Manfaat Buah Jeruk Nipis ~ Putra Gantiwarno
Selamat datang, terima kasih atas kunjungannya. Salam perdamaian

Manfaat Buah Jeruk Nipis

Manfaat Jeruk Nipis | Jeruk Nipis adalah salah satu varian jeruk berukuran kecil dengan memiliki warna hijau yang sangat akrab dengan para ibu rumah tangga. Biasanya jeruk nipis menjadi salah satu dari bumbu penambah rasa di dalam masakan. Air buah jeruk nipis ini seringkali dipakai dalam menetralisir bau amis pada beberapa bahan makanan. Akan tetapi siapa yang menyangka, ternyata banyak manfaat dan khasiatnya dalam sebuah jeruk nipis. Mari kita membahas berbagai macam manfaat jeruk nipis dan khasiatnya.
Kemudian terdapat manfaat jeruk nipis untuk dapat merawat kulit wajah dan mengecilkan perut (diet) sudah banyak membantu orang. Anda akan dapat merasakan manfaat atau khasiat dari buah jeruk nipis jika mengetahui di dalamnya terdapat banyak sekali kandungan senyawa yang memiliki vitamin untuk menjaga kesehatan tubuh dari dalam.
Buah ini memiliki kandungan vitamin C yang paling tinggi dimana sudah dikenal oleh masyarakat dunia ketimbang jenis jeruk yang lainnya. Dengan kandungan jeruk nipis lain semisal vitamin, lemak, protein, serat pangan, asam folat, kalsium, karbohidrat, vitamin C, vitamin B (B1, B2, B3, B5) dan mineral seperti magnesium, kalium, seng, gula, fosfor dan zat besi. Kemudian terdapat juga kandungan asam sitrat yang menghadirkan rasa asam.

Manfaat Jeruk Nipis dan Khasiatanya untuk Kesehatan dan Kecantikan


manfaat jeruk nipis dan khasiatnya untuk kesehatan dan kecantikan
Pada buah jeruk nipis terdapat beberapa kandungan yang dapat membuatnya mempunyai sejuta manfaat yaitu:
Serat, Kalori dan Macronutrients
1 cangkir air jeruk nipis yang segar memiliki kandungan 1 gram protein, lemak sebanyak 0,17 gram yang termasuk 2 persen dari nilai harian yang ditetapkan oleh Amerika Serikat Food and Drug Administration berdasarkan diet 2000 kalori per hari. Memiliki kandungan sekitar 20 gram karbohidrat, 1 gram serat dan 60 kalori. Selain daripada itu, air jeruk nipis mempunyai jumlah lemak yang bebas dari kolesterol.

Nilai Micronutrient

Buah jeruk nipis memiliki kandungan yang kaya dengan vitamin C, 1 cangkir air jeruk nipis segar memiliki kandungan sekitar 73 miligram yang lebih dari 100 persen nilai harian vitamin C yang diperlukan oleh tubuh. Vitamin C sangat penting dalam pengembangan jaringan ikat tubuh, untuk penyembuhan luka dan menyupport dinding pembuluh darah. Buah jeruk nipis memiliki kandungan mikronutrien yang penting lainnya dalam jumlah yang lebih kecil, termasuk magnesium, fosfor, vitamin A, kalium dan vitamin B.

Kaya Flavonoid

Flavonoid merupakan pigmen yang memberikan warna tanaman mereka. BUah jeruk dan jus mereka kaya dengan flavonoid yang bertindak sebagai antioksidan kuat. Antioksidan dapat membantu dalam melindungi tubuh anda dari radikal bebas, yang termasuk molekul tak stabil dimana merusak sel-sel sehat. Menurut Linus Pauling Institute, diet kaya flavonoid terkait dengan suatu penurunan resiko penyakit kardiovaskular, penyakit saraf degeneratif seperti penyakit parkinson, alzheimer dan kanker.

Kandungan asam Sitrat

Asam sitrat inilah yang dapat membuat rasa asam getir dari jeruk nipis yang akan memberikan perlindungan dari tubuh. Pada sebuah penelitian yang menyelidiki kegiatan antibakteri dari air jeruk nipis terhadap spesies bakteri yang berbahaya, air jeruk nipis dinilai efektif dalam mengurangi penyebaran bakteri karena adanya asam sitrat dalam jus.
Menurut sebuah artikel yang sudah diterbitkan dalam “Journal of Science Gizi dan Vitaminology” pada bulan April 2006. Hasil penelitian telah menunjukkan bahwa jeruk nipis segar efektif untuk mencegah infeksi bakteri tersebut.

Kandungan Mineral

Jeruk nipis memiliki kandungan sejumlah mineral sehat seperti kalium, kalsium, tembaga dan besi. Kalium yang ada dalam sebuah komponen penting dari sel dan cairan tubuh membantu dalam mengontrol detak jantung dan tekanan darah.

Manfaat Jeruk Nipis untuk Kesehatan Tubuh

Baik untuk Sistem Pencernaan

Jeruk nipis mempunyai aroma yang dapat membuat mulut menghasilkan air liur dan ini benar-benar dapat membantu sistem pencernaan. Keasaman alami akan dapat memecah molekul makro pada makanan. Kemudian flavonoid senyawa yang ditemukan di dalam minyak wangi yang diekstrak dari jeruk nipis, merangsang sistem pencernaan dan meningkatkan sekresi cairan pencernaan, asam dan empedu. Flavonoid juga dapat merangsang gerak peristaltik.
Hal inilah yang menjadi alasan mengonsumsi acar jeruk nipis dengan saat bersantap makan malam dan siang yang dilakukan di India dan berbagai negara yang di dunia.

Baik untuk Mencegah Diabetes

Menurut American Diabetes Association, bahwa jeruk nipis dan buah jeruk yang lainnya telah dianggap menjadi makanan super dalam menjaga diabetes. Terutama, serat laut yang tinggi ditemukan dalam jeruk nipis akan dapat membuat bantuan makanan yang ideal untuk bisa membantu mengatur penyerapan tubuh dari gula ke dalam aliran darah, mengurangi terjadinya lonjakan gula darah yang termasuk resiko serius untuk pasien diabetes.
Jeruk nipis dan buah jeruk yang lainnya mempunyai indeks glikemi rendah yang berarti bahwa mereka tak akan menyebabkan suatu kelonjakan tidak terduga pada kadar glukosa, selain manfaat efek serat larut tersebut.

Baik untuk Mengobati Penyakit Jantung

Serat larut yang sama bisa membantu bagi penderita diabetes, juga dapat menjaga kadar gula yang ada dalam darah. Membuat tekanan darah juga lebih rendah dan menghilangkan keberadaan kolesterol LDL (Kolesterol buruk). Selanjutnya, serat larut bisa mengurangi terjadinya peradangan pada pembuluh darah yang merupakan tindakan pencegahan yang dikenal terhadap penyakit jantung, stroke dan serangan jantung.

Menghindari Gangguan Pernapasan

Minyak Flavonoid yang diekstrak dari buah jeruk nipis secara umum dipakai pada obat-obatan anti-kongestif seperti alat penguap, balm dan inhaler karena adanya kaempferol. Hanya dengan menghirup aromanya maka bisa membantu dalam mengatasi rasa mual dan sesak.

Mengobati Radang Sendi

Salah satu dari banyak penyebab radang sendi adalah suatu kelebihan asam urat yang telah menumpuk pada tubuh. Asam urat merupakan salah satu produk limbah yang buang air kecil yang normal akan dapat membersihkan tubuh. Akan tetapi sayangnya, jika terlalu banyak maka hal tersebut dapat membuat rasa sakit dan peradangan dari arthritis bahkan lebih buruk.
Asam sitrat ditemukan pada buah jeruk seperti jeruk nipis merupakan pelarut dimana asam urat bisa larut, meningkatkan jumlah yang dieliminasi dalam urin. Buah jeruk pada umumnya mempunyai sifat anti inflamasi dan bisa dipakai untuk sejumlah peradangan.

Baik untuk Demam

Jika seseorang sedang menderita demam, maka air jeruk nipis bisa dijadikan sebagai obat alternatif. Buah jeruk secara umumnya bisa mengurangi demam yang tinggi, pasien bisa mengonsumsi jus lemon dan air. Akan tetapi, jika demam ringan dan sedang maka bisa mengonsumsi jus buah yang lainnya terutama jus jeruk seperti jeruk nipis, bisa diberikan dalam mengatasi demam supaya bisa turun kembali.

Obat untuk Asam Urat

Terdapat 2 penyebab utama penyakit asam urat. Sumber pertama yaitu akumulasi radikal bebas yang ada pada tubuh dan kedua yaitu akumulasi racun di dalam tubuh, seperti asam urat. Jeruk nipis bisa membantu dalam mencegah kedua penyebab ini. Ini adalah sumber antioksidan dan pendetoks (vitamin C dan Flavonoid) yang mengurang jumlah dari radikal bebas dan detoksifikasi tubuh.

Gangguan Kemih

Dengan adanya kandungan kalium yang tinggi dari jeruk nipis sangat efektif didalam menghilangkan zat beracun dan endapan yang dapat disimpan di kandung kemih dan ginjal. Sifat disinfektan pada jeruk nipis juga akan membantu dalam menyembuhkan infeksi pada sistem kemih. Selain daripada itu, bisa membersihkan penyumbatan air seni yang berasal dari endapan kalsium pada saluran kemih.

Sebagai anti Kanker

Jeruk nipis termasuk buah yang kaya dengan kandungan zat anti kanker yakni flavonoid dimana berperan dalam membunuh dan mencegah terjadinya kerusakan sel. Jadi tak ada salahnya jika anda mencoba untuk mengonsumsi jeruk nipis secara rutin dalam memperoleh hasil terbaik.

Media Pengobatan Herbal

Jeruk nipis memiliki kandungan zat herbal alami dimana baik untuk pengobatan berbagai macam jenis penyakit. Himpunan pengobatan tradisional dan akupuntur indonesia telah memberikan beberapa resep pengobatan penyakit dengan menggunakan buah jeruk nipis.
1. Obat Batuk – Air perasan jeruk nipis, lalu ditambah gula batu. Kemudian aduklah sampai merata. Diminum sebanyak 1 kali dalam sehari hingga si penderita menjadi sembuh.
2. Mengatasi Haid Kurang Lancar – Siapkanlah 3 sendok makan air jeruk nipis, kemudian tambahkanlah satu sendok makan madu dan seduh dengan 2 gelas air panas. Minulah selagi hangat, 3 kali dalam sehari.
3. Mengurangi Vertigo – Haluskanlah setengah genggam daun jeruk nipis, ditambah dengan 1 sendok air jeruk nipis. Kemudian balurkanlah pada dahi, pelipis dan tengkuk sebanyak 2 kali dalam sehari.
4. Menghilangkan Panu dan Kurap – Bersihkanlah segenggam akar landep dan tumbuklah secara halus. Kemudian tambahkan air perasan jeruk nipis dan aduklah sampai merata. Kemudian gosokkanlah pada bagian kulit yang terkena oleh panu atau kurap. Gunakanlah perban untuk dapat membalut luka. Lalu gantilah perban sebanyak 2 kali sehari hingga menjadi sembuh.

Kecantikan Kulit

Buah jeruk sangat dikenal karena memiliki pengaruh yang sangat menguntungkan pada area kulit. Air jeruk nipis, apakah dikonsumsi secara langsung atau dioleskan akan memberikan manfaat bagi kulit:

Menghilangkan noda Hitam

Air jeruk nipis sudah dianggap dapat menjadi agen pemutih yang alami karena memiliki sifat yang ringan pada kulit. Jeruk nipis bisa kita pakai dalam meringankan bintik-bintik gelap. Nah, berikut ini terdapat beberapa cara menerapkan manfaat buah jeruk nipis.
– Terapkanlah pada air jeruk nipis pada kapas dan oleskanlah pada bagian gelap di kulit dan biarkanlah sekitar 30 menit.
– Pastikanlah untuk tetap tinggal di dalam rumah dan hindarilah kontak langsung dengan sinar matahari karena air jeruk nipis bisa membuat kulit menjadi sensitif terhadap sinar matahari.
– Disarankan untuk dapat menerapkan tabir surya sebelum keluar dari rumah.

Jerawat dan Bekas Noda

Jerawat dan noda yang sudah disebabkan oleh adanya kotoran, minyak dan sel kulit mati yang menyumbat pada pori-pori wajah. Jerawat merupakan permasalahan yang seringkali terjadi pada orang dengan kulit yang cenderung berminyak. Selain daripada itu, bakteri yang hadir pada bagian por-pori wajah akan memperburuk terjadinya peradangan, meningkatkan kemerahan dan nyeri.
Sifat antibiotik pada jeruk nipis akan menghambat pertumbuhan bakteri yang dapat mengakibatkan jerawat. Untuk dapat menjaga jerawat, bisa dipadukan dengan menggunakan madu. Sementara untuk manfaat madu mempunyai sifat anti bakteri yang dapat mencegah terjadinya pertumbuhan bakteri, sifat asam dari buah jeruk nipis akan mengontrol kelebihan minyak.
Lakukanlah perawatan wajah tersebut pada setiap minggu untuk dapat menghilangkan bekas luka jerawat dapat diringankan dengan memijat pada area kulti wajah dengan air jeruk nipis yang segar.

Anti Penuaan

Perkembangan usia dan juga paparan sinar UV matahari akan membentuk melanin yang memiliki pengaruh terhadap warna di kulit. Kemudian akumulasi melanin pada kulit tersebut akan memuncukan bintik-bintik gelap dan menimbulkan tanda-tanda penuaan. Untuk memperoleh manfaat jeruk nipis dalam menghambat produksi melanin bisa dilakukan sebagai berikut:
– Kupas jeruk nipis dan gosoklah pada area kulit.
– Terapkanlah masker alami dengan menggunakan kulit jeruk nipis yang secara signifikan akan mengurangi pigmentasi berlebihan.

Mengencangkan Pori-pori

Astringent efektif dalam mengencangkan otot-otot sementara. Itulah alasan mengapa mereka sering dipakai pada produk kecantikan dan perawatan kulit untuk dapat meningkatkan penampilan pada kulit wajah. Minyak jeruk nipis mempunyai sifat astringent dan bisa dipakai dalam mengencangkan pori-pori sehingga akan dapat mengurangi produksi minyak untuk memberikan kulit yang lebih sempurna dan cerah.

Menghapus Kulit Mati

Asam sitrat hadir pada kulit jeruk nipis yang sangat bermanfaat untuk dapat mengelupaskan sel kulit mati. Jeruk nipis sering dipakai dalam perawatan kecantikan di spa dan pengobatan rumah untuk dapat meningkatkan kesehatan dan penampilan pada kulit wajah.

Kulit Bersinar

Untuk kulit yang bercahaya semua yang mesti dilakukan yaitu mengoleskan kulit dengan menggunakan segelas air hangat yang dicampur madu dan perasan air jeruk nipis pada setiap pagi secara teratur. Hal tersebut akan dapat memberikan cahaya alami pada kulit.

Mengatasi Flek Hitam

Paparan sinar matahari yang secara berlebihan bisa menimbulkan flek hitam pada kulit. Jeruk nipis bisa dipakai dalam menghapus flek ini secara efektif. Yang mesti dilakukan yaitu mencampur tepung dengan menambahkan beberapa air jeruk nipis di dalam campurannya. Kemudian oleskanlah pasta tersebut secara merat di kulit dan biarkan sampai mengering. Cucilah muka dengan menggunakan air dan keringkan. Perawatan wajah tersebut mesti dilakukan pada setiap hari munggu untuk memperoleh hasil yang lebih bagus.

Mengatasi Pori-pori Membesar

AStringent seringkali digunakan pada kecantikan dan perawatan kulit produk untuk dapat meningkatkan penampilan kulit wajah. Jeruk nipis mempunyai sifat astringent dan bisa dipakai dalam mengencangkan pori-pori. Hal tersebut untuk sementara mengurangi produksi minyak secara berlebihan untuk membuat kulit menjadi lebih cerah.

Menjaga Kelembaban Alami Kulit

Perasan jeruk nipis ditambah dengan putih telur maka bisa dijadikan masker jeruk nipis untuk dapat mempertahankan kelembaban kulit.

Menyehatkan Rambut

Meningkatkan Pertumbuhan Rambut

Jeruk nipis sangat bermanfaat untuk meningkatkan pertumbuhan rambut. Hal tersebut sudah dipakai dalam mengobati kebotakan, rambut menipis dan kerontokan rambut karena masalah usia. Nutrisi utama yang mendorong pertumbuhan rambut yaitu vitamin C, dimana hadir pada jeruk nipis dalam jumlah yang besar. Air jeruk nipis bisa kita gunakan dalam mengoptimalkan pertumbuhan rambut.

Membuat Rambut Menjadi Berkilau

Rambut yang berkilau sangat diidam-idamkan oleh semua wanita dan jeruk nipis bisa membuat rambut menjadi apa yang banyak orang memang inginkan. Air jeruk nipis yang dipakai bersama dengan madu dan campuran minyak zaitun sebelum mencuci rambut bisa memberikan kilau rambut alami. Jeruk nipis yang tergabung didalam shampoo bersama dengan bahan penting yang lainnya bisa membuat rambut menjadi bersinar dan halus.

Mencerahkan Warna Rambut

Seperti yang sudah dinyatakan sebelumnya bahwa air jeruk nipis mempunyai sifat keringanan alami. Jika anda ingin warna rambut menjadi lebih cerah tanpa memakai bahan kimia, maka air jeruk dapat menjadi pilihan. Yang mesti dilakukan yaitu menerapkan air jeruk nipis pada rambut dan duduk berada di bawah sinar matahari selama satu jam atau mengekspos rambut pada sinar matahari. Kemudian, bilaslah rambut. Perawatan ini akan dapat membuat rambut menjadi lebih cerah.

Menghilangkan Ketombe

Khasiat jeruk nipis banyak dipakai untuk masalah rambut seperti kerontokan dan rambut. Caranya pun cukup mudah, basuhlah rambut dengan menggunakan air hangat yang sudah dicampur dengan memakai air perasan jeruk nipis. Kemudian diamkanlah rambut sebentar dan bilaslah lagi dengan menggunakan air dingin sampai bersih, dianjurkan untuk membilas rambut dengan sampho yang memiliki kandungan jeruk nipis untuk bisa menambah kesegaran.

Manfaat Jeruk Nipis untuk Meningkatkan Kemampuan Imun Saat Cuaca Ekstrim

Musim dingin termasuk waktu yang paling rentang membuat tubuh menjadi terserang penyakit seperti batuk dan dingin. Vitamin C yang terdapat pada jeruk nipis dapat menjadi solusi yang tepat untuk membantu anda bisa tetap terjaga dari adanya serangan penyakit musiman, kandungan antioksidan seperti flavonoid akan dapat membantu menumpas virus supaya tubuh bisa tetap kembali fit dalam cuaca yang ekstrim.

Manfaat Jeruk Nipis untuk Menyeimbangkan pH Balance Tubuh

pH merupakan ukuran keseimbangan asam dan basa dalam tubuh, kondisi basa (alkali) menunjukkan tubuh berada pada kondisi sehat atau positif sedangkan asam atau acid akan menunjukkan tubuh itu berada dalam kondisi negatif atau kurang sehat. Normalnya, tubuh yang seimbang memerlukan 80 persen alkali dan sisanya yaitu 20 persen asam (acid) supaya tetap bisa stabil pada segala cuaca. Akan tetapi kebanyakan kita malahan terbalik pada pemenuhannya. Banyak makanan yang justru akan memicu peningkatan asam seperti es krim, kopi, gula, daging, cendol, roti dan nasi yang dikonsumsi.
Sementara itu untuk makanan seperti sayur atau buah yang membangun keseimbangan dengan memberi alkali seperti jeruk nipis itu malah kita jauhi atau sangat jarang dikonsumsi. Mungkin anda merasa bingung, mengapa jeruk nipis termasuk makanan yang beralkali. Alasannya, meskipun rasanya asam, jeruk nipis memiliki kandungan acid citric yang sangat bagus untuk kita konsusmi karena memberikan alkali yang cukup dimana natinya akan menyeimbangkan jumlah asam di dalam tubuh.

Manfaat Buah Jeruk Nipis untuk Memperbaiki Kesalahan Saluran Cerna

Penyakit ringan yang berkaitan dengan sistem pencernaan seperti diare dan sembelit bisa kita atasi dengan cara mengonsumsi air perasan jeruk nipis yang hangat. Kebiasaan ini akan dapat membuat usus bergerak secara baik untuk dapat melancarkan buang air besar dan menjaganya supaya bisa tetap stabil.

Manfaat Jeruk Nipis untuk Melarutkan ASam

Jeruk nipis dapat melarutkan asam urat secara alami sehingga seringkali disebut dengan obat asam urat herbal. Kehadiran asam sitratlah yang membawa manfaat di sini. Jika anda sedang bermasalah dengan asam urat, setiap sore dan pagi maka minumlah segelas air perasan buah jeruk nipis untuk dapat memperoleh manfaat jeruk nipis untuk kesehatan.
Selain asam urat, jus atau air perasan jeruk nipis secara bersamaan juga tergolong efektif dalam melakukan kegiatan detoksifikasi. Semua racun berbahaya yang terakumulasi di dalam tubuh akan segera dikeluarkan, sehingga tubuh menjadi lebih bugar dan sehat.

Manfaat Jeruk Nipis untuk Mengobati Masalah Lambung seperti Maag

Di negara Amerika, banyak dokter yang telah memberikan anjuran kepada penderita maag untuk dapat melakukan pengobatan herbal ringan dengan cara mengonsumsi jeruk lemon sebagai obat komplementer maag yang banyak membuktikan hasil baik dari segerombolan penderita.
Untuk dapat memebuat obat untuk mengatasi lambung maka anda bisa melihat tahapan-tahapannya sebagai berikut:
1. Siapkanlah sebutir buah jeruk lemon
2. Peras jeruknya dan campurkan dengan air perasannya dengan menggunakan sedikit air putih
3. Meminum campuran ini sebelum makan.
4. Setelah minum ramuan penyembuh maag alami ini maka anda segera dianjurkan untuk bisa makan tidak lama sesudahnya.

Manfaat Jeruk Nipis untuk Meningkatkan DAya Penglihatan

Dengan adanya kandungan antioksidan berupa vitamin C yang terdapat pada buah jeruk nipis sehingga memiliki manfaat atau khasiat sebagai pelindung mata dari infeksi dan iritasi. Adapun fungsi lain dari jeruk nipis yaitu obat sakit kepala karena adanya ketegangan mata, caranya dengan mengonsumsi air perasan jeruk.

Manfaat Jeruk Nipis untuk Mencegah Kanker</h3?

Jeruk nipis termasuk agen anti kanker yang bisa menurunkan resiko sebagian jenis kanker seperti lambung, usus besar dan leukimia. Kemampuan dalam menumpas sel kanker tersebut itu disebabkan karena adanya kandungan liminoid pada jeruk nipis yang juga memiliki peran saat menangkal radikal bebas dari dalam tubuh seperti manfaat teh hijau.

Manfaat Jeruk Nipis untuk Membunuh Cacing dalam Usus

Usus yang dijadikan hunian oleh cacing akan segera bermasalah. An dapat membunuh secara sekaligus mengeluarkan cacing dengan cara membiarkannya berkelahi dengan campuran air jeruk nipis dan air kepala muda. Dalam sehari anda dapat mengonsumsi sebanyak 3 kali pada jeda waktu yang sama dari pagi sampai malam.

Manfaat Jeruk Nipis untuk Mmenbunuh Bakteri

Manfaat Jeruk nipis selain membunuh cacing yaitu membasmi bakteri yang telah mempengaruhi kondisi kesehatan seseorang. Jenis penyakit yang bakteri sebagai penyebab utamanya bisa kita atasi dengan menggunakan jeruk nipis yaitu tipes, difter, kolera dan malaria.

Manfaat Jeruk Nipis untuk Menguatkan Pembuluh Darah

Sebagai buah yang kaya dengan vitamin C telah membuat jeruk nipis mempunyai daya desinfektan dan anti toksi yang sangat kuat terhadap racun mikroba. Vitamin C juga mampu membantu dalam memperkuat pembuluh darah supaya tak mudah patah atau rapuh sehingga tidak terjadi pendarahan kecil.
Jika kulit anda tergores pisau dengan luka yang kecil maka segeralah sembuhkan dengan cara mengusapkan daging pada buah jeruk nipis di permukaan kulit yang terkena mata pisau sekitar beberapa menit. Secara bertahap semua kandungan dalam jeruk akan bekerja sama dalam membersihkan luka akibat pisau. Pada pengobatan ini juga berlaku untuk kudis, hanya saja anda memerlukan bantuan bawang putih sebagai pelengkap

Manfaat Jeruk Nipis untuk Membantu Pengobatan Hipertensi

Sebagai penyuplai zat kalium, sudah tentu akan memberikan pengaruh secara positif seperti misalnya menurunkan tekanan darah para para penderita hipertensi. Pada buah ini secara langsung juga akan menampilkan keahliannya dalam mengurus penyakit kardiovaskular dengan cara mengaktifkan sirkulasi darah dan penyakit diabetes.

Manfaat Jeruk Nipis untuk Menyehatkan Ginjal

Pernahkan anda mendengar bahwa dengan banyak mengonsumsi air akan menyehatkan ginjal. Secara umum mungkin benar, akan tetapi tak semua jenis minuman itu cocok untuk dapat membuat ginjal bisa tetap sehat. Para pakar sudah memberikan rekomendasi minuman yang memang terbukti secara empiris bisa menyehatkan serta mengobati permasalahan yang berhubungan dengan ginjal.
Salah satunya yaitu air perasan jeruk nipis. Asam sitrat pada jeruk nipis bisa mencegah proses pengikatan mineral lain yang dilakukan oleh kalsium. Jika dibiarkan terjadi maka akan dapat memunculkan pengaruh buruk seperti hadirnya batu ginjal.
Pada suatu kasus yang ada di salah satu rumah sakit di Amerika Serikat, bahwa banyak pasien batu ginjal yang sudah dilarikan ke ruang gawat darurat. Satu dari 10 orang yang menderita batu ginjal yang krons. Dokter memberinya saran untuk membiasakan mengonsumsi air perasan jeruk nipis atau lemon sebanyak tiga kali sehari.

Manfaat Jeruk Nipis untuk Menurunkan Berat Badan

Manfaat jeruk nipis untuk diet (menurunkan berat badan) itu sudah terbukti sejak lama. Pemerhati diet seringkali menyarankan kepada penggiat diet supaya bisa mengawali hari dengan mengonsumsi secangkir air jeruk nipis yang hangat. Kandungan serat pangannya bisa membantu dalam menurunkan berat badan.

Manfaat Jeruk Nipis untuk Ibu Hamil dan Wanita Menopause

Dua masa yang pasti akan dialami oleh setiap wanita tersebut yang terkadang akan membuat banyak wanita menjadi lebih fokus pada kondisi kesehatannya. Berbagai nutrisi memang dibutuhkan saat hamil dan menopause. Anda dapat membantu memenuhi segala kebutuhan nutrisi seperti folat dan kalsium dengan cara mengonsumsi jeruk nipis segar yang setidaknya menyimapan sebanyak 22 mg kalsium dan 5 mikrogram folat.

Manfaat Jeruk Nipis untuk Mengobati Batuk

Salah satu obat batuk yang praktis dan sangat mudah dibuat yaitu jeruk nipis yang dicampurkan dengan beberapa bahan alami lainnya. Banyak versi obat batuk dari jeruk nipis. Anda dapat memilih yang dirasa suka dan memang benar-benar bisa menyembuhkan batuk yang anda telah alami.
Salah satu resepnya yaitu menyiapkan bahan berupa air perasan dari satu buah jeruk nipis, sedikit garam dan sesendok madu. Campurlah semua dalam sendok sampai garam larut, saring, minum ramuan sebanyak 2 sampai 3 kali dalam sehari. Jika tidak ingin repot maka anda cukup mencampurkannya dengan air perasan jeruk nipis menggunakan kecap.

Manfaat Jeruk Nipis untuk Meredakan Infeksi pada Tenggorokan

Terjadinya infeksi pada saluran tenggorokan atau istilah penyakitnya yaitu radang tenggorokan akan dapat membuat nafsu makan menjadi berkurang karena untuk dapat menelan makanan terasa tak nyaman. Jika dibiarkan, pasti akan memunculkan masalah lain.
Anda hanya butuh ramuan herbal dalam menyembuhkannya, misalnya dengan memakai ramuan herbal dari buah jeruk nipis. Pertama-tama, peraslah 3 buah jeruk nipis, kemudian campurkanlah dalam setengah gelas air panas. Selanjutnya tuangkanlah madu sebanyak 1 sendok madu dan aduklah sampai rata. Kemudian gunakanlah ramuan untuk berkumur sekitar 3 menit sebanyak 3 kali dalam sehari.
Jika anda ingin mengetahui cara menyembuhkan radang tenggorokan selain menggunakan buah jeruk nipis.

Manfaat Jeruk Nipis untuk Menurunkan Panas demam karena Malaria

Manfaat jeruk nipis sebagai obat demam atau panas karena malaria. Pertama, siapkanlah 3 lembar daun jeruk nipis, daun kendala, dan 5 lembar daun prasman. Rebuslah semua daun pada 3 gelas air sampai tersisa menjadi 1 gelas. Tunggulah digin, saring airnya, bagilah menjadi dua untuk bisa diminum pada setiap pagi dan sore.

Manfaat Jeruk Nipis untuk Mengencerkan Dahak Pada Tenggorokan

Ambillah 2 buah jeruk nipis yang segar, potong, peras dan kemudian tampung air dalam gelas. Larutkanlah sedikit garam, kemudian aduklah sampai merata. Minum sebelum makan. Jika ingin diberi perasa manis. Maka anda dapat menuangkan sesendok madu seudah melarutkan garam.

Manfaat Jeruk Nipis untuk Mengobati Sakit Gigi

Gilinglah akar kecubung hitam dan legetan warak sampai terkumpul masing-masing satu sendok makan. Setelah itu campurkanlah dengan menggunakan air jeruk nipis. Kemudian tambahkanlah 3/4 larutan garam pada ramuan tersebut, aduklah sampai tercampur. Setelah itu, saringlah ramuan dan gunakanlah airnya untuk berkumur selama beberapa menit. Dalam sehari lakukanlah sebanyak 4 sampai 6 kali.

Manfaat Jeruk Nipis untuk Mengobati Amandel Secara Alami

Manfaat jeruk nipis untuk mengobati amandel. Sediakanlah 3 buah jeruk nipis, ambillah kulitnya. Kemudian cucilah bersih, potong-potong, kemudian rebuslah dalam 2 gelas air hingga tersisa 3/4 nya. Sarign dan gunakanlah airnya untuk bisa berkumur beberapa menit sebanyak 3 sampai 4 kali dalam sehari

Manfaat Jeruk Nipis untuk Membantu Mengurangi Kebiasaan Merokok

Isaplah seiris demi seiris jeruk nipis. Kemudian minum air putih. Lakukanlah kebiasaan ini beberaka kali sehari secara rutin setiap hari sampai anda sadar bahwa keinginan untuk membakar tembakau sudah berkurang bahkan menghilang.

Manfaat Jeruk Nipis untuk Mengobati Bagian Tubuh yang terkilir

Buat minyak urut dari jeruk nipis untuk mengobati bagian tubuh yang cedera atau terkilir. Caranya, belah tiga buah jeruk nipis matang yang menyimpan banyak air. Setelah itu, masukkan ke dalam poci yang sudah diisi 1/2 cangkir air panas, tutup poci, biarkan proses penyeduhan berlangsung beberapa saat. Pada tempat yang sama, tambahkan 2 sendok makan minyak kayu putih dan minyak gandapura. Gunakan ramuan untuk memijat atau mengurut bagian yang terkilir. Sehabis dipjat, minumlah 3/4 gelas air kelapa hijau muda. Lakukan 3 kali sehari

Manfaat Jeruk Nipis untuk Mengurangi Bau Badan

Apakah Anda punya masalah dengan bau badan? Silahkan baca lebih lanjut mengenai cara menghilangkan bau badan.
Buatlah ramuan untuk mengurangi bau badan dari buah jeruk nipis. Caranya, potong satu buah jeruk nipis berukuran besar menjadi dua bagian, oleskan kapur sirih tipis-tipis pada kedua irisan jeruk. Oleskan ke lempitan kulit seperti ketiak dan leher bawah setelah mandi. Diamkan 5 menit sebelum dibilas, lakukan tiap pagi dan sore hari.

Manfaat Jeruk Nipis untuk Mengobati gangguan otak

Penyakit semacam vertigo dan parkinson, dimana secara kasar keduanya dapat didefinisikan sebagai halusinasi seseorang yang mengira bahwa terjadi hal aneh di sekitarnya, seperti ada yang berbicara di sampingnya yang pada faktanya tidak ada dan ruangan bergerak atau terasa berputar.
Kedua penyakit tersebut merupakan gangguan neurologis atau penyakit yang menyerang sistem saraf. Kondisi ini akan membuat seseorang bertingkah aneh, karena itu harus segera diobati. Mulailah dengan pengobatan berstatus ringan seperti memanfaatkan jeruk nipis.
Ambil segenggam jeruk nipis, remas-remas atau lumatkan. Tambahkan dengan sesendok air jeruk nipis, gosokkan remasan daun pada pelipis, dahi, tengkuk atau leher belakang hingga ramuan habis sebanyak 2 kali sehari.

Manfaat Jeruk Nipis untuk Mengatasi Menstruasi yang Tak Teratur

Manfaat jeruk nipis untuk mengobati haid tidak teratur. Ambil satu buah jeruk nipis, peras dan pastikan bahwa terkumpul tiga sendok air jeruk nipis. Campurkan semua air perasan dengan sesendok madu dan seduh dalam2 gelas air panas, aduk rata. Minum selagi hangat. Lakukan pengobatan 3 kali sehari.

Manfaat Jeruk Nipis untuk Mengurangi Rasa Capek atau Letih pada Beberapa Titik Tubuh

Buat ramuan dari 1/3 daun jeruk nipis, daun sambiloto, daun ketepeng cina, 10 lembar daun sirih, 2 jari akar kepayang, akar pepaya, 3 jari akar kelor, dan 10 buah cabai rawit. Tumbuk semua bahan hingga halus, rendam dalam 1 liter alkohol selama 7 hari. Peras airnya dan simpan dalam botol. Gunakan ramuan ini untuk menggosok atau mengurut bagian tubuh yang capek pasca bekerja.

Manfaat Jeruk Nipis untuk Mengembalikan Kebugaran Tubuh

Minum sebutir kuning telur ayam kampung, air perasan satu buah jeruk nipis, dan sedikit irisan gula merah sebanyak satu kali dalam seminggu agar stamina tubuh terisi kembali.

Manfaat Jeruk Nipis untuk Merelaksasi Otot Yang Tegang

ris jeruk nipis tipis-tipis, peras tiap irisan, dan tambahkan sedikit air biasa pada air perasan jeruk. Gunakan untuk menggosok bagian tubuh yang ototnya tegang atau terasa pegal.

Manfaat Jeruk Nipis untuk Mencegah Penyakit Jantung

Kandungan serat pangan yang juga dapat membantu penderita diabetes dengan menjaga kadar gula darah ternyata memberi reaksi ganda berupa penurunan tekanan darah dan mengurangi kolesterol LDL (kolesterol jahat) di dalam tubuh. Dengan begitu, maka penyakit jantung dan stroke akan menjauh dari Anda.

Manfaat Jeruk Nipis untuk Menyembuhkan Infeksi pada Sistem Kemih

Kalium dalam jeruk nipis bertindak sebagai agen pelepas racun dan endapan yang memiliki peluang tersimpan dalam kandung kemih. Hal ini akan mengganggu proses berkemih karena terjadinya penyumbatan urin pada saluran kemih. Jeruk nipis akan membantu pembersihan endapan zat pada kandung kemih.

Manfaat Jeruk Nipis untuk Mengobati Ambeien

Manfaat jeruk nipis dalam mengobati ambieien yaitu dengan cara menyiapkan 10 gram akar pohon jeruk nipis. Kemudian bersihkanlah kotoran yang menempel memakai air, selanjutnya rebus dalam 1 liter air sekitar 30 menit. Saring airnya dan minum selagi hangat sebanyak 3 kali dalam sehari.

Manfaat Jeruk Nipis untuk Mengatasi Anyang-Anyangan

Anyang-anyangan awal mula berasal dari Jawa sebutannya, merupakan kondisi di mana timbul keinginan untuk buang air kecil dengan frekuensi sering, tetapi air seni yang keluar tidaklah banyak sehingga tidak tuntas dan menyebabkan rasa ingin terus buang air kecil. Anyang-anyangan merupakan salah satu gejala infeksi saluran kemih yang bisa diobati dengan jeruk nipis.
Langkah pengobatannya: Peras dua buah jeruk nipis yang sudah dicuci, kemudian tambahkan gula batu secukupnya pada air perasan, keduanya Anda campur ke dalam 1 gelas air panas. Aduk dan minum hangat sehari sekali sampai masalah tuntas.

Manfaat Jeruk Nipis untuk Mengontrol Kadar Gula Darah

Diabetes membuat pada setiap penderita harus waspada terhadap minuman dan makanan yang hendak kita konsumsi. Tidak memperhatikan kandungan gula pada apa yang dikonsumsi dapat menghadirkan resiko serius bagi para penderita diabetes.
Jeruk nipis termasuk buah ideal yang dianggap oleh American Diabetes Association bisa mengatur penyerapan gula tubuh ke sistem sirkulasi darah, serta mengurangi terjadinya peningkatan kadar gula darah. Jeruk nipis mempunyai indeks glikemik rendah yang tidak menyebabkan peningkatan kadar glukosa di luar efek serat larut yang dimilikinya.

Manfaat Jeruk Nipis untuk Mengurangi Jumlah Produksi Keringat

Kulit wajah termasuk bagian yang paling rentang terserang permasalahan kulit. Oleh karena itu sangat penting untuk bisa memberikan perawatan secara ekstra yang aman pada wajah kalau memang ingin terhindar dari adanya permasalahan kecantikan seperti komedo, jerawat dan yang lainnya.
Kulit berminyak terjadi karena adanya pori-pori kulit terbuka lebar sehingga produksi minyak menjadi berlebihan. Anda dapat merasakan pengaruh negatif dalam waktu singkat jika anda sadar bahwa kulit wajah anda berminyak. JIka tidak ingin mendapatkan sesuatu yang buruk dari minyak berlebihan di wajah maka segeralah atasi dengan cara mengoleskan jeruk nipis pada bagian wajah secara rutin.
Berikut ini terdapat cara membuat masker wajah dari jeruk nipis
1. Ambillah satu buah jeruk nipis, kemudian cuci bersih. Selanjutnya potong menjadi dua bagian.
2. Gosokkanlah pada bagian dalam kulit jeruk nipis pada wajah yang sudah dibersihkan secara merata. Jika terdapat luka pada wajah, maka jangan dioleskan
3. Diamkanlah sekitar 10 menit sampai air terserap ke dalam pori-pori kulit, bilaslah dengan menggunakan air bersih.
Dalam sesaat anda akan merasakan wajah yang bebas minyak dalam jangka waktu yang lama.

Manfaat Jeruk Nipis untuk Meminimalisir jumlah Jerawat dan Memudarkan Bekasnya

Anda bisa mendapatkan wajah yang bebas jerawat dengan menerapkan perawatan yang sama seperti mengatasi kulit berminyak. Hanya saja bagian yang digunakan adalah air perasan jeruk nipis. Oleskan air jeruk menggunakan cotton bud pada jerawat dan bekasnya, diamkan 30 menit hingga mengering sebelum dibilas.
Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Anda bisa memadukan jeruk nipis dengan madu secukupnya. Kedua bahan ini kontribusinya di bidang kecantikan, terutama merawat kulit sudah banyak dibuktikan oleh para pakar kecantikan di seluruh dunia. Anda bisa menggabungkan keduanya sebelum dioles pada wajah.

Manfaat Jeruk Nipis untuk Mengencangkan dan Mencerahkan Kulit Wajah

Semua orang pasti mengidamkan wajah yang bersih, kencang, dan cerah layaknya putri keraton. Pasalnya, wajah yang bersih tanpa noda bisa menjadi modal untuk menuai kesuksesan di dunia bekerja. Namun yang menjadi permasalahan adalah untuk mewujudkan mimpi ini tidaklah mudah, butuh keseriusan dalam menjalani perawatan dengan masker jeruk nipis.

Manfaat Jeruk Nipis untuk Membuat Kulit Tampak Awet Muda

Usapkan air perasan jeruk nipis pada wajah untuk mengurangi tampilan kulit yang semakin menua seiring bertambahnya usia. Jangan lupa untuk diimbangi dengan perbanyak minum air putih agar tekstur kulit tetap lembut dan kenyal layaknya wanita usia 20-an.

Manfaat Jeruk Nipis untuk Mengurangi Kerontokan Rambut

Rambut rontok merupakan permasalahan yang normal dimana sering dihadapi oleh banyak remaja, yang membedakan yaitu jumlah rambut yang rontok. Jika sudah mencapai puluhan helai per hari maka hal tersebut menunjukkan terdapat masalah pada kesehatan rambut.
Anda dapat memulainya dengan pengobatan rambut rontok memakai air hasil perasan jeruk nipis secara teratur. Oleskanlah secara merat dan anda biarkan semalaman (dibiarkan sambil tidur). Saat di pagi hari, anda membilasnya sampai bersih menggunakan air. Lakukanlah terus hingga rambut rontok menjadi berkurang.

Manfaat Jeruk Nipis untuk Melebatkan Rambut

Rambut tipis akan terlihat seperti setengah botak, tentu penampilan akan terganggu dan rasa percaya diri akan memudar. Anda tidak perlu khawatir jika masalahnya hanya rambut tipis akibat jumlah rambut yang sedikit. Problem ini bisa Anda atasi dengan cara melebatkan atau menyuburkan rambut dengan bantuan jeruk nipis.
Adapun caranya sebagai berikut:
1. Sediakanlah sebanyak 1 buah jeruk nipis, belah dua, peras lalu ambil airnya.
2. Bakar merang padi yang secukupnya hingga menjadi labu.
3. Rendamlah abu merang pada air secukupnya selama semalaman. Kemudian saringlah.
4. Setelah itu, padukan air rendaman abbu merang dengan menggunakan air jeruk nipis. Lalu basuhlah kulit kepala sembari dipijat.
5. Lakukanlah setiap hari sampai terlihat perubahan.
Jika memang anda mengalami masalah pada rambut yang ketipisan atau keboakan maka lebih baik anda membeli produk penumbuh rambut yang terpercaya. Atau jika memiliki uang lebih maka lakukanlah transplantasi rambut karena memiliki hasil yang lebih bagus dan cepat.

Manfaat Jeruk Nipis untuk Menghilangkan Ketombe

Ketombe merupakan suatu bercak putih yang berada di rambut dimana dihasilkan dari adanya pengelupasan kulit mati secara berlebihan pada kulit kepala. Sel kulit mati yang terkelupas ini berwarna putih dalam jumlah yang banyak. Kehadirannya akan sangat mengganggu penampilan dan membuat seseorang tak merasa nyaman karena muncul rasa gatal yang sama dengan kutu.
Untuk dapat menghilangkan ketombe anda maka bisa mencoba manfaat jeruk nipis. Seperti perawatan jeruk nipis yang lainnya, gunakanlah jeruk nipis secara langsung pada kulit kepala, diamkanlah sekitar 30 menit, terakhir di bilas dengan menggunakan air dan shampoo. Lakukanlah sebanyak tiga kali dalam seminggu.

Manfaat Jeruk Nipis untuk Diet

Diet merupakan suatu metode penurunan berat badan yang difokuskan untuk dapat mengurangi kadar lemak yang terdeposit dalam tubuh. Berbagai teknik diet dapat dicoba oleh pelakunya sesuai dengan rekomendasi pakar yang sudah terpercaya.
Secara umum bahwa supaya diet yang dijalani susah payah membuahkan hasil. Hanya terdapat dua cara sederhana, pertama rutin melakukan olahraga dan memperbaiki atau mengubah pola makanan dan juga jenis makanan yang dikonsumsi.
Jeruk nipis terbilang ke dalam makanan untuk diet yang secara efektif mempromosikan vitamin C, potassium dan asam folat untuk dapat membantu dalam mengurangi lemak pada tubuh. Cara mengambil khasiat jeruk nipis untuk diet anda dapat memulainya dengan cara meminum segelas air putih dingin yang sudah dicampur dengan air perasan jeruk nipis dan 2 sendok teh madu. Minumlah pagi hari ketika perut masih kosong pada setiap hari.
Walaupun ada banyak sekali manfaat jeruk nipis untuk kesehatan tubuh, kulit wajah, rambut dan diet, secara bersamaan juga terdapat efek samping dari konsumsi jeruk nipis secara berlebihan yang dapat merugikan tubuh.

Efek Samping Jeruk Nipis Bagi Tubuh

Sakit perut. Konsumsi jeruk nipis berlebihan dalam sehari dapat menyebabkan sakit perut karena kondisi perut yang asam dalam waktu lama sehingga menyebabkan selaput lendir pada saluran pecernaan mengalami iritasi.
Sering buang air kecil. Pengobatan dengan minum perasan jeruk nipis akan membuat Anda lebih sering mondar-mandir ke kamar mandi untuk buang air kecil, ini merupakan efek samping terlalu banyak konsumsi buah jeruk nipis.
Sakit kepala dan migren. Sebuah penelitian telah menemukan penyebab umum dari sakit kepala dan migren, yakni senyawa asam amino bernama tyramine yang tersimpan dalam jeruk nipis. Kandungan ini akan meningkatkan aliran darah ke otak secara spontal sehingga timbul gejala seperti migren akut atau sakit kepala kronis.
Kulit terbakar. Berlebihan melakukan perawatan kulit dengan jeruk nipis atau lemon akan membuat kulit mudah terbakar, karena itu batasi penggunaannya.
Peningkatan kadar zat besi. Terlalu banyak konsumsi jeruk nipis akan mendorong sistem pencernaan untuk menyerap zat besi melebihi batas normal. Kelebihan zat besi dari jumlah yang dibutuhkan oleh tubuh dapat menyebabkan gangguan seperti hemokromatosis.
Jeruk nipis kemungkinan akan aman dikonsumsi bagi kebanyakan orang dewasa, dalam jumlah yang ditemukan dalam makanan. Namun aplikasi air jeruk nipis langsung ke kulit mungkin tidak aman. Beberapa orang sensitif terhadapnya bila diterapkan secara langsung pada kulit. Hal ini dapat menyebabkan kulit menjadi sangat sensitif terhadap sinar matahari. Kenakan tabir surya dan pakaian pelindung luar, terutama jika berkulit terang.
Air jeruk nipis sangat rendah PH, sekitar 2,0. Pada beberapa orang yang sensitif, jus asam yang asam terkadang menimbulkan sensasi terbakar jika bersentuhan dengan mulut, lidah, dan bibir. Selain itu, jika dikonsumsi dalam jumlah besar, dapat memperburuk penyakit dan ulkus lambung kondisi asam lambung.

Penyimpanan jeruk Nipis

Puncak musim jeruk nipis yaitu bulan April hingga Agustus, meskipun pada buah ini bisa tersedia di toko-toko sepanjang tahun. Pilihlah buah yang besar dan mempunyai berat yang sesuai dengan ukurannya. Pilihlah buah yang memiliki warna kuning cerah dengan aroma jeruk segar. Hindari buahnya yang berwarna hijau gelap karena belum matang dan tak akan mempunyai banyak air. Selain daripada itu, hindarilah buahnya dengan bintik-bintik gelap pada permukaannya.
Di rumah, untuk menyimpannya di dalam kantong plastik pada lemari es, akan dapat membuatnya tetap awet sampai seminggu. Simpanlah perasan lemon di dalam kompartemen freezer untuk digunakan nantinya.
Demikianlah informasi kesehatan tentang manfaat jeruk nipis untuk kesehatan dan kecantikan. Semoga informasi ini dapat memberikan manfaat kepada anda yang sedang membutuhkan informasi tentang manfaat jeruk nipis

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More