Selamat datang, terima kasih atas kunjungannya. Salam perdamaian

Manfaat Buah Jeruk Nipis


Di seluruh dunia ada 1300 varian jeruk yang telah diketahui. Dari jumlah sebanyak itu, jeruk yang paling banyak mengandung manfaat untuk kesehatan adalah jeruk nipis. Jeruk nipis memang sejak lama terkenal kaya manfaat. Tak hanya untuk tambahan masakan saja, manfaat jeruk nipis untuk kesehatan tubuh, akan didapatkan apabila anda mengkonsumsi buah ini.
Untuk kesehatan, jeruk yang memiliki rasa sangat asam ini, juga sangat berkhasiat. Manfaat jeruk nipis bagi kesehatan tubuh dapat digunakan untuk herbal alami dari penyakit batuk, peluruh dahak (mukolitik), peluruh kencing (diuretik) dan keringat, serta membantu proses pencernaan ini sangat berguna untuk beragam jenis penyakit seperti di bawah ini. Simak ulasan manfaat dari buah sumber vitamin C berikut ini, ya!

manfaat jeruk nipis
  • Obat Penyakit Asam Lambung
Anda pasti kaget kalau ternyata jeruk yang sifatnya asam ini malah dapat menetralkan asam lambung. Dalam penelitian dibuktikan bahwa jeruk nipis ternyata mempunyai sifat membasakan tubuh, bahkan untuk lambung. Cara membuat jeruk nipis untuk obat asam lambung adalah blender 5 buah jeruk nipis yang telah dibersihkan dari bijinya. Minum setiap bangun pagi sebelum sarapan. Lakukan rutin selama satu minggu dan minum sesekali ketika gejala kambuh.
  • Menyembuhkan Penyakit Maag
Apakah anda sering terkena penyakit maag? Cobalah menggunakan air jeruk nipis sebagai obat herbal. Caranya dengan mencampur perasan jeruk nipis dengan air hangat dan minum saat bangun tidur sebelum perut terisi oleh makanan. Selain sebagai obat herbal membantu mengatasi maag, jeruk nipis tak memiliki efek samping seperti obat-obatan kimia.
  • Rambut nampak lebih bersih dan berkilau
Buah jeruk nipis mengandung zat asam yang dapat membantu mengkilaukan rambut dan membuat kulit kepala lebih bersih. Untuk penggunaannya, cukup memakai perasan air jeruk nipis dan usapkan secara perlahan di area kulit kepala. Tunggu hingga 30 menit, lalu bilas rambut dengan air bersih.
  • Membantu Menyembuhkan Jerawat Pada Wajah
Jeruk nipis selain dapat digunakan sebagai minuman yang sehat, ternyata dapat digunakan masker wajah alami yang membantu menyembuhkan masalah jerawat yang membandel pada wajah. Cara cukup mudah, memeras jeruk nipis dicampur dengan madu lalu dioleskan pada area kulit yang berjerawat.
  • Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh
Jeruk nipis memiliki kandungan vitamin C yang lebih banyak dibandingkan dengan jeruk yang lain. Kandungan vitamin C yang luar biasa inilah yang membuat manfaat jeruk nipis untuk kesehatan jantung. Jika mengkonsumsi jeruk nipis secara rutin, maka fungsi jantung akan lebih efektif dan meningkat sehingga sirkulasi darah dalam tubuh juga semakin baik dan meyehatkan tubuh.
  • Obat Amandel
Amandel adalah penyakit radang tenggorokan yang bisa ditangani dengan mengkonsumsi jeruk nipis. Jeruk nipis merupakan salah satu sumber antioksidan (beta karoten, vitamin C, vitamin E), yang baik untuk obat amandel. Cara membuatnya adalah cuci 3 jeruk nipis hingga bersih, potong kecil lalu rebus dengan 2 gelas air yang mendidih hingga tersisa 3/4 dan saring, dalam keadaan yang hangat gunakan air tersebut untuk berkumur,lakukan 3-4 kali sehari.
  • Membantu Progam Diet
Manfaat jeruk nipis cukup ampuh untuk menurunkan berat badan karena kandungan vitamin C yang berada di buah ini serta serat dapat membantu orang yang sedang diet. Apabila anda mengkonsumsi air perasan jeruk nipis dan memberikan efek kenyang lebih lama dan menurunkan badan lebih efektif.
  • Minuman Detok untuk Tubuh
Air jeruk nipis lebih efisien daripada melakukan detoks menggunakan obat-obatan kimia yang memiliki efek samping yang berbahaya bagi tubuh. Khasiat jeruk nipis tak hanya untuk diet namun dapat membantu tubuh membuang racun-racun yang membahagiakan tubuh sehingga tubuh menjadi lebih sehat.
  • Dapat melancarkan menstruasi 
Menstruasi yang tidak lancar dapat diatasi dengan jeruk nipis. Caranya yaitu ambillah  satu buah jeruk nipis lalu peras hingga mendapatkan 3 sendok teh dan tambahkan 1 sendok teh madu lalu campur dengan air hangat. Minumlah selagi hangat dan lakukan ramuan ini 3 kali sehari.

  • Dapat sebagai obat Batuk alami
Manfaat lain dari jeruk nipis yaitu dapat mengobati batuk yaitu dengan cara ambil 1 buah jeruk nipis yang telah di cuci bersih kemudian peras lalu campur dengan 1 sendok makan madu dan beri sedikit garam aduk dan saring, minum 2- 3 kali sehari.

  • Mengobati Radang Sendi

Penumpukan asam urat yang tinggi dalam tubuh bisa menjadi penyebab terjadinya radang sendi. Dalam jeruk nipis terkandung asam sitrat yang tinggi yang di mana asam sitrat berguna untuk melarutkan asam urat sehingga akan meningkatkan jumlah yang dilarutkan dan di buang melalui urine.

  • Sebagai Anti Kanker

Jeruk nipis terkandung kaya akan zat yang dapat melawan kanker yaitu adalah kandungan flavonoid yang berguna dalam melawan , membunuh, serta mencegah terjadinya kerusakan pada sel. Untuk hasil yang memuaskan , konsumsilah secara rutin.

  •  Mengobati Sakit Gigi

Untuk mengatasi sakit gigi kita dapat memanfaatkan jeruk nipis ini sebagai obatnya, caranya yaitu dengan mencampurkan perasan jeruk nipis dengan gilingan akar kecubung hitam legetan warak dengan takaran semua 1 sdm.  Dan campurka ¾ gelas larutan air garam kemudian aduk rata dan saring. Gunakan untuk berkumur dalam waktu beberapa waktu. Untuk hasil maksimal lakukan 4- 6 kali dalam sehari.

Nah, ternyata manfaat jeruk nipis untuk kesehatan tubuh kita sangat luar biasa, ya. Jika umumnya jeruk nipis dibuat sebagai obat batuk tradisional yang sangat mujarab, ternyata jeruk nipis juga dapat diolah untuk mengobati beberapa penyakit dan menyehatkan tubuh. Sampai jumpa di artikel berikutnya. 

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More