Selamat datang, terima kasih atas kunjungannya. Salam perdamaian

Manfaat Buah Cempedak

buah cempedakSiapa yang menyukai buah dengan aroma kuat ini? Buah Cempedak sekilas memang sama dengan buah Nangka. Di mana kulitnya berduri kecil berwarna hijau dan bagian dagingnya berwarna kuning terang. Aroma buah Cempedak dan Nangka memang sama – sama kuat namun buah Cempedak lebih juara. Banyak yang mengatakan aroma buah cempedak hampir sama dengan buah Durian.
Kandungan Gizi Buah Cempedak
Dibalik itu rasa buah ini sangat manis dan membuat nagih. Buah Cempedak juga mengandung banyak nutrisi yaitu Vitamin A, Vitamin C, Enzim, Bioflavanoid, dan Ascobic Acid. Karena kandungan nutri yang banyak buah ini memiliki manfaat bagi kesehatan kita.

Berikut fakta dan manfaat buah Cempedak yang hanya tumbuh di daerah tropis:

  1. Menyehatkan mata
Siapa yang tidak ingin memiliki mata yang sehat? Buah Cempedak mengandung Vitamin A yang berarti membantu menambah kesehatan pada mata kita. Ada banyak buah dan sayur yang mengandung Vitamin A tetapi buah Cempedak menjadi salah satu buah yang manis dan nikmat untuk dikonsumsi sebagai pemasok Vitamin A dalam tubuh.
  1. Sebagai bahan makanan
Sama seperti Nangka, buah cepedak juga dapat diolah. Sampai saat ini daging buah Cempedak kebanakan oleh masyarakat kita dibuat menjadi kolek dan digoreng layaknya gorengan. Rasanya nikmat namun perlu diingat, buah yang digoreng tidak begitu memberi efek baik pada tubuh. Sehingga harus dilihat juga kebersihan dan kondisi minyak untuk menggoreng buah Cempedak.
  1. Merendahkan kolesterol pada darah
Buah Cempedak juga memiliki manfaat untuk tubuh kita dalam hal merendahkan kadar kolesterol. Kandungan Vitamin C dapat mengusir kolestrol jahat agar tidak mebgalir dalam darah dan membantu kolesterol baik untuk mengalir secara lancar. Kolesterol jahat dapat menimbulkan banyak penyakit berat seperti sakit jantung.
  1. Meredakan tumor
Ada banyak ahli kesehatan yang mengatakan kalau buah Cempedak mampu membantu mengobati penyakit tumor. Tetapi sampai saat ini belum ada hal pasti mengenai hal tersebut. Melihat dari kandungannya seperti bioflavanoid, kemungkinan besar memang dapat membantu meredakan tumor.
  1. Meredakan malaria
Bioflavanodi dan kandungan enzim juga berbagai vitamin dalam buah Cempedak juga dikatakan dapat membantu penderita malaria untuk sembuh. Makanlah dalam bentuk mentah atau tidak diolah. Atau bisa dikatakan makanlah buah Cempedak alami.
  1. Mengusir parasit
Di dalam tubuh kita dapat berkeliaran banyak parasit yang dapat menganggu kerja organ tubuh. Selain itu parasit – parasit tersebut juga dapat menimbulkan penyakit yang tidak terduga, Buah Cempedak memiliki manfaat untuk mengusir parasit – parasit yang tidak dibutuhkan oleh tubuh kita tersebut.
  1. Menjaga pencernaan
Buah cempedak juga mampu membantu dan menjaga pencernan dalam tubuh kita berjalan lancar. Kandungan Vitamin C dalam buah ini mampu menghindari kita dari penyakit sembelit atau sulit buang air besar.
  1. Memberi asupan air
Buah Cempedak memang tidak dapat tumbuh di tempat yang bukan tropis karena buah ini membutuhkan banyak asupan air untuk tumbuh. Sama seperti manfaatnya, karena buah ini memakan banyak asupan air ketika tumbuh, buah Cempedak juga mengandung banyak asupan air bila dikonsumsi. Dan ini membantu untuk memberi asupan air dalam tubuh kita.
  1. Menjaga daya tahan tubuh
Selain dapat memberi asupan air, buah Cempedak juga dapat menjaga daya tahan tubuh kita dengan adanya bioflavanoid. Bioflavanoid dapat mengusir radikal bebas yang dapat mengambi sel – sel sehat dalam tubuh kita. Itulah yang membuat tubuh kita tetap terjaga daya tahannya.
  1. Mencegah resiko stroke
Penyakit stroke menjadi penyakit yang sebagian besar diderita oleh orang yang lanjut usisa. Tetapi tidak sedikit pula mereka yang masih berusia muda terserang penyakit ini bahkan anak – anak. Buah Cempedak juga memberi manfaat dalam hal ini dengan mencegah resiko stroke.
  1. Pelangsing tubuh
Mengkonsumsi buah Cempedak akan memberikan rasa kenyang. Ini menjadikan buah Cempedak cocok sebagai bahan makanan para mereka atau anda yang sedang berniat melangsingkan tubuh. Kandungan nutrisinya cukup memberi rasa kenyang sekaligus membentuk tubuh.
Buah Cempedak memang lebih sulit ditemukan dibandingkan buah Nangka. Tidak banyak yang menjual buah ini dan untuk menemukannya perlu mengetahui pusat yang menjual buah ini. Di negara lain, buah cempedak hanya tumbuh di kawasan Asia Tenggara. Dan kebanyakan dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia, Malaysia, Thailand, Filiphina, dan Vietnam.

Efek Samping Buah Cempedak

Buah cempedak yang mengandung Ascobic Acid disarankan untuk tidak banyak – banyak atau tidak dikonsumsi dengan jumlah yang berlebihan karena dapat membuat gas di dalam lambung. Khususnya untuk penderita sakit Maagh, buah ini dapat memicu penyakit tersebut kumat.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More