Selamat datang, terima kasih atas kunjungannya. Salam perdamaian

Manfaat Buah Pepaya

Manfaat dan Khasiat Buah Pepaya untuk Kesehatan – Selain Buah Manggis dan juga Buah Pisang yang kaya akan berbagai manfaat bagi kesehatan, tentu masih banyak jenis buah-buahan lainnya yang banyak memiliki manfaat baik untuk kesehatan, salahsatu buah yang kaya nutrisi dan manfaat tersebut adalah buah pepaya. Meskipun banyak juga yang kurang menyukai buah ini ketika sudah matang karena aroma yang dimiliki pepaya mengeluarkan aroma khas, tetapi buah pepaya merupakan salahsatu buah yang memiliki banyak manfaat baik untuk kesehatan, untuk bahkan untuk kecantikan kulit wajah Anda.

Manfaat Buah Pepaya

Manfaat Buah PepayaBuah Pepaya merupakan salahsatu buah yang berasal dari daerah Meksiko bagian selatan dan juga bagian utara dari Amerika Selatan, sampai sekarang buah pepaya telah menyebar ke berbagai daerah dan di daerah-daerah tropis juga buah pepaya sudah banyak ditanam dan dibudidayakan untuk dimanfaatkan buah nya yang memiliki banyak kandungan nutrisi yang baik bagi kesehatan. Di kalangan sunda buah pepaya disebut dengan nama gedang atau dalam bahasa jawa disebut kates memiliki banyak kandungan antioksidan seperti flavonoid dan karoten Selain itu pepaya mengandung folat, kalium, serat, magnesium dan juga vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin K yang sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Gambar Ilustrasi Artikel : Manfaat dan Khasiat Buah Pepaya untuk Kesehatan
Buah Pepaya juga memiliki beberapa jenis dan Anda bisa memilih jenis pepaya yang Anda suka, meskipun ada beberapa perbedaan pemanfaatannya namun hampir sebagian besar nutrisi dan manfaat pepaya sama saja, jenis pepaya tersebut salahsatunya adalah pepaya callina atau banyak orang yang mengenalnya dengan nama pepaya california, selain itu ada juga pepaya bangkok yang dikenalkan dari thailand ciri jenis pepaya ini memiliki ukuran buah yang besar.

Khasiat Buah Pepaya bagi Kesehatan

Pepaya memiliki berbagai macam khasiat kesehatan dan biasanya dikonsumsi banyak orang ketika sudah matang atau mengkal. Namun tak hanya buah pepaya yang sudah matang dan pepaya mengkal saja yang memiliki manfaat bagi kesehatan, bahkan buah pepaya muda yang masih belum matang bisa dijadikan sebagai sayuran dan memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh Anda.
Dibawah ini merupakan beberapa manfaat buah pepaya untuk kesehatan dan juga kecantikan baik diolah menjadi jus attau dikonsumsi secara langsung.
1.) Menyehatkan Pencernaan
Manfaat Pepaya yang mungkin telah banyak diketahui bahwa dengan mengkonsumsi pepaya dapat menyehatkan pencernaan. Ini karena pepaya mengandung papain yang mampu mengurangi masalah yang timbul pada sistem pencernaan tubuh, kandungan serat pada pepaya juga cukup tinggi sehingga dapat meminimalisir terjadinya sembelit.

2.) Membantu Mencegah Kanker
Manfaat buah pepaya selanjutnya yaitu dapat membantu dalam mencegah kanker usus besar, karena kandungan serat yang cukup tinggi dan juga pepaya mengandung zat lycopene yang dapat mencegah penyakit kanker juga.

3.) Meningkatkan Sistem Imun
Jus Pepaya mengandung berbagai vitamin termasuk kaya dengan vitamin A dan juga vitamin C yang bisa membantu dalam meningkatkan sistem imun tubuh atau kekebalan tubuh. Dengan mengkonsumsi jus pepaya Anda bisa mencegah penyakit seperti flu, deman atau hidung tersumbat.

4.) Mengurangi Sakit Osteoporosis
Buah pepaya mengandung berbagai nutrisi yang baik bagi kesehatan, termasuk adanya enzim inflamasi yang dapat meminimalisir perasaan sakit bagi orang-orang yang menderita Osteoporosis dan juga arthritis.

5.) Menyehatkan Kulit
Kandungan zat yang memiliki nama papain dalam pepaya mampu menjadikan kulit nampak lebih bercahaya karena dengan adanya beberapa kandungan nutrisi dalam buah pepaya dapat mengangkat sel kulit mati. Selain itu pepaya juga dapat digunakan untuk mencegah jerawat pada kulit wajah Anda.

6.) Menurunkan Berat Badan – Diet
Khasiat buah pepaya selanjutnya yaitu untuk diet atau menurunkan berat badan. Tak hanya untuk pencegahan dan pengobatan penyakit tertentu papaya juga bisa dijadikan sebagai menu diet Anda, kandungan serat yang tinggi ditambah adanya kadar air yang terdapat didalam pepaya mampu menjadikan perut tetap merasa kenyang lebih lama. Kandungan vitamin C nya juga memberikan cadangan energi bagi tubuh Anda.

7.) Menyehatkan Mata
Manfaat lain dari buah pepaya yaitu mampu membantu menjaga kesehatan mata, karena pepaya banyak memiliki vitamin A dan dapat menjadi beta karoten ketika dicerna oleh tubuh sehingga bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata Anda.

8.) Antiperadangan
Kandungan protein-enzim yang baik bagi pencernaan yang dimiliki pepaya (papain dan chymopapain) membuat pepaya menjadi buah yang bermanfaat sebagai anti-inflamasi. Selain dari pada itu pepaya merupakan buah yang baik untuk penderita osteoarthritis dan rheumatoid arthritis.

9.) Mengatasi Masalah Jerawat
Dengan memiliki pencernaan yang baik maka permasalahan-permasalahan kesehatan bisa dihindari. Kesehatan pencernaan masih berkaitan dengan munculnya jerawat. Racun yang tidak dikeluarkan dengan baik oleh pencernaan bisa menumpuk dan bisa membuat kulit menjaadi kusam dan berjerawat. Maka dari itu, konsumsilah setengan buah pepaya setiap hari. Dengan rutin mengkonsumsi pepaya pencernaan akan menjai lebih lancar dan kulit akan menjadi lebih bersih.

10.) Sebagai Masker Wajah
Manfaat pepaya lainnya yakni, pepaya bisa digunakan sebagai masker wajah, dengan cara menghancurkan 2 irisan pepaya lalu menambahkan 1 sendok teh madu. Gunkanan campuran ini sebagai masker dan biarkan mengering lalu bersihkan dengan menggunakan air bersih. Cara ini bisa membuat wajah yang berjerawat dan berminyak.

11.) Anti-penuaan dan Pencerah Kulit
Kandungan pepaya mengandung enzim yang memiliki nama papain yang bisa berguna untuk mencerahkan kulit dan bisa mengatasi belang juga. Kandungan pepaya yang kaya akan vitamin A dan E bisa mencegah kulit keriput dan mengencangkan pori-pori kulit dan membuat kulit menjadi tampak lebih muda.

Penting : *) untuk ibu hamil sebaiknya konsultasikan dengan dokter kandungan Anda terlebih dahulu tentang pepaya ini, untuk memastikan apakah aman atau tidak memakan buah pepaya untuk ibu hamil.
Bagaimana? Anda ingin meraskan Manfaat Buah Pepaya seperti yang disebutkan diatas? Tentu saja manfaat yang telah disebutkan diatas hanya beberapa manfaat yang mungkin masih banyak manfaat lainnya dari buah pepaya yang belum diketahui. Pemanfaatan buah-buahan dan bahan alami untuk kesehatan tentu lebih dianjurkan, seperti dengan mengkonsumsi buah-buahan segar, sayuran segar dan tanaman-tanaman yang memiliki khasiat untuk pencegahan penyakit atau pengobatan dengan ramuan herbal tradisional.

Manfaat Buah Pepaya

Pepaya juga bisa dikonsumi dan diolah menjadi berbagai jenis makanan, seperti manisan. Buah pepaya yang masih muda bisa dijadikan sayur dan yang sudah matang bisa dibuat menjadi jus. Bahkan dibeberapa daerah pepaya yang sudah matang bisa dicampurkan dengan beberapa buah-buahan seperti bengkoang, mangga, jambu air menjadi rujak.
Namun untuk kesehatan buah pepaya bisa dibuat jus, jika sudah hampir matang atau sudah matang, pepaya bisa langsung dikonsumsi. Jadi tak ada salahnya jika Anda menambahkan buah pepaya atau jus pepaya sebagai salahsatu menu kesehatan keluarga Anda. Semoga artikel manfaat dan khasiat buah pepaya untuk kesehatan ini bermanfaat.

sumber : HarianSehat.Com 

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More