Selamat datang, terima kasih atas kunjungannya. Salam perdamaian

Membuat Link

Untuk membuat link dari kata-kata silahkan ikuti langkah-langkah berikut :

  1. Highlight kata-kata yang ingin di buat link, contoh di atas adalah klik disini.

  2. Klik ikon yang bergambar seperti ini yang berada pada toolbar, maka setelah itu akan muncul tulisan http:// pada window baru yang berbentuk seperti gambar di bawah ini :




  3. Isi kotak yang ada tulisan tersebut dengan alamat situs yang anda inginkan, misalkan : http://www.resepbisnis.com/?id=rohman
  4. Klik OK. Selesai


Link dengan window baru

Mungkin anda punya pikiran, kalau anda membuat sebuah link trus pembaca mengkliknya, anda kwawatir kalau pengunjung blog kita akan meninggalkan blog kita. Untuk meminimalisir hal tersebut, bisa dilakukan dengan cara membuat window baru, jadi ketika pengunjung mengklik salah satu link yang kita buat, halaman blog kita tidak akan tertimpa dengan halaman baru tapi yang terjadi adalah halaman blog anda tetap ada dan halaman yang baru di klik akan muncul terpisah. Sebagai contoh, silahkan anda klik tulisan Resep Bisnis atau Obral plus pada banner header diatas. Ketika anda mengkliknya, akan tercipta window baru. Untuk membuat link seperti ini dapat di lakukan dengan cara :

  1. Apabila sudah melakukan cara membuat link seperti keterangan diatas, klik menu Edit HTML tab yang ada pada toolbar.

  2. Pada tulisan yang kita link tadi akan muncul kode seperti ini ( contoh tulisan klik disini di link ke http://www.resepbisnis.com/?id=rohman :

    klik disini

    maka disini anda harus menambahkan embel-embel kode HTML target="new' ataupun target="_blank" pada awal ataupun akhir kode tersebut . Contoh kode yang sudah di modifikasi adalah :

    klik di sini

    atau :

    klik di sini

    atau bisa juga seperti ini :

    klik di sini

Buat Links di sidebar

Bila anda berkeinginan membuat link kepada teman anda di sidebar, cara termudah adalah seperti ini : ( khusus untuk template klasik)

  1. Sign in di blogger dengan id anda
  2. Klik menu TEMPLATE
  3. Klik Edit HTML
  4. Klik Edit
  5. Klik Find (on this page)… --> untuk mempercepat pencarian

  6. find

  7. Tuliskan kata dimana anda ingin tempatkan, contoh di blog saya adalah Links para sahabat, klik Find
  8. Tuliskan link yang anda inginkan, contoh jika anda ingin membuat link ke blog saya, maka kode yang di tulis adalah :


  9. Blog Tutorial

  10. Klik Save Template Changes. Selesai


Sedikit clue untuk anda. Jika anda sedang mengotak-atik kode Template sebaiknya sebelum di obrak-abrik, sebaiknya anda copy terlebih dahulu seluruh template ke dalam notepad, ini untuk jaga-jaga apabila anda melakukan kesalahan, anda bisa mengembalikan kesemula karena sudah mempunyai backup data template tersebut. Atau bisa juga sebelum anda klik Save Template Changes sebaiknya anda klik terlebih dahulu tombol preview untuk melihat perubahan yang anda lakukan, apabila sudah cocok dengan perubahan tersebut baru di save Template Changes.

Untuk anda pengguna Blogger baru, ada perbedaan dalam membuat link, silahkan ikuti langkah berikut ini :
  1. Login di blogger dengan ID anda
  2. Klik menu Layout
  3. Klik Page Elements
  4. Klik Add a Page Element
  5. Klik ADD TO BLOG pada menu Link List
  6. Tulis Judul link pada pada isian di sebelah form Title. Contoh dalam blog saya Adalah “ Link partner” atau silahkan terserah anda
  7. Isi nomor link yang ingin anda tunjukan di blog anda pada form Number of Links to show in list, jika anda ingin membatasi jumlah link yang akan di tampilkan, jika anda tidak mau membatasi silahkan di kosongkan saja.
  8. Pada form Sorting, silahkan anda pilih sort Alphabetically bila ingin link anda di urutkan berdasarkan huruf alphabet ( mulai dari A --> Z ), atau pilih sort revers Alphabetically apabila anda menginginkan Link yang anda buat di urutkan secara terbalik ( mulai dari Z --> A ). Bila anda tidak menginginkan keduanya, yakni Link yang tampil sesuai dengan yang anda buat, silahkan pilih Don’t Sort
  9. Tulis alamat URL yang akan di Link pada form New Site URL. Contoh : http;//kolom-tutorial.blogspot.com
  10. Tulis nama atau tulisan yang ingin muncul pada link yang anda buat pada form New site Name. contoh : Blog Tutorial.
  11. Klik Add Link, jika link yang anda buat lebih dari satu. Silahkan isi semua form sesuai dengan langkah di atas.
  12. Klik SAVE CHANGES bila sudah selesai
  13. Bila anda ingin menempatkan Link yang anda buat tadi, silahkan arahkan mouse anda ke kotak link yang baru anda buat, lalu tekan mouse sambil di tahan pindahkan ke tempat yang anda inginkan ( di drag & drop ) .
  14. Klik SAVE. Selesai

Membuat link dari gambar atau image

Apabila anda mempunyai sebuah gambar, dan gambar tersebut ingin di jadikan sebuah link. Maka caranya seperti di bawah ini :
  1. Upload gambar yang anda miliki ke hosting tempat menyimpan gambar, contoh http://www.photobucket.com.
  2. Jika anda sudah mengupload gambar anda, maka gambar tersebut akan di beri alamat URL, copy alamat tersebut pada notepad. Sebagai contoh gambar chicklet blog tutorial di samping mempunyai alamat URL :

    http://i162.photobucket.com/albums/t253/rohman24/animasichicklet.gif

    Nah jika anda ingin membuat gambar tersebut menjadi sebuah link, maka kode yang di tulis adalah :


    (kode dalam satu baris)

    jika ingin dalam window baru :


    (kode dalam satu baris)


Link berjudul

Mungkin anda bingung, ko judul bahasan topik ini judulnya Link berjudul? Untuk memperjelas bahasan ini, silahkan anda kembali ke halaman atas blog ini lalu arahkan mouse anda ke tulisan Resep bisnis, coba diamkan sebentar pada link tersebut, maka tidak lama kemudian akan muncul tulisan Mau belajar bikin website sendiri silahkan klik disini . Nah sekarang mungkin anda sudah mengerti maksud saya, jadi dalam sebuah link ada kata-kata untuk menekankan ajakan anda kepada para pembaca untuk mengklik link tersebut. Untuk membuat judul link ini sangat mudah, yakni anda hanya harus menambahkan title=" ... " pada link yang anda buat. Contoh seperti yang saya berikan di atas :

Resep bisnis

mudah bukan. Selamat mencoba.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More