Selamat datang, terima kasih atas kunjungannya. Salam perdamaian

Manfaat Kacang Tanah

manfaat-kacang-tanahSekarang lagi musim hujan. Para penjual kacang tanah rebus laris manis diserbu pembeli. Tapi tahukah anda, khasiat kacang tanah ternyata jauh lebih banyak dari sekedar sebagai snack pendamping nonton bola.
Lihat saja kandungan gizinya:
Vitamin : B1, B3, B5, B6, B9, Vitamin C
Mineral: Kalsium, Zat Besi, Magnesium, Fosfor, Seng dan masih banyak lagi.
Dan ada juga manfaat kacang tanah lain yang jarang diketahui orang. Kini, setiap kali anda memakan kacang rebus atau selai kacang, anda perlu mengingat 12 khasiat kacang tanah yang jarang diketahui orang berikut ini:

Khasiat Kacang Tanah Untuk Kesehatan

1. Mengurangi Risiko Kanker Usus

Kacang tanah bisa mengurangi risiko kanker usus, terutama untuk wanita. Memakan kacang tanah sedikitnya 2 sendok makan setiap hari dapat menurunkan risiko kanker pada wanita sampai dengan 58% dan pada pria sampai dengan 27%.
Bagi para wanita, ini adalah manfaat kacang tanah yang paling besar. Jangan takut jerawatan, karena ternyata itu hanya mitos.

2. Mengurangi Risiko Stroke

Kacang tanah mengandung antioksidan yang dikenal dengan resveratrol. Zat aktif ini deketahui dapat meningkatkan produksi senyawa nitrat oksida dalam tubuh, sehingga khasiat kacang tanah berguna untuk mengurangi resiko stroke.

3. Dapat Menurunkan Berat Badan

Para wanita yang makan kacang tanah sedikitnya 2 kali seminggu cenderung terhindar dari obesitas dibandingkan dengan mereka yang tidak mengkonsumsi kacang tanah. Bahkan kacang yang sudah dibuat menjadi selai diketahui mengurangi peluang kenaikan berat badan.

4. Mengontrol Kadar Gula Darah

Zat Mangan (bukan zat pangan lho ya…) dalam kacang memiliki fungsi untuk membantu penyerapan kalsium, lemak dan karbohidrat serta mengatur kadar gula darah.

Khasiat Kacang Tanah Untuk Kecantikan

5. Mengurangi Kerut Pada Wajah

Kacang tanah mengandung asam lemak yang cukup banyak, yang dipercaya sangat baik untuk sel saraf di dalam otak. Sel saraf otak yang sehat akan membuat anda lebih bisa mengontrol stress dan bad mood, sehingga mengurangi kemungkinan munculnya kerutan pada kulit.

6. Melawan Efek Penuaan Dini

kacang-tanahMasih ingat resveratrol yang kita sebut tadi? Zat fitokimia yang sama juga ditemukan pada anggur dan wine. Riset menunjukkan bahwa resveratrol bisa meningkatkan penyerapan gula dari dalam darah dan mengendalikan efek penuaan dini.

7. Menjadikan Kulit Lebih Mulus

Kerusakan kulit adalah akibat dari terjadinya oksidasi pada kulit. Ini adalah suatu proses kimia, dimana molekul yang disebut radikal bebas “mencuri” elektron dari sel kulit yang sehat. Vitamin E pada kacang tanah dapat melindungi sel kulit kita dari efek oksidasi. Vitamin E juga melindungi kulit dari paparan sinar ultraviolet yang menyebabkan terbakarnya kulit. Hasilnya adalah kulit yang lebih mulus. Terima kasih kacang tanah 🙂

8. Menghilangkan Bekas Luka

Beta karoten, jenis anti oksidan lainnya yang ditemukan pada kacang tanah merupakan zat yang sangat penting bagi kesehatan kulit. Beta karoten dapat dirubah menjadi vitamin A dalam tubuh yang berfungsi untuk membantu pertumbuhan sel kulit baru dan memperbaiki jaringan kulit yang rusak. Hal ini menyebabkan khasiat kacang tanah dapat membantu menyembuhkan luka dan menghilangkan bekas luka dengan lebih cepat.

Khasiat Lainnya

9. Sebagai Anti Ketombe

Cobalah campurkan satu sendok makan minyak kacang dengan beberapa tetes jeruk nipis dan teh dalam satu mangkuk. Balurkan ke kulit kepala anda. Biarkan selama beberapa waktu, dan bilas dengan air. Ini adalah salah satu khasiat kacang tanah, sebagai antiseptik natural untuk menghilangkan ketombe.

10. Sebagai Aromaterapi

Cobalah tumbuk kacang tanah dan sangrai hingga mengeluarkan minyak. Minyak kacang ini memiliki aroma yang ringan dan khas. Sangat cocok untuk dipakai sebagai minyak aromaterapi, yang bisa merilekskan badan jika dipakai untuk memijat.

11. Meningkatkan Daya Ingat

Coba tebak, zat apa yang ada di dalam kacang, dan disebut sebagai makanannya otak? Itu adalah Niasin alias Vitamin B3. Zat ini diketahui bisa meningkatkan kerja otak dan menambah daya ingat. Penelitian menunjukkan bahwa orang yang diberi kacang tanah secara rutin memiliki risiko penyakit alzheimer dan kepikunan yang lebih rendah.

12. Mengurangi Rambut Rontok

Vitamin C dalam kacang tanah membantu produksi kolagen, yang menjaga jaringan sel dalam rambut agar tidak mudah patah dan rontok. Kacang tanah juga mengandung l-arginine yang digunakan dalam perawatan kebotakan pada pria. Asam omega 3 juga dapat menguatkan folikel rambut dan akar rambut serta memicu pertumbuhan rambut.

Video Khasiat Kacang Tanah


Selusin khasiat kacang tanah tadi tentunya sudah bisa meyakinkan anda bahwa penganan ringan satu ini sangat bermanfaat .

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More