Selamat datang, terima kasih atas kunjungannya. Salam perdamaian

10 Pohon Tertua Di Dunia

Sangat menakjubkan melihat berbagai pohon tua yang berumur ribuan tahun, apalagi jika pohon-pohon itu termasuk pohon tertua dunia yang telah menyaksikan naik turunnya peradaban manusia. Berikut ini adalah 10 pohon paling tua yang ada di dunia ini.

10. Castagnu de Centu Cavaddi - Mount Etna, Sisilia, Itali

Pohon kastanye tertua dan terbesar di dunia ini terletak di Gunung Etna, Sisilia, Itali, dan diperkirakan berumur 2.000 hingga 4.000 tahun. Keunikan dari pohon ini adalah ia tumbuh di Gunung Etna yang terkenal sebagai gunung berapi aktif dunia. Tidak hanya itu saja, jika diartikan, pohon ini akan memiliki nama "Kastanye 100 Kuda". Nama itu didapatkan dari legenda lokal yang mengisahkan bahwa pada suatu hari ada 100 ksatria yang terjebak di sebuah badai dan dalam legenda itu mereka berteduh di bawah pohon kastanye ini.

9. Jomon Sugi - Yakushima, jepang

Aslinya, pohon ini diperkirakan dapat berumur lebih dari 2.000 tahun, namun ternyata beberapa ahli percaya ia ternyata dapat berumur lebih dari 5.000 tahun. Mungkin inilah salah satu sebabnya mengapa pulau Yakushima masuk dalam daftar warisan dunia UNESCO. Jika pohon ini memang benar berumurkan lebih dari 5.000 tahun mungkin saja pohon ini adalah pohon tertua kedua di dunia atau bahkan mungkin yang paling tua.

8. Elia Bouybon - Kolymvari, Crete, Yunani

Terletak di Crete, Yunani, adalah salah satu dari 7 pohon zaitun Mediterania yang dipercaya berumur setidaknya antara 2.000 hingga 3.000 tahun. Walaupun tidak diketahui berapa tepatnya umur dari pohon ini, Pohon yang dikenal dengan nama lain "Olive Tree of Vouves" ini mungkin adalah yang paling menakjubkan dimana ia masih menghasilkan zaitun dan berharga mahal.

7. Patriarca da Floresta - Brazil

Diperkirakan berumur lebih dari 3.000 tahun, pohon ini dipercaya adalah pohon suci. Sayangnya, spesies pohon ini terancam punah karena penebangan hutan liar di Brazil, Kolombia, dan Venezuela. Arti dari Patriarca da Floresta sendiri adalah Kepala Keluarga dari Hutan, hal ini tidaklah mengejutkan melihat pohon ini benar-benar berbeda daripada pohon sekitar lainnya.

6. Gran Abuelo - Cordillera Pelada, Los Ries, Chili

Terletak di taman nasional Alerce Costero, pohon ini merupakan pohon lokal pegunungan Andes. Banyak ahli tanaman percaya bahwa pohon ini adalah pohon kedua yang spesimennya adalah pohon dengan umur terpanjang ke-2 di dunia Spesimen tertua dari pohon ini berumurkan 3.640 tahun.

5. Llangernyw Yew - Llangernyw, Conwy, North Wales

Pohon cemara menakjubkan ini diperkirakan berumur lebih dari 4.000 tahun dan telah ditanam sejak zaman perunggu kuno. Pohon ini sendiri dapat ditemukan di pekarangan gereja Llangernyw dan menurut legenda lokal, gereja Llangernyw ini ditempati oleh sebuah roh kuno bernamaAngelystor. Dikisahkan bahwa setiap Hari Halloween, Angelystor akan menyebutkan nama-nama orang yang akan meninggal di tahun berikutnya.

4. Sarv-e Abarkuh - Arbakuh, Yazd, Iran

Masih dalam bentuk perkiraan, umur dari pohon Sav-e Abarkuh di Iran ini diperkirakan setidaknya berumur sekitar 4.000 tahun dan juga telah menyaksikan perubahan peradaban manusia dari zaman ke zaman. Pohon yang dikenal sebagai "Zoroastrian Sarv" ini adalah monumen nasional Iran dan adalah pohon paling tua yang ada di Asia. 

3. Methuselah - Inyo County, California, US

Sebelumnya pohon inilah yang secara resmi bergelar pohon tertua di dunia. Terletak di hutan nasional Inyo, keberadaan pohon Methuselah ini tidak diberitahukan secara terbuka ke publik sebagai alasan kelestarian dan keamanan. Sekarang ini Methuselah berumur 4.846 tahun dan merupakan pohon tertua kedua di dunia. Uniknya, nama Methuselah sendiri didapatkan dari figur Alkitab, yakni Methuselah, anak dari Henokh dan Kakek dari Nuh, yang disebut-sebut sebagai manusia tertua yang pernah ada di bumi dengan umur 969 tahun.

2. Pohon Pinus Tidak Bernama - White Mountains, California, US

Sebenarnya telah ditemukan sejak akhir tahun 1950-an, namun sayangnya si penemu tidak mendapatkan kesempatan untuk mengetahui berapa tepatnya umur pohon tersebut sebelum ia meninggal. Kemudian di tahun 2012, Tom Harlan dari Laboratory of Tree-Ring Research berhasil meverifikasikan umur pohon tersebut dan hasilnya sangat mengejutkan. Ia secara resmi berhasil menemukan pohon tertua yang ada di dunia, yaitu berumur 5.062 tahun (saat itu). Dengan berumur 5.064 tahun (Sekarang ini) maka itu berarti ia telah menyaksikan naik turunnya peradaban manusia selama 50 generasi.

1. The Sisters - Bechaelah, Batroun District, Libanon

Dikenal juga sebagai "The Sisters Olive Trees of Noah" adalah sekumplan 16 pohon Zaitun yang diperkirakan berumur 5.000-6.000 tahun. Jika hal itu benar, maka The Sisters dapat saja menjadi pohon non-klonal paling tua di dunia. Sayangnya, umur dari pohon ini masih hanya berupa perkiraan dan belum dapat diketahui berapa tepatnya umur dari pohon ini. Legenda lokal mengatakan bahwa Bahtera Nuh dibuat dari pohon ini.
--
Beberapa sumber mengatakan bahwa pohon tertua di dunia adalah Pando yang berumur sekitar 80.000 hingga 100.000 tahun, namun sayangnya diketahui bahwa Old Tjikko dan Pando adalah pohon "clonal" yang berarti setiap individual sebenarnya berumur lebih muda daripada organisme aktualnya. Mereka tumbuh dari sebuah akar pusat yang masih hidup di dalam tanah namun sebelumnya sudah mengalami kematian yang menyisakan akar hidupnya.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More