Selamat datang, terima kasih atas kunjungannya. Salam perdamaian

Manfaat Kubis


Kubis atau kol merupakan salah satu jenis sayuran yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Apa saja manfaat kubis bagi kesehatan? Semua itu akan kita bahas sampai tuntas di sini. Namun sebelumnya mari kita berkenalan lebih jauh dengan sayuran berwarna putih ini.

Memiliki nama latin Brassica oleracea L., Kobis merupakan sayuran yang dimanfaatkan daunnya untuk dikonsumsi. Sayuran ini bentuknya bulat yang merupakan susunan dari dari daun-daun. Daun terluar berwarna kehijauan dan yang mudah berwarna putih. Bagian daun yang muda inilah yang biasa dimasak sebagai sayur.

Kubis bisa dikonsumsi dalam keadaan mentah sebagai lalapan atau dimasak menjadi tumis dan sayur sop. Sayuran ini juga menjadi pelengkap dalam makanan gado-gado.

Seperti jenis sayuran lainnya, kubis juga kaya akan vitamin, mineral dan tentunya serat. Diantaranya vitamin C, K, E, A, dan asam folat, serta memiliki kandungan sulfur, kalsium, zat besi, kalium, dan magnesium. Di dalam 70 gram kubis terdapat kandungan 15 kalori; 4,3 g karbohidrat; 2,2 g serat; dan 0,1 g lemak.

Manfaat Kubis (Kol) untuk Kesehatan


kubis kolDalam dunia pengobatan tradisional, daun kubis dikenal khasiatnya untuk mengobati peradangan. Sedangkan ilmu kedokteran modern mengenal kobis sebagai sayuran anti kanker. Selain itu, masih banyak manfaat lain dari sayuran ini.

1. Kesehatan Otak

Kandungan vitamin K dan anthocyanins yang terdapat dalam kubis mampu menjaga kondisi otak serta meningkatkan daya ingat dan konsentrasi. Kedua nutrisi ini dapat mencegah kerusakan saraf dan mengurangi resiko penyakit alzheimer. Bahkan menyembuhkan alzheimer.

2. Mengeluarkan Racun dari Dalam Tubuh

Kubis merupakan sayuran dengan kandungan vitamin C dan sukfur yang tinggi. Kedua senyawa ini sangat bermanfaat dalam mengeluarkan racun dari dalam tubuh yang menjadi penyebab penyakit seperti dari arthtiris, penyakit kulit, rematik, dan asam urat.

3. Mencegah Kanker

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kubis memiliki kemampuan dalam mencegah sel-sel kanker, seperti kanker payudara. Hal ini dikarena kandungan senyawa seperti lupeol, sinigrin, dan sulforaphane yang mampu menghambat pertumbuhan tumor dan kanker.

4. Melancarkan Sirkulasi Darah

Menjaga sirkulasi darah agar tetap lancar adalah hal yang sangat penting untuk mencegah stroke dan penyakit jantung. Kandungan potassium dalam kubis ternyata mampu melebarkan pembuluh darah sehingga aliran darah di seluruh tubuh tetap lancar.

5. Mengatasi Sakit Kepala

Ternyata kubis telah lama digunakan sebagai obat tradisional untuk sakit kepala. Caranya, haluskan kubis dengan cara diblender. Bungkus dengan kain bersih dan kompreskan pada dahi penderita sakit kepala.

6. Menjaga Kesehatan Mata

Kubis (Kol) juga sangat baik untuk menjaga kesehatan mata. Sama seperti sayuran dan buah dengan kandungan vitamin A tinggi. Misalnya Apel, Wortel dan Daun Bawang yang kemarin kita bahas. Rajin mengkonsumsi kubis sejak kecil menghindarkan diri menggunakan kacamata saat dewasa.

7. Obat Sariawan

Selain mengobati sakit kepala, kubis ini juga kerapkali dijadikan sebagai obat sariawan tradisional. Ini berkat kandungan zat glutamine yang ada di dalamnya. Untuk mendapatkan manfaatnya dalam mengobati sariawan, cukup dengan mengkonsumsi jus kobis secara rutin.

8. Melancarkan Pencernaan

Sama seperti buah pisang, kubis atau kol juga dapat membenatu melancarkan pencernaan serta mengatasi sembelit atau konstipasi. Ini berkat kandungan sulfur dan mineral lainnya.

9. Manfaat Lainnya

Kubis kaya akan kandungan vitamin E, dimana vitamin memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Selain dapat memperbaiki kerusakan jaringan sel-sel dalam tubuh, melancarkan metabolisme, juga meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Manfaat Kubis untuk Kecantikan


Selain bermanfaat untuk kesehatan dan digunakan sebagai obat tradisiona, kubis ini juga banyak manfaatnya bagi dunia kecantikan. diantaranya mencegah penuaan dini, menjaga kecantikan kulit dan membantu program diet penurunan berat badan.

1. Menurunkan Berat Badan

Siapa yang tak ingin tampil cantik dengan tubuh langsing? Hampir setiap wanita mendambakannya. Maka dari itu mereka rela melakukan diet untuk menurunkan berat badan. Kubis merupakan makanan tepat untuk membantu program diet Anda. Sayuran ini rendah kalori dan tinggi kandungan seratnya sehingga dapat mengurangi kelebihan lemak di dalam tubuh.

2. Mencegah Penuaan Dini

Kandungan vitamin E dalam kubis ini juga bermanfaat untuk kecantikan, terutama kulit. Kandungan vitamin C dan antioksidannya juga dapat mencegah terjadinya penuaan dini dan menjaga kulit agar tetap awet muda.

3. Kecantikan Kulit

Selain vitamin C dan vitamin E, dalam kubis juga terdapat senyawa sulfur yang baik untuk melawan jamur dan infeksi bakteri penyebab jerawat. Gunakan masker kubis pada kulit wajah untuk membeuat wajah terlihat cantik. Kubis ini juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan rambut lho.

Nah, begitu banyak manfaat kubis bagi kesehatan dan kecantikan bukan? Namun, jangan terlalu banyak mengkonsumsi kubis. Karena kandungan sulfurnya yang cukup tinggi, makanan ini dapat menyebabkan gas dalam perut jika diknsumsi terllau banyak. Ini merupakan efek negatif dari kubis. Bagi penderita asam lambung, harap berhati-hati dalam mengkonsumsinya.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More