Selamat datang, terima kasih atas kunjungannya. Salam perdamaian

Manfaat Buah Nangka

Manfaat Buah Nangka - , kali ini kita akan berbagi cerita tentang manfaat buah nangka. Buah nangka adalah buah yang memiliki rasa manis dan lezat. Buah ini dapat dikonsumsi saat mentah ataupun matang. Buah nangka mentah dapat di buat dan dihidangkan menjadi sayuran yang sangat nikmat. Bahkan di yogyakarta hidangan dari buah nangka menjadi salah satu ciri khas makanan daerah tersebut yaitu “Gudeg”.



Buah yang memiliki nama latin “Artocarpus Heterophyllus” adalah buah yang banyak ditanam di daerah tropis, diduga tanaman buah nangka berasal dari India Selatan yang kemudian menyebar ke daerah tropis lainnya termasuk Indonesia. Buah nangka juga terkenal di dunia dengan sebutan “Jackfruit”.



Tentu saja buah nangka mempunyai khasiat yang sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh kita dilihat dari kandungan nutrisinya, seperti vitamin A, B dan C dalam bentuk senyawa thiamin, riboflavin dan niacin. Buah nangka juga memiliki kandungan mineral seperti kalsium, potassium, ferrum (zat besi), magnesium. Selain itu buah nangka juga mengandung kalori, karbohidrat dan protein. Tapi, sebaiknya dalam mengkonsumsi buah nangka jangan terlalu berlebihan karena menimbulkan banyak gas dalam perut.



Manfaat Buah Nangka



Dilihat dari kandungan nutrisi dalam buah nangka sangat banyak, manfaat buah nangka pun pasti akan kita dapatkan. Dan berikut adalah manfaat buah nangka yang sangat baik untuk kesehatan tubuh kita: 

  1. Manfaat buah nangka dapat mencegah kanker, ini karena buah nangka mengandung fitonutrien seperti lignan, isoflavon dan saponin yang mempunyai sifat anti-kanker dan anti-penuaan. Fitonutrien juga dapat membantu menhilangkan radikal bebas penyebab kanker dari dalam tubuh. 
  2. Manfaat buah nangka dapat mencegah anemia, ini karena buah nangka memiliki kandungan zat besi yang dapat membantu mencegah anemia. Zat besi juga dapat membantu dalam sirkulasi darah yang tepat pada tubuh kita.
  3. Manfaat buah nangka dapat membantu pencernaan tubuh, ini karena buah nangka memiliki sifat anti-ulkus yang dapat membantu penyembuhan borok dan gangguan pencernaan. Kandungan serat yang tinggi dalam buah nangka pun dapat mencegah sembelit dan membantu pergerakan usus halus. Serat juga memberikan perlindungan terhadap membran mukosa usus besar dengan cara mengusir bahan kimia karsinogenik dari usus besar.
  4. Manfaat buah nangka dapat membantu memperkuat tulang, ini karena buah nangka kaya akan magnesium, nutrisi yang sangat penting dalam penyerapan kalsium. Hal ini dapat membantu memperkuat tulang dan mencegah gangguan tulang lainnya seperti ostepororsis.
  5. Manfaat buah nangka dapat menjaga kesehatan mata dan kulit, ini karena buah nangka mengandung vitamin A, nutrisi yang sangat baik untuk menjaga kesehatan mata dan kulit. Hal ini juga dapat membantu mencegah penyakit mata lainnya seperti degnerasi makula dan juga rabun senja.
  6. Manfaat buah nangka dapat menjaga kesehatan tiroid, ini karena buah nangka mengandung zat yang sangat penting yaitu tembaga. Tembaga sangat berperan penting dalam metabolisme tiroid, terutama untuk produksi hormon dan penyerapan.
  7. Manfaat buah nangka dapat membantu menurunkan tekanan darah, ini karena buah nangka mengandung kalium yang dapat bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah, sehingga dapat mengurangi resiko serangan jantung dan stroke. 
  8. Manfaat buah nangka dapat meningkatkan energi, ini karena buah nangka mengandung gula sederhana sepeti fruktosa dan sukrosa yang memberikan dorongan energi ketika sangat dibutuhkan oleh tubuh.
  9. Kalium dalam nangka efektif dalam mengurangi kemungkinan penyakit jantung karena bisa menurunkan tekanan darah.
  10. Kandungan zat besi dalam buah yang berserat ini membantu mencegah anemia dan meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh.
  11.  Akar adalah obat yang baik bagi orang yang menderita asma. Merebus akar dan ekstrak nangka ternyata dapat membantu untuk mengontrol asma.
  12.  Salah satu manfaat kesehatan dari nangka adalah melindungi tiroid sehat. Mineral mikro dan tembaga dalam nangka juga efektif untuk metabolisme tiroid. Hal ini sangat baik untuk memproduksi hormon dan penyerapan.
     
  13. Manfaat kesehatan dari nangka untuk tulang. Buah ini baik untuk anak-anak muda dalammenjaga kesehatan tulang. Nangka kaya akan magnesium yang memperkuat tulang dan mencegah tubuh dari gangguan tulang seperti osteoporosis.
     
  14. Manfaat gizi dari nangka adalah sumber makanana yang kaya akan vitamin C dan A. Nutrisi anti-oksidan dalam nangka memperkuat sistem kekebalan tubuh dan melindungi dari infeksi bakteri dan virus.
  15. Dengan phyto-nutrisi dan vitamin C, nangka memiliki sifat anti kanker dan anti-penuaan. Nutrisi ini bisa menjauhkan Anda dari bahaya kanker dan memperlambat degenerasi sel untuk mencegah tubuh dari penyakit degeneratif.
  16. Gula alami seperti fruktosa dan sukrosa dalam buah nangka menjadikannya sebuah sumber energi. Nangka dapat meningkatkan energi dan tidak mengandung lemak jenuh atau kolesterol.
  17. Nangka bisa menyembuhkan borok dan gangguan pencernaan. Buah berserat tinggi ini mencegah sembelit dan memperlancar gerakan usus.
  18. Nangka juga bermanfaat untuk kesehatan mata dan kulit. Buah ini mengandung vitamin A yang memelihara kesehatan mata dan kelembutan kulit. Nangka juga mencegah gangguan mata seperti degenerasi makula dan rabun senja.

Manfaat Buah Nangka



Selain Manfaat buah nangka yang tadi disebutkan, Manfaat buah nangka
juga sangat baik untuk menjaga sistem kekebalan tubuh dan menjauhkan tubuh dari virus-virus berbahaya. Tidak hanya khasiat buah nangka saja, akar dari buah nangka pun memberikan khasiat buah nangka sebagai obat untuk penderita asma, merebus akar buah nangka dan ekstraknya diketahui dapat mengontrol asma.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More