Selamat datang, terima kasih atas kunjungannya. Salam perdamaian

Manfaat Terong

Image result for terong ungu

Terong adalah tumbuhan penghasil buah yang kemudian dimanfaatkan sebagai sayur-sayuran, sama halnya seperti tomat. Tanaman ini asalnya dari Sri Lanka dan India. Buahnya mempunyai beragam warna yakni ungu, hijau, dan putih. Di Indonesia, terong sering dilibatkan dalam berbagai hidangan, mulai dari sayuran berkuah hingga lalapan. Sama seperti sayuran lainnya, terong menawarkan berbagai manfaat kesehatan yang baik bagi tubuh. Kandungan Nutrisi Terong Manfaat terong bagi kesehatan tubuh datang berkat kandungan nutrisi-nutrisinya. Terong kaya akan vitamin C, K, B6, tiamin, niasin, magnesium, fosfor, tembaga, serat, asam folat, kalium, dan mangan. Selain itu, terong hanya sedikit sekali mengandung kolesterol atau lemak jenuh. Terong menawarkan segudang manfaat yang cukup vital dalam membantu menjaga kesehatan tubuh diantaranya menjaga kesehatan jantung, mengontrol gula darah, hingga mencegah kanker. Simak ulasan lebih lengkapnya berikut ini.. 


  1. Manfaat Terong Dalam Menjaga kesehatan pencernaan  Sama seperti sayuran lainnya, terong merupakan salah satu sumber serat makanan yang tinggi. Serat sangat penting bagi kesehatan pencernaan dan bermanfaat untuk melancarkan buang air besar. Serat juga dapat merangsang sekresi asam lambung yang memudahkan penyerapan nutrisi dan pencernaan makanan. Serat juga sering dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit jantung karena dapat membantu mengusir kolesterol ‘jahat’ yang dapat menyumbat arteri dan vena, penyebab aterosklerosis, serangan jantung, dan stroke.  
  2. Manfaat Terong Dalam Membantu menurunkan berat badan Terong adalah makanan yang baik untuk membantu anda dalam menurunkan berat badan. Hal ini karena terong rendah karbohidrat, padat nutrisi, dan rendah kalori. Satu cangkir terong hanya mengandung delapan gram karbohidrat. Terong juga merupakan makanan berglikemik rendah yang berarti bahwa sejumlah kecil karbohidrat dalam terong tidak menyebabkan dampak yang besar terhadap kadar gula darah anda (kunci lain untuk mengoptimalkan penurunan berat badan). 
  3. Manfaat Terong Dalam Menjaga sistem kekebalan tubuh Terong juga merupakan sumber antioksidan terbaik yang bermanfaat untuk menjaga tubuh dari serangan berbagai penyakit. Vitamin C yang terkandung pada terong merupakan bagian penting dari sistem kekebalan tubuh. Selain vitamin C, terong juga mengandung mangan, antioksidan alami dan merupakan mineral yang penting. Lebih dari itu, terong mengandung nasunin dan asam klorogenik, dua antioksidan organik yang dapat menghambat radikal bebas, serta mempunyai sifat anti-bakteri dan anti-virus. Adanya antioksidan yang baik dalam tubuh akan memastikan sistem organ seluruh tubuh anda terlindung dari infeksi dan penyakit berbahaya, termasuk kanker dan penyakit jantung. 
  4. Manfaat Terong Dalam Menjaga Kesehatan Tulang Senyawa fenolik yang terkandung dalam terong sangat bermanfaat untuk melindungi tulang dari terjadinya degradasi tulang dan osteoporosis. Senyawa fenolik adalah senyawa yang memberikan warna unik pada buah-buahan, termasuk terong. Senyawa fenolik juga telah dikaitkan dengan penurunan risiko osteoporosis, meningkatnya kekuatan tulang dan kepadatan mineral tulang. Terong juga mengandung zat besi dan kalsium yang tinggi, dimana zat-zat tersebut berperan penting dalam menjaga kesehatan tulang. Nutrisi lainnya dalam terong, kalium, juga berperan dalam penyerapan kalsium. Fakta-fakta ini membuat terong sebagai makanan yang sangat berguna untuk menjaga kesehatan tulang secara keseluruhan. 
  5. Manfaat Terong Dalam Mencegah Anemia Kekurangan zat besi bisa berbahaya bagi kesehatan secara keseluruhan, dan itu dapat menyebabkan anemia. Anemia ditandai dengan sakit kepala dan migrain, kelelahan, lemah, depresi, dan kerusakan kognitif. Mengonsumsi makanan yang kaya akan zat besi dapat melawan anemia, dan terong memiliki kandungan zat besi yang cukup banyak. Adapun komponen penting lainnya di dalam terong adalah tembaga. Tanpa kedua mineral tersebut, jumlah sel darah merah dalam tubuh akan terus menurun. Menjaga jumlah sel darah merah tetap normal akan berdampak positif terhadap kesehatan tubuh anda secara keseluruhan dan terhindar dari anemia. 
  6. Manfaat Terong Dalam Meningkatkan Kinerja Otak Terong mengandung fitonutrien yang telah lama dikenal sebagai pemacu untuk aktivitas kognitif dan kesehatan mental secara umum. Nutrisi ini tidak hanya sebagai pelindung terhadap datangnya radikal bebas dan racun yang masuk ke dalam tubuh, namun juga dapat meningkatkan aliran darah ke otak. Dengan banyaknya pasokan darah yang kaya oksigen ke otak, maka hal tersebut dapat meningkatkan kekuatan memori dan daya pikir. Kalium dalam terong juga diketahui bertindak sebagai vasodilator dan penguat otak, sehingga secara keseluruhan, sayuran ini bisa disebut sebagai makanan untuk otak. 
  7.  Manfaat Terong Dalam Menjaga Kesehatan Jantung Ada beberapa hal yang membuat terong dikatakan bisa bermanfaat dalam menjaga kesehatan jantung anda. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa terong dapat membantu mengurangi keberadaan kolesterol ‘jahat’ dalam tubuh dan merangsang penyerapan kolesterol ‘baik’. Keseimbangan kolesterol dalam tubuh selalu berfluktuasi berdasarkan makanan yang kita makan, namun lebih banyak kolesterol HDL yang kita miliki, maka hal itu semakin baik. Mengurangi kolesterol LDL bisa mencegah serangan jantung, stroke, dan aterosklerosis. Bioflavonoid dalam terong sangat bermanfaat dalam mengurangi tekanan darah, di mana hal ini akan mengurangi ketegangan dan stres pada sistem kardiovaskular serta sangat baik dalam meningkatkan kesehatan dan daya tahan jantung anda. 
  8.  Manfaat Terong Dalam Mengontrol Gula Darah Sebelumnya, para ahli di Amerika telah merekomendasikan terong sebagai bagian dari makanan penderita diabetes tipe 2. Sayuran ini memiliki serat yang tinggi dan rendah karbohidrat larut. Sayuran ini juga kaya akan fenol, antioksidan yang benar-benar membantu mengontrol kadar gula darah pada penderita diabetes. Fenol mengatur metabolisme karbohidrat tubuh. Hal ini memberikan insulin lebih banyak waktu untuk memecah karbohidrat, terutama dari makanan olahan yang tidak mengandung serat atau vitamin. 
  9.  Manfaat Terong Dalam Mencegah Cacat Lahir Folat adalah salah satu kandungan penting dari makanan yang bermanfaat bagi ibu hamil. Asam folat secara langsung melindungi bayi dari cacat tabung saraf, yang dapat terwujud dalam beberapa cara. Oleh karena itu, disarankan bagi ibu hamil untuk meningkatkan asupan asam folat yang bisa didapat pada terong atau makanan lainnya karena bisa bermanfaat bagi si bayi dan juga si ibu. 
 * Tambahan : Terong termasuk sayuran yang bisa menyebabkan reaksi alergi pada kondisi-kondisi tertentu. Untuk lebih dalamnya, konsultasikan hal ini pada dokter anda sebelum mengonsumsinya. Itulah beberapa manfaat terong bagi kesehatan tubuh. Semoga bermanfaat..

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More