Selamat datang, terima kasih atas kunjungannya. Salam perdamaian

Manfaat Bayam

Manfaat Bayam

Manfaat bayam
  1. Melawan sel kanker
  2. Manfaat bayam dapat melawan sel kanker. Hal ini karena vitamin A dan C, serat, asam folat, serta 13 flavonoid yang terdapat dalam kandungan bayam bermanfaat untuk memerangi sel kanker. Pada sebuah penelitian menunjukkan bahwa kandungan pada bayam tersebut dapat menurunkan resiko terserang kanker sebesar 34% terutama terserang kanker rahim, kanker payudara, kanker kulit, kanker prostat, dan kanker perut.

  3. Penglihatan yang lebih baik
  4. Bayam ini merupakan sumber vitamin A dan vitamin A tersebut sangat baik dalam menutrisi organ penglihatan mata.

  5. Sumber anti-inflamasi
  6. Bayam memiliki kandungan yang banyak mengandung neoxanthin dan violaxanthin (dua anti-inflamasi epoxyxanthophylls) yang dapat berperan penting dalam regulasi peradangan. Bayam mengandung sifat alkalinitas tinggi sehingga dapat membuat sayur ini menjadi salah satu pilihan yang sempurna bagi penderita penyakit inflamasi, seperti : rheumatoid arthritis dan osteoarthritis.

  7. Jantung lebih sehat
  8. Gaya hidup tidak sehat dapat memicu terkena penyakit jantung dan juga berpotensi besar terserang serangan jantung. Mulailah dengan mengkonsumsi bayam untuk mencegah serangan jantung. Berbagai nutrisi yang terkandung pada bayam dapat membuat jantung untuk lebih terjaga kesehatannya sepanjang waktu.

  9. Menurunkan tekanan darah tinggi
  10. Bayam kaya akan kandungan kalium dan rendah sodium. Bayam memiliki tingkat mineral yang seimbang sangat bermanfaat bagi penderita hipertensi atau tekanan darah tinggi. Folat yang terkadung dalam bayam juga membantu menurunkan tekanan darah tinggi dan melemaskan pembuluh darah yang pada akhirnya dapat mempertahankan kelancaran sistema aliran darah.

  11. Mencegah diabetes
  12. Manfaat bayam mampu untuk mencegah diabetes. Kandungan magnesium yang ditemukan dalam bayam dapat membantu untuk mencegah komplikasi yang terjadi setelah diabetes. Dengan mengkonsumsi secara rutin bayam akan membantu menstabilkan gula darah dan mencegah dari berfluktuasi yang terlalu banyak.
  13. Menjaga kesehatan otak dan meningkatkan memori
  14. Seiring dengan bertambahnya usia, maka kemampuan untuk mengingat sesuatu apapun akan berkurang. Untuk menjaga kesehatan otak dan meningkatkan daya ingat, dengan mengkonsumsi sayuran bayam secara rutin dapat menjadi salah satu solusinya.

  15. Menutrisi tulang dan sendi
  16. Kandungan kalsium yang terdapat dalam bayam mampu untuk menguatkan semua tulang pada tubuh. Sehingga dapat meminimalisir terjadi pengeroposan pada tulang atau osteoporosis sedini mungkin dengan rutin mengkonsumsi bayam.

  17. Menyehatkan organ pencernaan
  18. Bayam mengandung kandungan serat yang tinggi sangat efektif untuk menyehatkan organ pada pencernaan dalam tubuh.

  19. Mengurangi resiko terserang kardiovaskular
  20. Bayam merupakan sumber folat, yang dapat mengurangi homosistein, asam amino ditemukan dalam darah. Tingkat homosistein yang tinggi dalam darah dapat menyebabkan risiko terkena penyakit jantung. Bayam juga mengandung inositol dan choline, yang dapat bermanfaat untuk mencegah pengerasan pembuluh darah.

  21. Mencegah anemia
  22. Bayam merupakan sumber zat besi yang baik. Zat besi diperlukan untuk mencegah anemia atau kekurangan sel darah merah. Zat besi bermanfaat untuk dapat meregenerasi atau memperbanyak sel darah merah, sehingga dapat mencegah terkena anemia.

  23. Menyehatkan kulit
  24. Salah satu manfaat bayam adalah dapat menyehatkan kulit. Hal ini karena bayam mengandung vitamin A yang tinggi yang dapat membuat kulit menjadi lebih sehat dan memungkinkan retensi kelembaban yang tepat pada epidermis yang pada akhirnya dapat memerangi psoriasis, jerawat, keratinisasi, bahkan keriput.

  25. Baik untuk masa pertumbuhan
  26. Zat besi dan mineral yang terkandung dalam bayam sangat baik untuk pertumbuhan anak-anak dan remaja. Selain itu, bayam juga baik untuk wanita yang sedang menstruasi. Bayam lebih banyak mengandung kalori seperti rendah lemak dan bebas kolesterol dibandingkan dengan daging merah.

  27. Meningkatkan kekebalan tubuh
  28. Satu cangkir bayam dapat mengandung lebih dari 337 % dari AKG (Angka kecukupan gizi) vitamin A, yang tidak hanya melindungi saja, tetapi memperkuat "entry point" ke dalam tubuh, seperti saluran pernapasan, saluran kemih dan usus, membran mukosa, tetapi juga merupakan komponen penting dari sel darah putih yang membantu melawan infeksi.

  29. Mengobati pendarahan gusi
  30. Manfaat bayam juga dapat untuk mengobati pendarahan pada gusi. Campuran bayam dengan jus wortel dapat membantu dalam mengobati gusi berdarah yang disebabkan karena kekurangan vitamin C dan terlalu banyak asupan gula halus.

Itulah 15 manfaat bayam yang menakjubkan bagi kesehatan tubuh. Dengan mengkonsumsi bayam yang kaya akan kandungan mineral, vitamin A, magnesium, dan sebagainya dapat menyehatkan tubuh.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More