Selamat datang, terima kasih atas kunjungannya. Salam perdamaian

Manfaat Buah Duwet

buah duwetApakah Anda pernah makan buah duwet? Ya, buah duwet adalah salah satu jenis buah yang mulai dikenal di Indonesia sejak tahun 1911. Tanaman ini pada awalnya tumbuh subur di kawasan Asia Selatan dan masuk ke Indonesia dari beberapa pedagang India. Penyebaran pohon duwet terjadi sangat cepat karena mudah tumbuh di kawasan tropis seperti Indonesia.
Duwet memiliki bentuk buah yang terlihat seperti anggur, dengan karakter warna ungu kehitaman. Buah pada bagian batang akan berkelompok dan sangat menyenangkan untuk dipetik. Tapi sekarang buah duwet mungkin hanya ditemukan dalam jumlah yang lebih sedikit karena banyak pohon yang mulai di tebang. Di beberapa pasar tradisional buah duwet bisa ditemukan pada bulan September hingga Oktober. Tapi ternyata sekarang buah duwet banyak dicari karena terbukti bisa menyembuhkan beberapa jenis penyakit dan manfaat pohonnya secara keseluruhan. Berikut ini adalah beberapa manfaat tanaman duwet yang perlu Anda ketahui.
Rasa Buah Duwet
Buah duwet memiliki karakter rasa yang sangat manis dan rasa lengket yang sedikit sepat dan asam. Buah duwet akan terlihat seperti buah anggur dengan warna ungu kehitaman. Buahnya memiliki kulit yang sangat mengkilap dengan warna daging buah putih. Zat pektin yang terkandung dalam daging buah biasanya akan meninggalkan warna ungu pada lidah. Jadi buah duwet sangat enak untuk dimakan dengan berbagai kandungan nutrisi yang bisa ditemukan pada daging buah. Berikut ini adalah manfaat buah duwet.
1. Jus Buah Duwet untuk Mengatasi Masalah Pencernaan
Jika Anda memiliki masalah sakit pencernaan seperti sakit perut dengan gejala kembung dan sulit untuk buang angin maka Anda bisa memakai buah duwet sebagai obat manjur. Buat jus dari buah duwet yang sudah dipisahkan dengan bijinya. Kandungan senyawa gula dalam buah duwet mampu mengatasi gangguan sakit perut. Jika Anda tidak sempat membuat jus buah duwet maka konsumsi buah duwet segar juga ampuh untuk menghilangkan kembung.

2. Mengatasi Sembelit dengan Buah Duwet
Ekstrak buah duwet yang dicampur dengan kulitnya ternyata juga berkhasiat untuk mengatasi sembelit. Buah duwet juga mengandung serat sekitar 0,9 gram/100 gram yang bisa membantu sistem kerja usus. Bahkan bagi orang yang mengalami pendarahan usus yang ditandai dengan keluarnya darah bersama feses bisa memakai jus buah dan kulit duwet sebagai obat tradisional.
3. Duwet Menjadi Sumber Energi Tubuh
Buah duwet sangat menyegarkan dengan rasa manis dan asam . Bahkan buah duwet selalu meninggalkan rasa asam dan sepat bagi lidah. Selain itu dalam setiap 100 gram buah duwet mengandung 0,132 g protein , 0,5 g lemak , dan karbohidrat 15 g. Karbohidrat dan protein bisa menjadi sumber energi yang baik karena buah duwet bisa membantu pemecahan pati menjadi zat gula. Jadi, saat cuaca panas dan Anda membutuhkan energi maka ambil saja beberapa butir buah duwet yang menyegarkan.
4. Duwet Menjaga Kesehatan Tulang dan Gigi
Tahukan Anda bahwa dalam 100 gram buah duwet segar mengandung berbagai macam nutrisi yang sangat penting untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi. Beberapa nutrisi tersebut adalah 16 mg kalsium, 36 mg magnesium, 16,7 mg pospor, dan 1,7 mg zat besi. Kalsium, magnesium, pospor dan zat besi adalah nutrisi yang bisa menjaga sistem kepadatan tulang dan mencegah gigi berlubang. Beberapa orang yang memiliki masalah dengan kekurangan kalsium selalu mudah terkena resiko penyakit tulang seperti radang sendi dan osteoporosis saat lanjut usia. Bagi wanita sangat disarankan untuk konsumsi buah duwet agar terhindar dari resiko penyakit kerapuhan tulang.
5. Duwet Mendukung Pembentukan Sel Darah Merah
Produksi sel darah merah dalam tubuh memiliki pengaruh yang sangat besar. Kekurangan sel darah merah dapat menyebabkan anemia, gangguan emosi, pola konsentrasi yang rendah dan tubuh yang lebih lemah. Konsumsi buah duwet 100 gram sehari bisa mencukupi kebutuhan tubuh untuk memproduksi sel darah merah. Hal ini disebabkan karena buah duwet mengandung zat besi yang mudah diterima oleh tubuh.
6. Menjaga Kesehatan Jantung
Siapa yang mengira bahwa dalam buah duwet yang kecil dan manis itu ternyata mengandung 23 mg sodium dan 56 mg kalium dalam setiap 100 gram. Sodium dan kalium sangat berperan untuk mengendalikan otot jantung, membantu mengatur detak jantung dan menghindari berbagai macam resiko penyakit karena serangan jantung. Jika Anda mengkonsumsi buah duwet segar secara rutin maka setidaknya Anda bisa mencukupi kebutuhan kalium dan sodium bagi tubuh. Untuk mendapatkan manfaat yang penuh maka Anda bisa makan buah duwet segar atau jus buah duwet yang dicampur dengan kulitnya. Rasanya yang manis dan sedikit asam akan sangat segar untuk musim panas.
7. Duwet Menjaga Kesehatan Mata
Apakah Anda memiliki masalah dengan kesehatan mata? Mata rabun bisa membuat aktivitas kita menjadi sangat terganggu. Namun jika Anda ingin memakai pengobatan alami maka cukup konsumsi buah duwet secara rutin setiap hari. Meskipun Anda hanya dapat menemukan buah duwet saat musimnya, namun dalam setiap 100 gram buah duwet ternyata ditemukan sekitar 81 IU vitamin A. Vitamin A terbukti sangat baik dalam mendukung kesehatan mata, meringankan resiko penyakit rabun dan mengurangi resiko kebutaan karena katarak.
8. Duwet Mencukupi Asupan Vitamin B
Secara umum buah duwet yang memiliki rasa manis dan asam serta meninggalkan rasa yang khas di lidah ternyata juga mengandung vitamin B1, B2, B3 dan B9. Keempat jenis vitamin ini diperlukan tubuh untuk melakukan beberapa fungsi penting. Konsumsi buah duwet yang paling baik untuk mendapatkan manfaat vitamin B tersebut adalah menjadi buah segar, camila atau jus. Berikut ini manfaat, jumlah kandungan dan jumlah kebutuhan masing-masih vitamin B pada buah duwet.

  • Vitamin B1 (0,04 mg/ 100 gram). Jumlah kebutuhan 1mg/hari untuk laki-laki dan 0,8 mg / hari untuk wanita. Manfaat vitamin B1 yang terdapat buah duwet adalah untuk membantu tubuh dalam mendapatkan energi terutama dari asupan karbohidrat, menjaga sinyal kerja antara otak, otot dan sistem syaraf.
  • Vitamin B2 (0,02 mg/ 100 gram). Jumlah kebutuhan 1,3 mg/ hari untuk laki-laki dan 1,1 mg/hari untuk perempuan. Manfaat vitamin B2 untuk tubuh adalah membantu tubuh dalam menjalankan proses metabolisme sehingga menghilangkan timbunan lemak dari tubuh. Selain itu vitamin B2 juga bekerja untuk memperbaiki kesehatan kulit dan rambut. Bagi anak-anak vitamin B2 juga penting untuk mempengaruhi sistem kerja otak.
  • Vitamin B3 (0,3 mg/100 gram). Jumlah kebutuhan untuk wanita sekitar 13 mg/hari dan laki-laki sebesar 17 mg/hari/. Peran vitamin B3 untuk tubuh adalah untuk membantu sirkulasi darah dan mengatur sistem kerja hormon tubuh serta membantu tubuh dalam mengolah karbohidrat menjadi energi.
  • Vitamin B9 / asam folat (3 mcg/ 100 gram). Jumlah kebutuhan 0,4 mg/ hari untuk wanita hamil. Asam folat sangat berperan untuk membentuk kesehatan otak dan syaraf tulang belakang pada janin yang masuk dalam trimester pertama. Buah duwet yang segar bisa membantu tubuh dalam memenuhi kebutuhan asam folat bagi ibu hamil dan mengurangi rasa mual yang berlebihan pada pagi hari.
9. Mengatasi Sakit Perut dengan Buah Duwet
Buah duwet yang masih segar mengandung senyawa antosianin, kaemferol dan asam elagik yang ternyata sangat berkhasiat untuk membantu sirkulasi pencernaan, fungsi usus dan membantu menurunkan masalah tekanan darah tinggi. Anda bisa mengkonsumsi buah duwet yang masih segar. Tapi ingat sebelumnya untuk mencuci hingga bersih sehingga buah duwet terbebas dari bakteri atau kuman.
10. Membantu Pengobatan Gangguan Limpa
Penyakit pembesaran limpa dapat terjadi karena ada sistem tubuh yang mengatur hormon untuk fungsi limpa tidak bekerja dengan benar. Penyakit ini biasanya disertai dengan beberapa gejala seperti rasa sakit pada bagian ulu hati, rasa tidak nyaman pada perut, berkurangnya nafsu makan dan berat badan yang menurun drastis. Pengobatan memakai campuran jus buah duwet segar dan madu untuk mengatasi gangguan limpa ternyata telah dimulai dari China dan India. Kandungan penghilang rasa sakit dan menetralkan hormone ternyata sangat ampuh. Anda bisa mencampur 50 gram buah duwet yang sudah dipisahkan dari biji dan haluskan bersama 3 sendok madu.
11. Duwet Mengobati Sakit Batuk
Mengobati penyakit batuk menahun yang sulit untuk sembuh ternyata juga bisa memakai buah duwet segar. Percaya atau tidak percaya pengobatan ini sudah dimulai sejak ratusan tahun lalu di daerah pedalaman Madagaskar. Buah duwet yang masih segar mengandung vitamin C dan senyawa antioksidan yang ternyata dapat melawan bakteri atau infeksi kuman penyebab batuk parah. Anda bisa memakai campuran buah duwet segar dengan madu sebagai pengganti obat batuk sirup.
12. Duwet Menjaga Tubuh dari Serangan Radikal Bebas
Radikal bebas dapat menyerang tubuh dari berbagai sumber seperti zat polutan, sayuran yang mengandung pestisida dan berbagai macam bahan makanan yang mengandung bahan kimia seperti pengawet dan perasa buatan. Radikal bebas dapat menyebabkan berbagai macam penyakit degeneratif seperti kanker, tumor dan masalah pada jantung. Sementara itu buah duwet bisa menjadi penangkal ampuh radikal bebas karena mengandung flavonoid. Manfaat senyawa flavonoid dari buah duwet segar terbukti ampuh mengatasi serangan radikal bebas dan perlindungan terhadap enzim tubuh yang mengandung antioksidan. Jadi ketika musim buah duwet Anda bisa memakainya sebagai buah yang sangat baik untuk mengurangi potensi penyakit kanker dan penyakit lain.
13. Menurunkan Kadar Gula pada Penderita Diabetes
Penyakit diabetes menjadi salah satu penyakit yang sangat mengerikan. Penyakit ini disebabkan karena organ yang memproduksi hormon insulin tidak bekerja sehingga tubuh tidak bisa mengatur kadar gula dalam darah. Makanan yang mengandung karbohidrat tinggi dan gula membuat tubuh memproduksi kadar gula yang sangat tinggi. Pengobatan diabetes dengan memakai buah duwet telah dimulai di kawasan India dan sekarang mulai dipercaya di Inggris. Buah duwet yang telah diolah menjadi sirup atau jus murni bisa membantu menurunkan kadar gula dalam darah dan tidak memiliki efek samping.
14. Mengatasi Sakit Kepala dengan Buah Duwet
Sakit kepala memang akan membuat tubuh menjadi kurang nyaman. Gangguan sakit kepala dengan berbagai macam sebab juga bisa menganggu aktivitas. Dalam sebuah jurnal Tradition Medicine edisi 101 vol 2, terungkap bahwa pengobatan sakit kepala dengan memakai buah duwet terbukti sangat efektif. Kandungan zat astringen yang ditemukan buah duwet meringankan sakit kepala dengan berbagai tingkat keparahan. Selain itu buah duwet segar juga memberikan efek segar sehingga penderita sakit kepala merasa lebih nyaman. Disarankan untuk mengkonsumsi buah duwet segar sebagai camilan bagi penderita sakit kepala.
15. Meningkatkan Nafsu Makan
Masalah gangguan nafsu makan bisa dialami oleh siapa saja, baik orang tua maupun anak-anak. Penyebabnya sangat bervariasi mulai dari gangguan pencernaan, sakit perut, sembelit, dan penyakit lain. Namun konsumsi buah duwet yang masih segar ternyata sangat baik untuk memperbaiki sistem pencernaan sehingga bisa meningkatkan nafus makan. Anda bisa mengkonsumsi buah duwet segar sebanyak 50 gram dicampur dengan air gula atau madu. Setelah itu perut Anda akan terasa nyaman dan nafsu makan akan meningkat.
16. Mengatasi Sakit Lambung
Masalah penyakit lambung seperti maag memang sangat mengganggu. Perut akan terasa kurang nyaman dan bila diisi dengan makanan maka akan terasa perih. Di India pada jaman dahulu penyakit lambung atau maag bisa diobati dengan jus buah duwet yang sudah dipisah dari biji dan kulitnya dan telah disimpan selama 5 hari. Berbagai senyawa yang bekerja untuk memulihkan kondisi lambung akan semakin meningkat selama masa penyimpanan. Anda bisa menggunakan jus buah duwet ini untuk mengobati penyakit maag dan juga gangguan pencernaan lain.

Daun Pohon Duwet

Daun pohon buah duwet memiliki aroma khusus dari getah terpentin. Bentuk daunnya terlihat lonjong dengan ukuran sekitar 5 hingga 10 cm dengan lebar sekitar 4 cm. Namun untuk pohon yang berukuran lebih dari 30 meter bisa memiliki ukuran daun yang lebih lebar. Daun yang masih kecil berwarna cerah, namun akan berubah hijau ketika sudah berukuran lebih lebar. Daun buah duwet akan berkelompok sesuai dengan kelompok batang. Tapi, apakah daun pohon buah duwet memiliki manfaat untuk kita. Ternyata pemakaian daun pohon buah duwet bahkan telah dipercaya di India, Brazil dan menyebar hingga Inggris. Berikut ini manfaat daun pohon buah duwet yang perlu Anda ketahui.
1. Makanan Ulat Sutra
Di daerah India pedalaman ulat sutra tidak diberikan makanan seperti daun murbei. Kawasan ini bisa memakai daun pohon buah duwet sebagai makanan ulat sutra. Menurut mereka kandungan protein, serat, kalsium dan lemak pada daun pohon duwet memiliki pengaruh terhadap benang sutra yang dihasilkan oleh ulat sutra.
2. Menjaga Kesehatan Kebersihan Gigi
Menjaga kesehatan dan kebersihan gigi dilakukan dengan memakai pasta gigi. Namun di kawasan daerah pedalaman Zanzibar mereka menggunakan daun pohon buah duwet untuk membersihkan gigi secara teratur. Mereka percaya bahwa kandungan abu kasar dan fosfor dalam daun pohon duwet bisa membantu menjaga kesehatan gigi, menjaga kebersihan gigi dan mencegah gigi dari kuman yang bisa menyebabkan gigi berlubang. Daun pohon buah duwet akan dihancurkan dan dicampur dengan air hingga menjadi pasta lalu digunakan untuk menggosok gigi.
3. Aroma Pewangi untuk Bahan Sabun dan Parfum
Daun pohon buah duwet juga mengandung minyak esensial yang bisa digunakan untuk memberikan aroma pada parfum atau sabun. Kandungan ini ditemukan dalam senyawa mono hidorkarbon dan terpentin yang bisa diperoleh dengan cara penyulingan. Pengembangan sabun dan parfum dengan aroma spesial ini telah dikembangkan oleh Brazil.
4. Pengobatan Diabetes
Pengobatan tradisional di daerah Brazil juga memanfaatkan daun pohon buah duwet. 8 lembar daun pohon buah duwet bisa direbus dengan 1 liter air dan sisakan hingga satu gelas saja. Tambahan air rebusan daun pohon duwet dengan satu sendok makan madu murni bisa menurunkan kadar gula darah.
5. Pengobatan Gigitan Kaki Seribu/ Kelabang
Racun karena gigitan kelabang atau kaki seribu memang sangat menyakitkan. Jika Anda terkena gigitan kelabang maka gunakan daun pohon buah duwet yang efektif mengeluarkan dan menawarkan racun kelabang. Tumbuk 2 buah daun pohon buah duwet hingga halus dan tempelkan pada bekas gigitan kelabang. Kandungan tannin dan enzim esteras ternyata sangat efektif untuk mencegah dampak gigitan kelabang.
6. Obat Gangguan Pencernaan
Gangguan pencernaan berupa sakit perut karena diare, gangguan usus dan lambung ternyata bisa diobati dengan daun pohon buah duwet. Anda bisa mengambil 4 lembar daun pohon buah duwet yang masih muda dengan warna yang lebih cerah dan giling dengan satu cangkir susu kambing murni. setelah itu saring untuk membersihkan semua bekas daun pohon buah duwet. Ramuan ini sangat efektif untuk mengatasi masalah gangguan pencernaan. Ini adalah ramuan alami khas negara Brazil.
Pohon buah duwet banyak memiliki manfaat untuk kehidupan manusia. Manfaat pohon buah duwet bisa didapatkan dari mulai buah segar, daun hingga batang atau pohon buah duwet. Di China dan India pemakaian pohon buah duwet juga banyak membantu pertanian dan perikanan karena bisa dimanfaatkan untuk membuat balok kapal maupun balok untuk pertanian. Jadi, buah duwet tidak hanya segar namun juga memberikan manfaat yang sangat besar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More