Selamat datang, terima kasih atas kunjungannya. Salam perdamaian

manfaat Tanaman Rumput Lidah Ular Bagi Kesehatan

Khasiat Tanaman Rumput Lidah Ular Bagi Kesehatan -Tanaman obat yang satu ini memang sangat ampuh untuk pencegahan serta pengobatan penyakit kanker, memang bentuk dan perawakannya sangat sederhana, namun jika dilhat dari manfaat, maka mungkin kita akan heran dan bilang kenapa tidak dari dulu memanfaatkan rumput ini.
14 Khasiat Tanaman Rumput Lidah Ular Bagi KesehatanRumput lidah ular (Nama latin : Hedyotis corymbosa) atau yang juga dikenal dengan rumput mutiara ini adalah sejenis rumput liar yang pertumbuhannya banyak didapat pada pinggir jala dan tempat-tempat terbuka yang cukup paparan sinar matahari. Diberbagai daerah, rumput lidah ular dikenal dengan Katepan, rumput siku, daun mutiara, dan daun ular. Cirinya terletak pada keseluruhan batang yang menempel ketanah (menjalar ditanah), mempunyai banyak cabang disertai daun, batang berbentuk segi empat dengan warna hijau kecokelatan, Sedangkan daun kecil meruncing dan bertulang dengan  warna hijau pucat. Daun juga bersisik pada bagian tepi. Rumput lidah ular mempunyai akar tunggang bercabang berbentuk seperti benang.


Manfaat rumput lidah ular didukung dengan adanya senyawa alami yang terkandung didalamnya. Kandungan tersebut berupa Asam stearat, Asam oleanolat, Asam trans p-kumarat, Asam ursolat, Saponin, Flavonoid, Polifenol, Triterpen, Polisakarida, Glikosida antrakuinon, dan sitosterol. Dari kesemua zat ini, dihasilkan beberapa khasiat yang cukup banyak bgi kesehatan tubuh. Rincian lengkapnya bisa sobat lihat dibawah ini!

11 Khasiat Tanaman Rumput Lidah Ular Bagi Kesehatan :
  1. Obat herbal untuk menurunkan demam (antipretik).
  2. Melurukan saluran kemih (peluruh kencing) hal ini karena sifat diuretik yang juga berpengaruh dalam menjaga kesehatan ginjal.
  3. Mempunyai manfaat sebagai anti kanker dan anti tumor, utamanya untuk kanker hati, kanker darah (leukimia), dan kanker payudara.
  4. Obat herbal untuk penyakit Tonsilis.
  5. Menyembuhkan gejala penyakit yang berhubungan dengan bronkitis.
  6. Mengatasi penyakit yang terkait dengan organ hati (hepatitis).
  7. Memperbarui susunan sel syaraf pusat yang rusak.
  8. Bersifat sebagai anti inflamasi yang berguna untuk mengobati pembengkakan atau peradangan. utamanya radang usus buntu.
  9. Menetralkan racun yang diakibatkan oleh gigitan hewan seperti ular.
  10. Membunuh bakteri dalam tubuh karena adanya sifat anti bakteri dan antimikroba.
  11. Mencegah infeksi yang umum terjadi pada luka.
  12. Mempercepat proses penuaan bisul, terkait juga dengan penyakit kulit lainnya.
  13. Mengobati penyakit gondongan (gondok).
  14. Mengatasi masalah penyakit yang berhubungan dengan cholecystitis.
Resep cara penyajian dan pemakaian :
Sediakan 30gr rumput lidah ular yang sudah kering. Rebus dengan 300cc air hingga mendidih dan minum rutin sehari sekali.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More