Selamat datang, terima kasih atas kunjungannya. Salam perdamaian

Mengubah Background Video ( Green Screen dan Blue Screen )

Kebetulan dulu ada yang bertanya tentang cara merubah background video clip dengan menggunakan ULEAD VIDEO STUDIO. 

Alat yang dibutuhkan : 
untuk digunakan sebagai background untuk pembuatan video utamanya. Alat nya Cuma satu koq, yaitu layar atau background yang punya satu warna saja. Bisa berupa kain or sebagainya. Anda pasti ingat setiap kita di Photo di studio Photo, dibelakang kita selalu ada layar lebar yang menjadi background photo kita. Nah, layar seperti inilah yang kita butuhkan. Terserah warnanya apa saja yang penting satu warna (diusahakan hijau atau biru).
Di depan layar inilah anda membuat video utama. Jadi kalau anda ingin membuat suatu video clip music, silahkan bernyanyi ataupun ngeBand didepan layar satu warna tersebut saat merekamnya dengan menggunakan kamera anda. Setelah merekam semuanya, ya pastinya simpan video tersebut ke dalam komputer. Dan dengan begitu video utama atau pertama telah selesai dibuat.
Untuk tambahan : Jika tidak punya layar yang mempunyai satu warna, cobalah merekam video di depan tembok yang mempunyai satu warna juga. Tapi pilihlah tembok yang masih mulus tanpa ada campuran warna lain atau kotoran kotoran yang ada. Tapi sepertinya agak susah mencari tembok yang masih mulus dan bagus seperti itu.
Untuk video yang keduanya tentu saja kita tidak perlu menggunakan background apapun. Anda tinggal merekam gambar langit, jalanan, atau pemandangan lainnya yang nantinya akan menjadi background untuk video utama anda. Tapi itu juga tidak perlu jika anda sudah punya video lain yang ingin anda jadikan background. Misalkan saja video klip music band band kesayangan anda dan sebagainya.
Sekarang kita menuju ke langkah-langkah menggabungkan video clip tersebut atau merubah backgroundnya dengan menggunakan ULEAD VIDEO STUDIO. Langkah langkahnya adalah:
  1. Masukan video utama ke dalam OVERLAY TRACK. Caranya klik kanan pada bagian OVERLAY TRACK lalu pilih INSERT VIDEO.
  2. Masukan video kedua (yang digunakan sebagai background) ke dalam VIDEO TRACK. Caranya klik kanan pada bagian VIDEO TRACK lalu pilih INSERT VIDEO.
  3. Setelah kedua video telah dimasukan, pilih dan tekan video utama yang ada di OverlayTrack, maka akan muncul Tab ATTRIBUTE. Lalu pilih MASK AND CHROMA KEY. Maka akan muncul layar baru.
  4. Pada layar baru ini terdapat beberapa pilihan utama yang terletak pada bagian sebelah kiri dan bagian sebelah kanan.
  5. Untuk langkah nomor 5 ini, anda bisa melewatinya jika anda menganggapnya kurang perlu. Karena yang paling penting dalam tutorial ini adalah langkah langkah selanjutnya (langkah nomor 6 dan seterusnya). Jika berminat pada langkah nomor 5, maka ikuti langkah langkah berikut ini :Pada bagian sebelah kiri terdapat pilihan TRANSPARENCY yang digunakan untuk membuat video utama menjadi terlihat transparan sedangkan pilihan BORDER digunakan untuk membuat menambahkan garis batas pada video. Cara merubah nilai TRANSPARENCY atau BORDER adalah dengan menambahkan (panah atas) atau mengurangi nilainya (panah bawah) atau dengan cara menggeser panah yang berikutnya kearah kanan atau kiri.
  6. Pada bagian sebelah kanan dari layar yang saya sebutkan pada langkah nomor 4, berilah tanda checklist pada bagian APPLY OVERLAY OPTION.
  7. Disitu terdapat 2 pilihan TYPE yaitu MASKFRAME dan CHROMA KEY. Untuk type MASKFRAME digunakan untuk menambahkan frame atau pigura pada video anda yang bisa anda pilih sendiri sesuai dengan selera anda. Sedangkan yang paling penting pada langkah nomor 7 ini adalah type CHROMA KEY. Jadi pilihlah type CHROMA KEY.
  8. Setelah memilih TYPE CHROMA KEY maka biasanya secara otomatis background video utama anda yang tadinya hanya berupa gambar satu warna saja, kini background tersebut menghilang dan menembus atau berubah menjadi background video kedua (video background yang ada di Video Track). JIKA BELUM BERUBAH, maka tambahkan atau kurangi visualisasi background tersebut dengan merubah nilai COLOR SIMILARITY FOR MASK yang terdapat pada bagian SIMILARITY. Tapi JIKA SEANDAINYA BACKGROUND VIDEO UTAMA TERSEBUT MASIH BELUM BERUBAH ATAU SALAH BERUBAH, maka pada pilihan SIMILARITY tekanlah tombol yang bergambar bentuk seperti Pulpen. Dengan begitu maka Pointer Mouse anda berubah menjadi berbentuk Pulpen. Lalu pilihlah warna background satu warna tadi dengan Pointer maka kini background tersebut pun telah berubah. Jika sudah, tekan kembali Tombol yang berbentuk pulpen tadi sampai Pointer Mouse anda kembali menjadi berbentuk seperti biasa. Dengan mengikuti langkah nomor 8 ini, maka perubahan video telah selesai dilakukan. Bagus kan ?
  9. Jika perlu anda boleh menyeleksi tinggi dan lebar bagian video utama pada bagian CROP. Yang terdiri atas dua bagian yaitu :

           a. CROP THE WIDTH OF OVERLAY CLIP
                untuk menyeleksi lebar video.
           b. CROP THE HEIGHT OF OVERLAY CLIP
                untuk menyeleksi tinggi video.
 Selamat mencoba !!!

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More