Selamat datang, terima kasih atas kunjungannya. Salam perdamaian

Manfaat Buah Siwalan

Buah Siwalan bermanfaat bagi Kesehatan tubuh - Nama buah siwalan memang asing untuk beberapa orang. Hal ini wajar karena buah yang juga dikenal dengan nama buah ental ini hanya terdapat di daerah tertentu di Indonesia. Pohon berbentuk mirip palem-paleman serta pohon kelapa ini tidak memiliki cabang dan mampu tumbuh setinggi 30 meter. Daerah tumbuhnya dapat dijumpai di pantai utara Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur. Tak hanya itu pohon ini juga tumbuh di daerah pegunungan dekat pantai di Tuban, Jawa Timur.

 Berdasarkan penelitian ilmiah buah siwalan terbukti mengandung sumber nutrisi yang menyehatkan seperti karbohidrat, protein, serta, glukosa, sukrosa, vitamin C, vitamin B1, air, dan lemak dengan kadar rendah. Salah satu jenis olahan pohon siwalan yang umum ditemui adalah minuman legen. Iya, legen merupakan minuman tradisional yang berasal dari sadapan buah siwalan.

 Buah Siwalan bermanfaat bagi Kesehatan tubuh
Buah Siwalan bermanfaat bagi Kesehatan tubuh
Buah Siwalan bermanfaat bagi Kesehatan tubuh

Para ahli percaya bahwa minuman legen ini sangat bermanfaat bagi kesehatan manusia. Namun Anda harus teliti dan berhati-hati sebelum mengkonsumsi minuman legen ini. Pasalnya legen yang baik hanya dapar bertahan selama dua hari, setelah lebih dari dua hari legen justru akan mengandung alkohol dan sangat memabukkan yang kemudian dikenal dengan nama “tuak”. 

Berikut adalah berbagai artikel mengenai Buah Siwalan bermanfaat bagi Kesehatan tubuh diantaranya;


  1. Nira dari pohon siwalan dimanfaatkan sebagai minuman isotonic untuk memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh seperti halnya minuman sintetik yang beredar di pasaran. Namun tentunya isotonic nira jauh lebih alami.
  2. Nira yang telah melalui proses fregmentasi dapat menormalkan kerja fungsi ginjal, mengobati impotensi, dan menambah air mani dalam tubuh.
  3. Bagian buah siwalan yang sudah tua digunakan sebagai obat kulit atau dermatitis.
  4. Sedangkan bagian akar pohon siwalan dimanfaatkan sebagai obat cacing sekaligus pelancar air seni. Selain itu rebusan akar yang masih muda dapat diminum sebagai obat gangguan pernapasan.
  5. Bagian bunga dari buah siwalan atau yang biasa disebut abu mayang/ spandix berkhasiat mengobati sakit lever.
  6. Manfaat buah siwalan bagi kesehatan juga tercermin dari legen nira yang dipercaya sanggup membantu kesehatan fungsi ginjal.
  7. Selanjutnya sakit gigi bisa sembuh dengan pemanfaatan rebusan arang kulit batang yang telah direbus, bisa juga digunakan sebagai obat kumur dengan ditambah garam.

nah itu serangkaian artikel yang bisa admin sampaikan mengenai Buah Siwalan bermanfaat bagi Kesehatan tubuh semoga bisa bermanfaat bagi para pembaca, 

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More