Selamat datang, terima kasih atas kunjungannya. Salam perdamaian

Perkalian Satuan Super Cepat

“Siapa pun orang cerdas bisa membuat masalah yang sedang dihadapinya menjadi lebih besar dan lebih rumit… semuanya memerlukan sentuhan kejeniusan dan banyak keberanian untuk bergerak pada arah berlawanan”. Albert Einstein (1879-1955)

Aktivitas kehidupan sehari-hari tidak terlepas dari Matematika kontekstual. Dari mulai kegiatan yang berhubungan dengan jumlah suatu benda, urutan dan penomoran tertentu sampai dengan pemecahan masalah yang membutuhkan perhitungan dan analisis Matematika. Kutipan ilmuwan Albert Einstein di awal tulisan ini menjelaskan secara tersirat bahwasannya diperlukan kejeniusan dan cara yang berbeda dari kebanyakan manusia dalam mengungkap atau memecahkan suatu masalah Matematika kontekstual. Dengan cara yang unik tersebut, hakikatnya adalah menggambarkan khasanah kekuasaan Allah dari berjuta-juta sel kelabu dalam pikiran manusia.
Berkaitan dengan penjumlahan satuan dalam interaksi kehidupan, orientasinya selalu memerlukan sentuhan Matematika. Dalam kenyataannya, dituntut untuk melakukan penjumlahan satuan secara cepat. Misalnya menghitung jumlah suatu barang, penjualan suatu produk atau lainnya. Penjumlahan satuan ini juga berguna dalam menghitung banyaknya suatu data dari hasil pengumpulan atau pencatatan suatu data dalam statistika. Sebagai contoh menghitung jumlah nilai perolehan seorang siswa dalam berbagai mata pelajaran atau menentukan jumlah perolehan seluruh siswa pada tes tertentu, yang merupakan data awal dalam tahapan langkah menentukan rata-ratanya setelah dibagi dengan banyak mata pelajaran atau banyak siswa.
Untuk lebih jelasnya mengenai contoh soal cara gila menentukan hasil jumlah satuan secara kilat, adalah sebagai berikut:
Diketahui nilai kelas VI SDN Jayamulya III pada mata pelajaran Matematika
Adrian Hidayat = 7
Dede Cahyana = 8
Dedi = 7
Dinar = 6
Dodi Suwarno = 9
Ela Noviana =7
Ferinudin = 7
Hadi Hermawan = 7
Ikhsan Maarif = 10
Junaedi = 8
Karnilah = 6
Kaswari = 6
Lina Safitri = 7
Pudin = 5
Rahmawati = 9
Rangga = 9
Rian Rizky = 10
Romi Maulana = 7
Siti Nurhalimah = 5
Tuti Khodijah = 8
Wardana = 7
Wartim = 6
Tentukan jumlah nilai di atas !
Dengan model Matematika dapat dituliskan sebagai berikut :
7+8+7+6+9+7+7+7+10+8+6+6+7+5+9+9+10+7+5+8+7+6= …
Selama ini untuk menjawab soal di atas, seringkali kita menggunakan penjumlahan bersusun ke bawah atau menggunakan penjumlahan secara instan yaitu kalkulator. Cara seperti ini tidak salah, hanya kurang efektif dan efisien. Misal untuk menggunakan penjumlahan bersusun ke bawah, membutuhkan waktu yang relatif lebih lama, karena menuliskan ulang secara bersusun ke bawah. Sedangkan menggunakan kalkulator sangat efisien namun menumbuhkan ketergantungan serta tidak mengembangkan kemampuan/kecerdasan logika Matematika.
Cara gila menyelesaikan soal di atas, prosedurnya yaitu:

  1. Jumlahkan satuan dengan satuan
  2. Tulis hasil penjumlahannya dipinggir. Apabila lebih dari 10 coret bilangan tersebut dan hasil satuannya ditulis dipinggir.
  3. Tulis hasil satuannya pada hasil belakang dan tuliskan banyaknya hasil coretan sebagai hasil depan.
Mari perhatikan langkah berikut ini !


Dari pengerjaan di atas, hasil satuan akhir penjumlahan adalah 1 maka di tulis pada hasil angka belakang. Banyaknya coretan berjumlah 16 maka tuliskan pada hasil depan. Jadi hasilnya 161.
Silakan untuk mengecek menggunakan cara biasa atau kalkulator. Seiring berjalannya waktu, cara ini akan lebih cepat dari cara biasa.Kemudian dengan cara gila ini, minimal mengurangi potensi kesalahan karena lupa atau salah tekan kalkulator.
Selamat mencoba untuk contoh soal yang lain. Semoga bermanfaat !

Sumber : guraru.org/

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More