.
    Lakukan kumur sebanyak empat kali sehari untuk membantu menyembuhkan sariawan yang ada di dalam mulut.
  • Jamblang untuk mengobati infeksi darah
    Ambil lah akar pandan wangi sebanyak tiga jari, 1 buah kelapa muda dan juga segenggam daun jamblang. Rebus akar pandan wangi dan segenggam daun jamblang dalam air kelapa muda yang sudah disiapkan.
    Rebus hingga mendidih lalu minum lah airnya. Jangan sesekali menyimpan campuran ini karena biasanya tidak tahan lama dan cepat basi.
  • Jamblang untuk mengobati epilepsi
    Siapkan sebanyak 60 gram akar pohon jamblang, lalu cuci sampai bersih. Selanjutnya rebus lah dalam 3 gelas air.
    Biarkan air mendidih hingga menguap. Sisakan hingga didihan tinggal 1/5 gelas saja lalu minum air tersebut sebanyak dua kali dalam sehari.
  • Jamblang untuk mengobati batuk rejang
    Sediakan 15 gram buah jamblang, empedu ayam betina dan gula pasir. Rebus semua bahan menggunakan air hingga mendidih. Dinginkan airnya lalu minum. Cukup lakukan ini sekali saja dalam sehari.
  • Biji Jamblang untuk mengobati kebiasaan ngompol
    Sediakan 7 butir biji jamblang, kemudian ditumbuk hingga halus. Setelah itu rebus dengan dua cangkir air dan gula jawa secukupnya.
    Rebus hingga airnya menjadi separuh bagian. Minumlah air rebusan biji Jamlang 1 gelas setiap hari pada jam 5 sore, lakukan sampai tidak lagi ngompol waktu tidur.

  • Mengkonsumsi buah jamblang secara langsung juga memiliki khasiat cukup bagus untuk tubuh. Diantaranya mampu meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh.
    Berbagai mineral dan kandungan vitamin C yang tinggi pada buah jamblang sangat baik untuk meningkatkan imunitas tubuh.
    Buah jamblang dikenal sebagai tanaman obat yang memiliki nilai ekonomis tinggi. Salah satu negara yang mampu memberdayakan tanaman jamblang adalah India.
    Di negara yang terkenal dengan film Bollywood ini buah jamblang diolah menjadi berbagai jenis makanan seperti selai, jeli, es krim hingga cuka.


    Khasiat dan Manfaat Buah Jamblang (Syzygium Cumini)
    Buah Jamblang (Syzygium Cumini)

    Selain itu kayunya banyak digunakan sebagai dayung, perahu, tiang, alat pertanian, bagian bawah rel kereta api hingga jembatan dan arang.
    Bagian daun tanaman ini juga sangat bagus dijadikan sebagai makanan ternak ulat sutera. Minyak atsiri yang juga dihasilkan dari daun menjadi bahan baku pembuatan parfum dan industry sabun.
    Sementara bagian bunga tanaman jamblang yang indah juga disukai lebah yang akan membantu produksi madu yang berkualitas oleh lebah.***

    Share

    Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More