Selamat datang, terima kasih atas kunjungannya. Salam perdamaian

Manfaat Paprika

Manfaat Cabai Paprika. Paprika merupakan salah satu buah yang masih tergolong dalam keluarga cabai. Tidak megherankan jika kita dapat merasakan sensasi rasa pedas ketika kita menikmati buah yang satu ini. Paprika mempunyai bentuk yang unik tidak seperti bentuk cabai pada umumnya yang panjang seperti jari tangan, bentuk seperti itu bisa kita jumpai pada cabai merah, cabai hijau dan cabai rawit, tapi cabai paprika memiliki bentuk yang lebih menyerupai buah tomat. Tak hanya itu saja, khasiat buah paprika juga cukup baik untuk kesehatan sehingga tak ada salahnya apabila buah ini menjadi salah satu penyedap setiap masakan supaya kandungan vitamin di dalamnya bisa kita dapatkan.

Manfaat Cabai Paprika
(c) pixabay
Dibalik bentuknya yang unik dan warnanya yang cerah (merah, kuning, hijau), cabai paprika memiliki kandungan vitamin, enzim, serta zat-zat yang sangat baik dalam menjaga tubuh agar tetap sehat dan terhindar dari berbagai penyakit berbahaya seperti kanker dan jantung. Konsumsilah paprika dengan jumlah yang cukup agar manfaat cabai paprika yang mampu menghindarkan dari berbagai macam penyakit berbahaya dapat kita peroleh. Kegunaan paprika dalam masakan cukup banyak karena memiliki beberapa kandungan vitamin yang memberikan nutrisi penting bagi tubuh. Sebagaimana dikutip dari merdeka.com, berikut adalah manfaat paprika untuk kesehatan.

Manfaat Paprika
  1. Menjaga kesehatan mata
    Dalam paprika terdapat beberapa vitamin serta enzim yang mampu melindungi tubuh dari gangguan penyakit. Salah satunya yaitu vitamin A. Seperti yang kita tahu bahwa kandungan dari vitamin A sangatlah baik bagi kesehatan mata. Selain vitamin A dalam paprika juga terdapat enzim lutein yang mampu mencegah kita agar terhindar dari resiko penyakit katarak.
  2. Sistem kekebalan tubuh
    Paprika juga mengandung vitamin C. Dari jenis paprika yang ada, kandungan vitamin C terbesar ada pada paprika merah. Vitamin C ini mampu menjaga sistem imun kita agar tetap kuat sehingga kita terhindar dari penyakit.
  3. Kesehatan kulit
    Bagian paling luar tubuh seperti kulit perlu dijaga agar selalu terlihat cantik dan sehat, didalam paprika selain terkandung vitamin A dan vitamin C, juga mangandung vitamin E. Vitamin ini baik dalam menjaga kesehatan dan kecantikan kulit dari dalam.
  4. Kesehatan jantung
    Paprika merah mengandung kandungan likopen yang sangat banyak. Kandungan likopen berperan penting dalam kondisi kesehatan jantung. Selain menjaga kondisi jantung, paprika juga kaya akan vitamin B6 dan folat. Vitamin B6 dan folat ini berfungsi sebagai penurun kadar homosistein dalam tubuh, dimana kadar homosistein yang tinggi menyebabkan semakin besar resiko kita terserang peyakit jantung. Selain itu, dalam paprika juga terdapat kandungan kalium yang mampu menurunkan sekitar 162 miligram tekanan darah dalam tubuh.
  5. Sistem saraf dan regenerasi sel
    Sistem saraf dalam tubuh dapat terjaga berkat tingginya kandungan vitamin B6 pada paprika. Selain mampu menjaga sistem saraf pada tubuh kita, vitamin ini juga dapat meregenerasi sel-sel yang ada dalam tubuh.
  6. Mencegah penyakit kanker
    Paprika banyak mengandung phytochemical dan beta-carotene yang merupakan antioksidan serta anti inflamasi. Antioksidan bermanfaat untuk menangkal radikal bebas yang berpotensi menyebabkan penyakir kanker. Dalam paprika juga terdaat kandungan karotenoid likopen. Karotenoit likopen berperan sangat efektif dalam mencegah tubuh supaya tehindar dari penyakit prostat. Bukan saja mencegah dari penyakit prostat, karotenoit likopen yang terkandung dalam paprika juga berperan penting bagi tubuh dalam mencegah timbulnya penyakit-penyakit yang lain seperti gangguan kandung kemih, kanker leher rahim dan kanker pankreas.
  7. Mengontrol diabetes dan meredakan rasa nyeri
    Rasa pedas yang ada dalam paprika berasal dari suatu zat yang bernama zat capsaicin. Zat capsaicin memiliki khasiat sebagai pengontrol kadar koleserol yang ada pada tubuh kita. Selain mengontrol jumlah kolesterol dalam tubuh, zat capsaicin juga memiliki khasiat sebagai pereda rasa nyeri. 

Demikian adalah beberapa manfaat paprika untuk kesehatan yang bisa saya berikan untuk anda. Dengan demikian maka tak perlu ragu mengkonsumsi jenis cabe satu ini dalam keseharian anda agar vitamin dan kandungan  khasiat paprika ini bisa anda dapatkan.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More