Selamat datang, terima kasih atas kunjungannya. Salam perdamaian

Manfaat Buah Nanas

Buah nanas atau kadang disebut dengan nenas ata ananas merupakan buah yang berasal dari negara tropis, yaitu Brazil, Bolivia, dan Paraguay. Buah yang juga tumbuh baik di Indonesia ini merupakan buah yang dalam perkembangan buahnya bergabung bersama tongkol bunga majemuk hingga membentuk nanas yang rupanya bersisik. Jika Anda penggemar buah dengan rasa asam, apakah Anda tahu apa saja manfaat buah nanas untuk kesehatan?

Buah nanas merupakan tumbuh-tumbuhan yang berasal dari keluarga nanas-nanasan. Kandungan yang paling melimpah dalam buah ini adalah vitamin C dan vitamin A yang merupakan antioksidan yang sangat baik untuk tubuh kita. Antioksidan yang kaya dalam nanas ini ternyata sangat baik untuk mengobati penyakit jantung.


manfaat buah nanas

Penyakit jantung merupakan penyakit yang sangat berbahaya dan mematikan. Di seluruh dunia, jumlah pederita penyakit ini terus bertambah. Bertambahnya penderita ini karena banyak orang yang telah lepas dari gaya hidup sehat. Faktor-faktor yang memicu penyakit jantung ini adalah merokok, mengkonsumsi makanan kolesterol tinggi, stress, kurang istirahat, kurang gerak, dan malas berolahraga.

Gaya hidup yang kurang sehat seperti di atas, banyak berakibat untuk kesehatan tubuh terutama untuk jantung, seperti peningkatan tekanan darah dan detak jantung, peningkatan pembekuan darah, dan kerusakan sel-sel yang melapisi arteri koroner dan pembuluh darah lainnya. Kerusakan-kerusakan pembuluh darah dan pengurangan pembekuan darah dapat diatasi dengan mengkonsumsi makanan dengan atioksidan yang tinggi.

Salah satu manfaat buah nanas untuk kesehatan yang telah diketahui adalah mencegah penyakit jantung karena kandungan antioksidan yang tinggi dalam buah nanas. Vitamin C yang merupakan salah satu antioksidan dalam buah nanas mengandung flavonoid yang dapat menetralisir radikal bebas dan meminimalkan efek kerusakan sel dan jaringan tubuh.

Buah nanas merupakan salah satu buah dengan kandungan flavonoid tertinggi yaitu 47.8 mg per 100 gram buah nanas. Hal tersebut dapat diartikan bahwa buah nanas dapat memenuhi 80% kebutuhan antioksidan harian. Flavonoid ini dapat menangkal radikal bebas yang masuk melalui lingkungan tidak sehat, ataupun dari dalam tubuh karena stress.

Radikal bebas dapat dinetralkan dan dinetralisir dengan flafonoid sehingga tidak lagi merusak sel-sel sehat. Selain itu, dalam buah nanas juga terkandung antikoagulan yang dapat mengobati pembekuan dalam darah dan pembekuan darah yang menjadi penyebab penyakit jantung.

Nah, manfaat buah nanas untuk kesehatan ternyata sangat bagus untuk penyakit jantung. Bila Anda mempunyai resiko penyakit jantung, tak ada salahnya mengonsumsi buah nanas dan ditambah dengan pola hidup yang sehat dan makan yang bergizi.

Tak hanya baik untuk penderita penyakit jantung, nanas juga memiliki berbagai manfaat lainnya. Untuk itu, kami akan membahas beberapa khasiatnya berikut ini:

Kumpulan Manfaat Buah Nanas untuk Kesehatan dan Kecantikan

  • Membantu Meningkatkan Imunitas
Buah nanas mengandung vitamin C yang dapat meningkatkan sistem kekebalan pada tubuh karena di dalamnya memiliki efek sebagai antioksidan. Tak hanya itu, zat asam amino yang cukup banyak pada buah ini membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta menjaga tubuh agar tak mudah kelelahan.
  • Menjaga Kesehatan Usus
Seperti pada buah dan sayur lainnya, nanas memiliki serta yang cukup penting untuk menjaga kesehatan usus. Kandungan yang cukup besar pada nanas yakni bromelain dapat memecah protein dan membantu proses pencernaan.
  • Memperkuat Tulang Tubuh
Meskipun tak memiliki kandungan kalsium seperti susu, buah nanas mengandung zat mangan yang cukup melimpah sehingga memperkuat tulang dan jaringan ikat. Pada secangkir jus nanas mengandung 73% mangan yang berfungsi untuk mencegah osteoporosis pada wanita.
  • Mengurangi Masalah Lemak Berlebih
Manfaat nanas untuk diet dapat anda rasakan saat mengkonsumsi buah ini. Nanas kaya akan vitamin A, C, tiamin, serat dan tembaga yang dibutuhkan oleh tubuh. Bahkan enzim bromelain yang diyakini dapat mengurangi masalah lemak berlebih pada daerah pinggul dan perut. 
  • Menjaga dan Memperbaiki Kulit Kaki
Ternyata manfaat buah nanas untuk kecantikan juga, lho. Anda dapat memanfaatkan buah ini sebagai scrub alami untuk kaki agar kulit kaki bersisik, kulit kapalan dapat kembali menjadi lembut dan halus. Buah ini juga berkhasiat untuk menangkal pembengkakan dan peradangan kulit kaki yang pecah-pecah.
  • Dapat Melembabkan Kulit
Buah nanas ini kaya akan vitamin yang dapat memlembabkan kulit dengan menjadikannya masker pada kulit yang kering dan kusam. Caranya adalah haluskan nanas dan ambil 3 sendok makan tambahkan kuning telur dan sedikit susu cair campurkan dan oleskan lalu tunggu beberapa saat dan bilas dengan air bersih.
  • Sebagai sumber Vitamin C
Nanas merupakan buah yang banyak mengandung vitamin C. Di mana Vitamin C memiliki banyak fungsi bagi tubuh yaitu sebagai penangkal dari radikal bebas yang merusak sel – sel sehat. Karena jika terjadi penumpukan radikal bebas dapat menyebabkan terjadinya atherosclerosis, penyakit jantung, seragan asma serta dapat meningkatkan resiko terkena kanker. Radikal bebas juga merupakan pemicu terjadinya osteoarthritis dan rematik.
  • Sebagai sumber energi
Nanas merupakan buah yang kaya akan mangan, yang di mana mangan merupakan mineral essensial di dalam enzim yang sangat berperan penting untuk memproduksi energy. Selain itu juga nanas juga mengandung kaya akan thiamin (vitamin B1) yang merupakan enzim yang berperan dalam memproduksi energy.
  • Sebagai anti radang
Manfaat buah nanas untuk kesehatan yang lain adalah sebagai anti radang. Dalam nanas terdapat enzim yang penting yaitu bromelain, yang di mana enzim ini berfungsi sebagai anti radang. Enzim ini juga sangat efektif dalam mengurangi pembengkakan, meredakan sinusitis, radang tenggorokan, arthritis dan encok.
  • Mengatasi Bibir Pecah -Pecah
Manfaat buah nanas untuk kesehatan yang lain adalah dapat mengatasi bibir pecah - pecah yaitu dengan mencampurkan minyak kelapa dan nanas oleskan padabibir akan membuat bibir menjadi lembab dan memberikan kilau alami pada bibir.

  • Melembabkan dan Memperkuat Kuku
Penyebab dari kuku yang rapuh di karenakan kekurangan akan asupan vitamin A. Selain itu jika kita kekurangan dari vitamin B juga dapat lebih menyebabkan kuku menjadi retak dan bahkan menjadi terbelah. Untuk memenuhi itu semua kita tidak perlu risau, karena buah nanas mengandung kaya akan Vitamin B dan A. 

Tapi, bila Anda juga menderita diabetes jangan terlalu berlebihan mengonsumsi buah nanas karena nanas dapat meningkatkan gula darah. Sampai jumpa di ulasan lainnya,

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More