Selamat datang, terima kasih atas kunjungannya. Salam perdamaian

Ukiran Buah

GAMBAR BUAH – Fruit carving adalah seni menghidangkan makanan dengan keindahan. Media yang biasa digunakan yaitu buah, terutama yang berbentuk bulat serta memiliki tekstur yang lunak. Alat-alat yang digunakan dalam fruit carving cukup sederhana yaitu, cutter, pisau bergerigi dan tusuk gigi jika diperlukan.

Fruit carving ditemukan pertama kali di Thailand. Tahun 1364, seorang dekorator bernama Nang Nopamas membuat dekorasi lampu perahu pada festival royal yang rutin dilakukan saat bulan purnama setiap tahun di bulan Desember. Ia mengukir buah dan sayur menjadi bunga hingga rangkaian ukiranya terlihat seperti rangkaian bunga Lili yang sangat indah.
Inilah gambar buah yang merupakan seni fruit carving.

1. Semangka Berbentuk Rolex
Rolex

Pasti kalian tau kan merek jam diatas itu apa? Yaps, jam Rolex ini merupakan jam paling mahal di dunia. Biasanya jam Rolex dipakai oleh orang elite doang. Tapi kalau kamu belum punya budget tinggi, kamu ngga perlu beli yang mahal-mahal kok. Cukup diukir aja diatas buah dengan pisau khusus. Perlu kamu ketahui, untuk membuat ukiran diatas dibutuhkan skill mengukir tingkat dewa di setiap pahatannya.

2. Semangka Berbentuk Mobil Merah
Mobil
pixshark.com
Biasanya, replika kendaraan dibuat menggunakan kayu atau bahan-bahan lain yang sekiranya bisa diukir. Tapi hal mengejutkan justru terjadi pada mobil replika diatas. Dengan skill pahatan tingkat dewa, pengukir berhasil membuat sebuah replika mobil merah yang berasal dari bahan baku semangka !
Pastinya replika mobil ini ngga bakalan bisa dibuat mainan sama anak-anak kecil. Sekali dibuat mainan dapat dipastikan bentuknya bakalan ancur ntar hehe. Semangka berbentuk mobil diatas cocok digunakan untuk keperluan pesta seperti acara pernikahan, reunian dan sebagainya. Tentunya kita harus membayar dengan harga yang fantastis untuk membuat karya ukiran sekeren itu.

3. Apel Berbentuk Dunia
Dunia
exposingtruth.com
Dunia kok bentuknya apel ? Atau jangan-jangan ini dunia apel ? Eits, tunggu dulu. Ini masih buah apel kok. Hanya saja tampilannya dibikin mirip kayak bola dunia yang biasanya kita lihat.
Apel berbentuk bola dunia tersebut dipahat dengan ukuran yang hampir sama atau presisi dengan skala ukuran bumi sebenarnya. Bagian kulit apel menjadi daratan, sementara itu bagian dalamnya menjadi lautan. Benua Amerika dan Afrika terlihat sama persis dengan aslinya. Terbukti jika sang pemahat disini menggunakan skill tingkat dewa dalam setiap ukirannya.

4. Semangka Berbentuk Bunga
Bunga
hdimagelib.com
Balik lagi ke buah semangka. Khusus buat para cewe-cewe penggemar bunga, pastinya kamu terkagum-kagum kan lihat pahatan semangka kayak gambar diatas ? Jujur, penulis masih belum mengerti buah ini berbentuk bunga apa. Yang jelas, buah diatas merupakan salah satu ukiran bunga yang dibuat oleh kreatifitas tangan manusia
Bunga semangka ini dibuat dengan teknik pahatan yang bisa agak gampang-gampang susah. Pertama-tama kamu harus membuat bagian ujung kelopaknya terlebih dahulu. Setelah itu sampai ke bagian bawahnya.

5. Apel Bebentuk Balon Udara
Balon udara
smosh.com
Nah, ini nih teknik ukiran paling gampang yang bisa kamu lakukan dirumah. Cukup membuat irisan selebar 3 cm secara berjajar, kamu sudah bisa membuat balon udara 3 dimensi. Tambahkan mayonaise untuk membuat awat dan sedikit irisan kulit apel untuk bagian penumpang balon udaranya.
Ibu – ibu dirumah bisa mempraktekan irisan apel tersebut cocok untuk anak-anak dibawah 10 tahun, khususnya bagi mereka yang kurang suka terhadap buah. Sehingga buah apel akan terlihat lebih menarik dan disukai oleh anak-anak.

6. Melon Berbentuk Angsa
Angsa
snob.by
Sekilas jika kita lihat dari gambarnya, kayak melon berbentuk angsa ini sulit untuk dicoba. Salah satu bagian tersulit dari pahatan melon ini adalah dibagian leher dan kepala angsanya. Buat kamu yang belum terbiasa untuk memahat buah, sebaiknya kamu belajar membuat balon udara dari apel dulu sebelum mencoba memahat melon berbentuk angsa ini.
Buat kamu yang lagi ada acara pernikahan, reunia atau sebagainya, buah melon berbentuk angsa ini memang cocok untuk kamu suguhkan. Terlebih jika yang kamu undang adalah beberapa tamu khusus dari luar kota, pastinya kamu ngga akan ingin mengecawakan acara itu dengan sesuatu yang biasa-biasa saja.

7. Jeruk dan Garis Lekung yang Indah
Seni garis dan lengkung
youtube.com
Hmmm, sepertinya ukiran jeruk ini sangat bagus ya. Jika dilihat, warna dan bentuknya memiliki perpaduan yang pas. Ia memiliki bentuk yang mirip dengan keranjang buah yang ada minimarket. Jika kamu ingin menirunya, pastikan jeruk yang dipakai adalah jeruk yang berukuran besar seperti jeruk pontianak dan lain-lain. Jangan gunakan jeruk nipis, bakalan susah nantinya. Hehe.

8. Labu Berbentuk Taj Mahal

Taj Mahal

abhisculpture.blogspot.com
Familiar dengan gambar ini? Ya, gambar ini memang sering muncul di bagian belakang cover buku RPUL sekolah. Taj mahal merupakan salah satu dari sekian banyak keajaiban dunia yang ada. Bangunan ini dibangun oleh kaisar Mughal Shah Jahan sebagai musoleum untuk istri tercintanya. Istrinya meninggal tatkala melahirkan anak yang ke 14. Shah Jahan pun berjanji bahwa ia tak akan pernah menikah lagi dan ia juga akan membangun makam termegah di atas kuburannya.
Kamu juga bisa meniru bagian yang ini. Namun, membutuhkan ketelatenan dan ketelitian untuk membuatnya. Selain Taj mahal, kamu juga dapat mencoba bentuk monster Hallowen untuk diukir.

9. Pepaya Berbentuk Ikan
Ikan
thai-creations.com
Jangan salah ya, ikan yang ada di sini tidak bisa dijadikan sebagai ikan goreng atau ikan bakar. Ikan ini juga tidak bisa di budidaya dengan cara memasukannya ke dalam kolam. Ikan ini hanyalah sebuah properti yang terbuat dari bahan pepaya. Bentuknya yang detail membuat pepaya ini tampak seperti ikan aslinya. Nah bagi kamu yang punya teman, sepupu atau saudara yang sangat suka sama ikan, bentuk ini cocok untuk dijadikan kado atau hadiah untuk mereka.

10. Jeruk Bermotif Bumi
Dunia
pixshark.com
Kalau yang jeruk satu ini mempunyai bentuk yang sama persis dengan bumi. Jeruk ini mungkin dibuat dengan tujuan untuk meng-kampanyekan istilah Go Green atau Pemanasan Global. Akan tetapi tahukah kamu? Bahwa sebenarnya kulit jeruk dapat mengatasi perut mulas, memperbaiki sistem pencernaan, sebagai anti oksidan, mencegah kanker kulit, menurunkan berat badan serta menyembuhkan penyakit seperti infeksi flu dan bronkitis. Jika kamu mebuat bentuk ini, jangan terburu-buru untuk membuang kulitnya. Simpanlah kulit jeruk tersebut karena itu baik untuk masa depan-mu.

11. Strawberry Berbentuk Mawar
Rose
imgkid.com
Sebenarnya, gambar ini menunjukan mawar yang berbentuk strawberry atau strawberry berbentuk mawar? Hehe. Secara kasat mata, strawberry ini terlihat sama persis seperti mawar. Mulai dari warna, tangkai hingga tekstur bentuk yang ada. Jika kamu memiliki pasangan hidup, jangan lupa untuk membawakannya mawar strawberry ini. Buat sebagus mungkin bila perlu. Tapi ingat, jangan simpan lama-lama mawar strawberry ini karena ia akan membusuk dikemudian hari.

12. Semangka Berbentuk Sepasang Kekasih
Sepasang kekasih

pinterest.com
Sebenarnya apa yang dilakukan mereka berdua? Kayaknya mereka kehilangan sesuatu yang sangat dicintainya sehinga mereka berdua temenung dibawah pohon yang tinggi. Mereka berharap, masalah mereka akan hilang bersamaan dengan terbenamnya sinar matahari. Tapi tunggu dulu, kayaknya kita sudah sangat familiar dengan gambar pemandangan dua buah gunung dan peristiwa matahari terbenam tersebut.

13. Pisang Berbentuk Bunga Tulip
Tulip
en.rocketnews24.com
Hmmm, luar biasa indahnya pisang yang satu ini. Ukirannya mempunyai tingkat kedetail-an yang pas. Tak terbayang berapa waktu yang dibutuhkan untuk membuat pisang ini. Perlu kamu ketahui, pisang adalah buah yang memiliki tekstur tubuh yang lembut dan sensitif. Jangankan untuk mengukirnya, menekannya dengan ujung jari pun buah ini akan hancur. Jika kamu ingin menirunya, siapkanlah buah pisang yang banyak. Sebagai cadangan ketika kamu gagal nanti.

14. Buah Naga Berbentuk Anjing Dalmation
Doggie
northnews.cn
Ide yang out of the box. Pada hakikatnya, inilah yang membuat sebuah karya seni menjadi semakin berharga, seperti seni ukir kali ini. Mungkin ide membuat ukiran dengan motif anjing dalmation dari buah naga tidak pernah terlintas di pikiran kita sebelumnya.
Apabila diperhatikan, sebetulnya tidak terlalu sulit untuk membuat ukiran anjing ini, bahkan kita bisa membuatnya sambil menikmati buah naga tersebut. Akan tetapi, sekali lagi ide-lah yang membuat karya seni ini mendapat penghargaan yang layak. Mantap!

15. Semangka Berbentuk Naga
Naga
drunov.ru
Berbeda dengan motif-motif lainnya, pada ukiran kali ini si seniman menjadikan makhluk mitologi sebagai motif ukirannya. Yup, ia memilih naga eropa sebagai pilihan motif bagi karya seni ukirnya tersebut. Apabila diamati, nampaknya hasil karya yang satu ini sedikit lebih mudah dibuat apabila dibandingkan dengan hasil karya ukir lainnya.
Mengapa demikian? Hal ini lantaran ukiran naga di atas tidak begitu detail. Meski begitu, karya ukir ini tetap patut diacungi jempol karena kreativitasnya yang out of the box. Ide ini bagus buat kamu yang baru mau mencoba untuk pertama kalinya membuat seni semacam ini karena tidak begitu sulit.

16. Buah Naga Berbentuk Mawar Putih
Bunga
foodcarving-ivelinstanchev.com
Membuat ukiran dengan media buah naga bukanlah hal yang mudah. Tahapan proses mengupas buah naga agar terlihat rapi dan bisa dipakai untuk dijadikan media ukir sangat memerlukan ketelitian. Belum lagi dengan tekstur daging buah yang amat lembut, sehingga sangat diperlukan kehati-hatian dalam proses mengukir.
Omong-omong, kalau buah naga yang disajikan untukmu berbentuk seperti gambar di atas, kira-kira kamu rela untuk makan apa nggak? Kalau aku sih no deh, lebih baik dibuat hiasan di rumah, hehe. Kadang memang begitulah kegalauan yang terjadi bagi pecinta seni.

17. Satu Buah Semangka dengan Dua Motif Sekaligus
Bunga
youtube.com
Ukiran pada gambar di atas bisa dibilang benar-benar unik. Satu buah semangka bisa dijadikan dua objek karya seni nan indah. Dilihat sekilas saja sudah indah, apalagi kalau kita memperhatikan detail-detailnya. Karya ini merupakan karya yang luar biasa.
Sisi kiri kulit buah semangka diukir menjadi setengah bagian bunga matahari dengan kelopak-kelopak bunga tambahan. Sedangkan, sisi kanan semangka dikupas dan diukir dengan sedemikian rupa sehingga membentuk motif bunga mawar merah besar yang dikelilingi oleh mawar-mawar kecil. Tentunya, membuat karya seperti ini sangat membutuhkan kreativitas dan ketelitian tingkat tinggi.

18. Buah Semangka Berbentuk Bunga dan Dedaunan Hijau
Bunga

qigaipo.com
Ukiran buah yang ini nampaknya bisa dibilang ukiran yang paling hemat. Mengapa? Ini karena dalam proses pembuatannya, si pengukir tidak banyak “membuang” daging buah. Ukirannya lebih banyak bermain di bagian kulit buah semangka tersebut.
Meski demikian, proses pembuatannya tentu tidak kalah ribet. Apalagi dengan bentuk sebagian terkelupas dan sebagiannya masih kulit. Dapat dipastikan, sang seniman sudah melalui proses dan pengalaman yang panjang.

19. Melon Berbentuk Bunga yang Tipis
Bunga
delfi.lt
Ukiran tingkat “dewa” di atas nampaknya dibuat oleh seorang seniman yang sangat berbakat. Mengapa? Karena media seni yang ia gunakan kali adalah melon, yang mana ia memiliki ruang kosong di tengahnya. Dengan perhitungan yang mantap, seniman tersebut mampu membuat ukuran yang dalam dan tipis, namun tetap membuat melon terlihat sangat indah.
Dengan bunga asli yang ditaruh di sekitarnya sebagai dekorasi tambahan, membuat kita semakin tidak tega untuk memakan buah melon tersebut.

20. Semangka Berbentuk Bunga Mekar
Bunga
rachelcooksthai.com
Untuk gambar yang terakhir ini, si pengukir sukses membentuk ukiran dengan pola bunga. Apabila semangka dilihat dari sisi atas, maka yang terlihat ada bunga yang sedang mekar. Kunci dari semua keberhasilan ukiran di atas adalah ketelitian dan keuletan dalam proses pembuatannya.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More