Selamat datang, terima kasih atas kunjungannya. Salam perdamaian

Manfaat Daun, Batang, Akar Ciplukan

manfaat daun ciplukanDaun ciplukan yang biasanya hanya dikenal sebagai tanaman kecil, ternyata menyimpan sangat banyak manfaat yang perlu untuk diketahui. Bagi yang ingin mengetahui apa saja khasiat yang dikandung oleh daun ciplukan, berikut ini merupakan 10 manfaat daun ciplukan untuk pengobatan.

Manfaat Daun Ciplukan Untuk Pengobatan Penyakit Ringan

1. Dapat Mengobati Flu
Salah satu manfaat dari daun ciplukan karena khasiatnya yang dapat mengobati seseorang yang sedang terserang flu. Cara pembuatan obatnya pun tidaklah suit yaitu :
  • Potong-potong daun ciplukan hingga menjadi beberapa bagian
  • Kemudian rebus dengan air sampai mendidih
  • Minum air rebusannya, hingga sembuh

2. Obat Radang Tenggorokan
Tak hanya dapat mengobati flu biasa, namun daun ciplukan bahkan dapat menjadi obat untuk radang tenggorokan yang kerap kali menyerang anak-anak ataupun dewasa. Cukup dengan meminum air rebusan dari daun ciplukan ini untuk meredakan radang tenggrokan secara alami.
3. Mengobati Pertusis
Daun ciplukan pun terbukti dapat menjadi obat bagi yang mengalami batuk rejan atau pertusis. Kandungan dalam daun ciplukan dapat meredakan batuk ini secara alami secara bertahap, namun tidak kembali lagi.
4. Mengobati Gondongan
Daun ciplukan juga memiliki manfaat untuk meredakan radang, hingga yang menyebabkan mengurangi nyeri seperti gondongan. Gondongan adalah kondisi dimana bagian kelenjar di bawah leher, mengalami pembengkakan. Ketika mengalami gondongan akan terasa nyeri, kemudian secara alami dapat dikurangi dengan meminum air rebusan dari daun ciplukan.
5. Obat Untuk Bisulan
Sebagai anti radang yang sangat berkhasiat, daun ciplukan pun dapat digunakan untuk mengobati bisulan pada kulit. Caranya cukup mudah, yaitu dengan mengoleskan air rebusan daun ciplukan ke bisul yang sedang meradang. Namun pastian tangan anda dalam keadaan bersih.
6. Mempercepat Pengeringan Borok
Bagi yang menderita sakit borok pun dapat diatasi dengan daun ciplukan. Hanya dengan menumbuk daun ciplukan dengan alu, kemudian oleskan pada borok yang sedang meradang. Borok yang sedang dialami dapat semakin cepat mengering.

Manfaat Daun Ciplukan Untuk Pengobatan Penyakit Berat

7. Mengobati Kencing Manis
Manfaat lain yang dapat Anda rasakan dari daun ciplukan ialah karena khasiatnya yang dapat mengobati kencing manis. Penderita kencing manis hanya perlu meminum rebusan daun ciplukan secara rutin agar penyakit kencing manis dapat segera hilang.
8. Mengurangi Penyakit Paru-Paru Basah
Khasiat daun ciplukan juga sangat besar bagi yang menderita penyakit paru-paru basah. Terutama air rebusan daun ciplukan yang dikonsumsi secara teratur, dapat mengurangi masalah kesehatan ini.
9. Mengurangi resiko Terjadinya Epilepsi
Bahkan, air rebusan daun ciplukan pun dapat mengurangi risiko terjadinya penyakit epilepsi. Kemudian bagi yang memiliki penyakit tersebut, kemungkinan akan mengurangi kekambuhan penyakit epilepsi yang diderita.
10. Meredakan Gangguan Kelenjar Getah Bening
Apabila pernah mengalami pembengkakan kelenjar getah bening, maka sangat disarankan untuk meminum air rebusan daun ciplukan secara rutin. Namun meminum air rebusan tanaman seperti daun ciplukan ini, harus diseimbangi dengan asupan manfaat air putih

.
Untuk mendapatkan manfaat daun ciplukan ini, harus mengikuti saran penyajiannya untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Konsultasikan hal tersebut dengan dokter, untuk mendapatkan dosis yang tepat dan seimbang.
Manfaat-khasiat-kandungan-gizi-ciplukanKhasiat dan Manfaat Daun, Batang, Akar Ciplukan,- Ciplukan yang memiliki bahasa latin Physalis angula adalah tanaman yang dapat tumbuh dengan baik di dataran dengan ketinggian 0-1800 m dari permukaan laut. Ciplukan ini umumnya tumbuh liar seperti tumbuhan semak lainnya, yaitu banyak terdapat di kebun, sawah, tegalan, pinggir jalan dan lahan-lahan terbuka yang terkena sinar matahari.
Tanaman ciplukan ini mengingatkan pada masa kecil saya, sebab disekitar rumah saya banyak ditumbuhi tanaman ini. Ya.. saya kan tinggal di desa dari sebuah kota kecil di Indonesia tepatnya di kabupaten Lamongan. Pada saat itu saya sering bermain dan mencari buah ciplukan yang sudah masak untuk dimakan. Rasa buah ciplukan ketika belum masak rasanya pahit sekali, namun kalau sudah masak rasanya manis campur asam dan sedikit pahit, jadi rasanya seperti nano-nano gitu..
Tumbuhan ciplukan ini bisa berumur sampai satu tahun dan tingginya bisa mencapai 1 meter. Ciplukan memiliki batang tegak ke atas, segi empat, berongga dan berwarna hijau. Daun ciplukan berbentuk bulat lonjong dan ujungnya runcing. Bunga ciplukan biasanya tumbuh di ketiak daun dan ketiak ranting pohon yang ujungnya mengangguk. Kelopak bunga seperti persegi lima, dan tajunya bersudut tiga dan meruncing, warnanya hijau dengan tulang rusuk keunguan. Mahkota bunga ciplukan tampak seperti lonceng dan berwarna kuning muda. Buah dari ciplukan terbungkus kelopak yang menggelembung seperti telur namun ujungnya runcing.

Khasiat dan Manfaat Ciplukan
Tak disangka tumbuhan ciplukan yang sering saya makan buahnya ketika masih kecil dulu, ternyata menyimpan manfaat dan khasiat yang begitu besar bagi kesehatan kita. Seluruh bagian dari tumbuhan ini bisa dimanfaatkan sebagai ramuan dan obat tradisional. Tahukan anda, karena kegunaan dari tumbuhan ciplukan ini sangat banyak bagi kesehatan kita, sekarang tanaman ini banyak dibudidayakan di Australia, Selandia Baru dan Amerika Selatan.
Ciplukan banyak mengandung zat-zat kimia yang banyak bermanfaat bagi tubuh kita diantaranya: C27H44O-H2O, asam sitrun, chlorogenik acid, fisalin, asam malat, alkaloid, tanin, kriptoxantin, saponin, flavonoid, polifenol, fisalin, withangulatin A, asam palmitat dan stearat, alkaloid, chlorogenik acid, kriptoxantin, vitamin C dan gula.


Ciplukan sebagai obat tradisional untuk pengobatan penyakit:
  • Borok atau bisul, caranya : pengobatan untuk borok, ambilah daun ciplukan kira-kira 1 genggam dan cuci bersih, tambah air kapur sirih 2 sendok makan, kemudian tumbuk hingga halus, lalu tempelkan pada luka/borok tersebut. Sedangkan untuk pengobatan Bisul: ambilah daun ciplukan kira-kira 1/2 genggam jangan lupa dicuci kemudian digiling sampai halus. Lalu tempelkan pada bisul dan dibalut dan ganti 2 kali sehari.
  • Diabetes militus, caranya : ambilah pohon ciplukan yang sudah berbuah, ambil semua bagian ciplukan dari daun hingga akar kemudian cuci bersih, lalu biarkan dulu hingga layu, kemudian rebus dengan 3 gelas air sampai mendidih dan tiriskan hingga airnya tinggal 1 gelas.
  • Influenza dan sakit tenggorokan, caranya : Ambil semua bagian dari tumbuhan ciplukan dan cuci bersih, potong seukuran 3-4 cm kemudian jemur, jika sudah agak kering ambilah dan bungkus agar tidak lembab, ambil 9-15 gr dan rebuslah, lalu diminum airnya. Lakukan 3 kali sehari.
  • Menurunkan tensi darah, nah untuk yang ini pengalaman pribadi yakni ketika tensi darah kakek saya naik, beliau sering mencari tumbuhan ciplukan untuk dijadikan obat tradisional menurunkan tensinya. Untuk caranya sama dengan penggunaan pada penyakit diabetes mellitus.
Tak bosan saya sampaikan, bahwa semua ciptaan Tuhan pasti membawa manfaat. Namun kebanyak orang-orang awam seperti kita kurang memahaminya, semoga ulasan tentang khasiat tumbuhan ciplukan ini bisa bermanfaat dan bisa jadi lantaran kesembuhan buat anda yang lagi sakit.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More