Selamat datang, terima kasih atas kunjungannya. Salam perdamaian

Manfaat Buah Coklat

Manfaat Buah Coklat untuk Kesehatan | Siapa yang tidak kenal dengan buah kakao atau coklat? Buah ini merupakan bahan dasar untuk membuat coklat. Buah kakao atau coklat banyak dibudidayakan di negara kita. Namun sayang untuk pengolahannya banyak dilakukan oleh Eropa seperti Belgia salah satu contohnya.


Buah coklat sangat mudah dumbuh dan berkembang, meskipun tidak dirawat atau disiram, itulah luar biasanya tanah kita ini. Ternyata buah yang memiliki rasa manis agak asam ini memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan tubuh kita.

Kakao atau coklat mengandung nutrisi yang cukup tinggi seperti vitamin A1, B1, B2, C, D, dan E serta beberapa mineral seperti fosfor, magnesium, zat besi, zinc, dan juga tembaga. Bagaimana? Sangat luar biasa sekali bukan? Pantas saja ada banyak manfaat buah coklat untuk kesehatan tubuh kita.

Ada banyak penelitian yang sudah membuktikan khasiat coklat untuk kesehatan, seperti yang berdasarkan penelitian di Sandiego School of Medicine, California University, tingkat stres bisa diminimalisir bahkan dihilangkan dengan cokelat. Hal tersebut disebabkan karena cokelat mengandung molekul psikoaktif yang dapat membuat pemakan cokelat merasa nyaman. Beberapa kandungan cokelat seperti kafein, theobromine, methyl-xanthine, dan phenylethylalanine dipercaya dapat memperbaiki mood dan mengurangi kelelahan sehingga bisa digunakan sebagai obat anti-depresi. Dan berikut merupakan beberapa manfaat lain dari buah cokelat apabila Anda konsumsi secara rutin

Manfaat Buah Coklat untuk Kesehatan dan Kecantikan

Nah, kira-kira apa saja manfaat buah coklat untuk kesehatan yang lainnya? Berikut ini kami rangkum dari berbagai sumber untuk anda:
23 Manfaat Buah Coklat untuk Kesehatan dan Kecantikan Alami

1. Manfaat Coklat untuk Kolesterol Tinggi

Manfaat buah coklat yang pertama adalah untuk mengatasi kolesterol, hal ini dikarenakan kandungan flavonoid yang memiliki kemampuan antioksidan yang dikenal bermanfaat menurunkan jenis kolesterol buruk, LDL. LDL merusak arteri dan dapat meningkatkan peluang kita terkena penyakit jantung atau serangan jantung. 

2. Manfaat Coklat untuk Tekanan Darah Tinggi

Selanjutnya, buah coklat juga bermanfaat untuk mengatasi tekanan darah tinggi. Kandungan flavanols pada buah coklat dapat menurunkan tekanan darah. 

3. Manfaat Coklat untuk Diabetes

Kini diabetes sangat mudah menyerang siapa saja yang memiliki pola hidup tidak sehat. Nah dengan mengkonsumsi kakao anda dapat mengatasinya. Makan coklat hitam dalam jumlah sedang telah diketahui dapat meningkatkan pengolahan gula darah, yang dapat mengurangi resiko diabetes.

4. Manfaat Coklat untuk Batuk

Para ahli telah menemukan bahwa theobromine, senyawa yang ditemukan pada kakao, dapat mengurangi batuk dengan memengaruhi ujung saraf sensorik dari saraf vagus yang berjalan melalui saluran udara di paru-paru.

5. Manfaat Coklat untuk Penyakit Hati

Penderita penyakit hati mendapat keuntungan dari cokelat karena senyawanya yang kaya antioksidan telah diketahui dapat mengurangi tekanan darah tinggi dalam hati dan mengurangi kerusakan pada pembuluh darah hati.

6. Manfaat Coklat untuk Penggumpalan Darah

Mereka yang makan cokelat diketahui lebih lambat dalam pengggumpalan darah ketika dilakukan transfusi. Hal ini membantu mencegah penggumpalan darah yang dapat menyebabkan serangan jantung.

7. Manfaat Coklat untuk Mencegah Kanker

Meskipun cokelat tidak dapat menyembuhkan kanker, tetapi memiliki manfaat pencegahan seperti mengurangi kerusakan sel yang dapat menyebabkan pertumbuhan tumor. 

8. Manfaat Coklat untuk Menangkal Radikal Bebas

Kegunaan buah coklat adalah antioksidan. Khasiat antioksidan yang terkandung dalam biji kakao fiavonoid sebanding dengan 6 buah apel atau 4,5 cangkir teh. Dengan mengkonsumsi banyak kakao / coklat secara teratur, akan membantu menangkal radikal bebas dalam tubuh kita.

9. Manfaat Coklat untuk Mencegah Risiko Penyakit Jantung Koroner

Kandungan Polyphenol yang ada dalam coklat dapat berfungsi sebagai antioksidan dalam jumlah yang sangat tinggi. Senyawa phenolik juga dapat menurunkan resiko penyakit

10. Manfaat Coklat untuk  Sindrom Kelelahan kronis

Lebih baik makan coklat untuk meningkatkan tingkat energi. daripada minum soda atau kopi ketika merasa lelah, Dalam dosis kecil, kafein dalam coklat akan memberikan manfaat untuk mencegah kelelahan kronis.

11. Manfaat kakao untuk Stroke

Senyawa yang mengandung flavanol yang ditemukan dalam coklat, yang disebut epicatechin, telah ditemukan untuk menjaga terhadap kerusakan stroke. 

12. Manfaat Coklat untuk Menurunkan Berat Badan

Berbeda dengan manfaat buah-buahan yang memang terkenal baik untuk menjaga berat badan, mengkonsumsi coklat menjadi ketakutan sendiri bagi orang yang sedang melakukan program diet. Pada penelitian yang dilakukan oleh University of Copenhagen ini menghasilkan penemuan bahwa coklat hitam memberikan perasaan yang lebih kenyang. Ini artinya cukup efektif untuk membantu menurunkan berat badan.

13. Manfaat Coklat untuk Proteksi Sinar matahari

Proteksi terhadap sinar matahari ini telah dilakukan penelitian oleh peneliti London mengenai kandungan flavanol. Pengujian dilakukan selama 3 bulan dengan mengkonsumsi coklat, yakni mengembangkan bahwa efek memerah yang menunjukkan awal luka bakar. Namun coklat yang rendah flavanol tidak mendapatkan perlindungan matahari yang sama.

14. Manfaat Coklat untuk Mengatasi Diare

Kabanyakan kita hanya mengetahui sejumlah tanaman yang memberikan dukungan terhadap pengobatan diare. Padahal sejarah budaya Amerika Selatan dan Eropa sejak abad ke-16, memberikan pengobatan diare dengan kakao. Kemudian hal ini diperkuat oleh penelitian Ilmu pengetahuan modern. Para ilmuwan di Rumah Sakit Anak Oakland Research Institute menemukan bahwa flavonoid di dalam kakao, akan mengikat protein yang mengatur sekresi cairan dalam usus kecil dan berpotensi menghentikan diare.

15. Manfaat Coklat untuk Meningkatkan Kecerdasan Otak

Jika berada pada situasi proyek kerja, yang cukup memberikan tekanan, ada baiknya untuk mengkonsumsi coklat hitam. Coklat tidak hanya akan membantu mengurangi efek stres terhadap lingkungan, tapi juga akan meningkatkan kekuatan otak ketika sedang benar-benar dibutuhkan. Kondisi ini ditemukan oleh para peneliti dari A University of Nottingham, yang  menemukan bahwa minum kokoa kaya flavanol berpengaruh dalam peningkatan  aliran darah ke bagian-bagian kunci dari otak selama 2 sampai 3 jam. Hal ini dapat meningkatkan kinerja dan kewaspadaan oak tdalam jangka pendek.

16. Manfaat Coklat untuk Kesehatan Mata

17. Manfaat Coklat untuk Anti Depresi

18. Manfaat Coklat Karena Kandungan lemak rendah

19.Manfaat Coklat untuk Kekuatan Tulang

20. Manfaat Coklat untuk Regulasi detak jantung

21. Manfaat Coklat untuk Menyeimbangkan zat-zat kimia di dalam otak

22. Manfaat Coklat untuk Memperbaiki mood yang rusak

Dalam buah coklat terdapat kandungan kafein, theobromine, methyl – xanthine dan phenylethylalanine yang alami. Semua kandungan ini memiliki manfaat yang sangat baik bagi tubuh kita, terutama dalam hal memperbaiki kondisi pikiran – pikiran tubuh dan memiliki sifat menenangkan, sehingga dapat memperbaiki mood seseorang. Kondisi mood yang buruk akan dapat teratasi dengan mengkonsumsi berbagai produk olahan buah coklat, terutama yang memiliki kandungan coklat murni yang tinggi

23. Manfaat Coklat untuk Mencegah penuaan dini

Penuaan dini termasuk salah satu hal yang paling merepotkan terutama oleh kaum perempuan yaitu terjadinya proses penuaan alias aging. Banyak wanita yang kerepotan mencari terapi apa yang pas untuk mengurangi penuaan yang muncul. Namun, jawabannya sebenarnya mudah, yaitu konsumsilah coklat. Minyak esensial yang terkandung dalam coklat mampu memberikan efek anti aging yang luar biasa dan dapat mengurangi tanda – tanda penuaan pada tubuh.

Bagaimana? Sangat luar biasa sekali bukan manfaat coklat untuk kesehatan? Jangan ragu lagi untuk mengkonsumsi. Manfaat di atas merupakan manfaat buah dan olahan coklat yang bisa anda konsumsi langsung. Itulah 23 Manfaat Buah Coklat untuk Kesehatan dan Kecantikan Alami yang bisa kami bagikan kali ini, semoga bermanfaat untuk pembaca semua. Jangan lupa juga untuk membagikan artikel ini kepada yang lainnya agar mereka juga merasakan manfaatnya. Baca juga 12 Manfaat Terong untuk Kesehatan

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More