Selamat datang, terima kasih atas kunjungannya. Salam perdamaian

Cara Praktis dan Alami Menghilangkan Kantung Mata

Keberadaan kantung mata, atau rona hitam yang memangkal di bawah mata, merupakan salah satu penyebab mengapa para wanita jadi kurang percaya diri dengan penampilannya.
Meskipun concealer dikenal sebagai senjata ampuh untuk sesaat, namun penggunaan bahan-bahan alami merupakan cara andal yang dapat menghilangkan kantung mata dengan efek yang long lasting.
Menurut sebuah studi oleh Departmenf of Dermatology, Federal University of Rio Grande do Sul, Brazil, penyebab timbulnya kantung mata sendiri cukup beragam. Mulai dari proses alami yang tidak bisa dicegah seperti penuaan dan faktor genetik, sampai kebiasaan yang sudah lama dilakoni tanpa mengetahui efek sampingnya.
Bazaar akan membantu Anda untuk mengetahui lebih dalam tentang penyebab timbulnya kantung mata serta cara mencegah dan menghilangkannya dengan menggunakan bahan-bahan alami yang bisa ditemukan di dapur Anda.

Sebuah Proses yang Natural
Kedua proses genetik dan bertambahnya umur, memang terjadi secara alami dan merupakan penyebab mengapa pembengkakan di bawah mata timbul.
Faktor genetik atau keturunan adalah salah satu penyebab utama diskolorasi atau ketidakrataan pada warna kulit; jika orangtua Anda mempunyai kondisi kulit hiperpigmentasi, maka kemungkinan besar Anda juga bisa mewarisi kondisi tersebut.
Selebihnya, jika Anda mewarisi kulit yang tipis di bawah mata, maka aliran darah yang mengumpul di bawah mata (akibat sirkulasi darah yang pelan karena kurangnya tidur) akan terlihat lebih jelas. Akumulasi tersebut akan menyebabkan pembuluh kapiler yang rapuh menjadi renggang dan bocor.
Kedua, bertambahnya umur juga merupakan faktor munculnya kantung mata. Semakin bertambah usia, kulit akan kehilangan kolagen dan menyebabkan kulit semakin menipis, sehingga pembuluh darah semakin terlihat menonjol dan memicu timbulnya warna gelap dan kantung mata.

Kebiasaan yang Susah Hilang
Tidak semua kebiasaan yang sudah menjadi rutinitas sehari-hari mempunyai dampak yang baik untuk kesehatan Anda. Salah satunya adalah merokok yang dapat menyebabkan masalah pada pembuluh darah, seperti mengerutkan pembuluh.
Hal ini mengakibatkan sirlukasi darah akan memburuk dan pembuluh darah akan terlihat lebih jelas dan gelap. Merokok, sama seperti alkohol, juga dapat mengurangi aliran oksigen ke kulit.
Selain itu, menjaga pola makan dan asupan gizi yang baik sangat penting untuk kesehatan Anda; mengonsumsi makanan berpengawet, atau junk food, dan kurangnya aneka sayuran segar dan makanan bergizi di dalam diet Anda akan menyebabkan kulit terlihat pucat dan lebih menampilkan lingkaran hitam di bawah mata Anda.
 
Matahari dan Efeknya
Apakah Anda tahu bahwa paparan sinar matahari yang mengandung sinar ultraviolet merupakan salah satu faktor tampaknya kantung mata hitam? Sinar UV dapat langsung terserap pada lapisan kulit yang terdalam dan akan berdampak pada kerusakan dan penggelapan kulit termasuk pada kulit sekitar mata.
So, moisturizers and sunscreens are your new best friends now!
 
Menurut Dr. Mercola, seorang osteopathic physician di situsnya, ada beberapa cara praktis yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi lingkaran hitam di bawah mata dan kantung mata.

  1. Hindari menggosok mata, karena kulit di bawah mata akan menipis, berkurang kolagen dan elastisitasnya semakin kita menua.
  2. Kendalikan alergi Anda, karena alergi dapat mengakibatkan mata berair dan memungkinkan Anda menggosok area mata.
  3. Ubah posisi tidur Anda. Usahakan tidur denagn posisi terlentang dan hindari menumpuk bantal.
  4. Menghapus makeup dengan perlahan. Membersihkan makeup dengan menggosok mata secara kasar dapat mengakibatkan pembengkakan di area mata.
  5. Kurangi asupan alkohol. Alkohol dapat membuat kulit menjadi kering dan mengakibatkan kerusakan yang lebih fatal saat Anda tidak sengaja menggosok area mata. Setelah meminum alkohol, minumlah sedikitnya 1 liter air sebelum tidur, untuk membantu dehidrasi kulit.
  6. Gunakan sunglasses saat beraktivitas di luar ruangan untuk melindungi mata dari sinar matahari. Carilah sunglasses dengan kode UV400 atau yang memiliki daya serap sinar UV sebesar 99-100%.
  7. Berhenti merokok. Merokok mempercepat hilangnya kolagen dari kulit, sehingga dapat memperparah kantung mata.
  8. Gunakan perawatan di sekitar mata yang menyegarkan. Cobalah beberapa bahan dan cara yang berbeda untuk melihat yang mana yang sesuai untuk Anda.

Berikut adalah beberapa cara alami dan efektif untuk merawat area sekitar mata Anda yang dapat membantu menghilangkan kantung mata:

1. Minyak almond
Mengandung protein, asam lemak, dan vitamin E, minyak almond dapat membantu Anda untuk mengurangi terlihatnya kantung mata.
Bubuhi dua atau tiga tetes minyak almond ke area bawah mata dan pijat dengan lembut ke dalam kulit sebelum Anda tidur. Cucilah muka, terutama pada area mata di pagi hari. Lakukan dengan rutin dan nantikan hilangnya rona hitam yang memangkal di bawah mata Anda.
 

2. Kentang
Kentang yang memiliki komponen pemutih alami dapat menerangkan lingkaran hitam tanpa menyebabkan reaksi keras pada kulit.
Parut kentang, ekstrak sarinya, lalu dinginkan di lemari es. Kemudian, gunakan bola kapas dan aplikasikan sari tersebut pada kulit di bawah mata. Setelah lima menit, bilas muka. Ikuti home remedy ini setiap hari untuk melihat perubahan di bawah mata Anda.


3. Kantung teh
Kafein di dalam teh merupakan sumber remedi yang dapat menghalang aliran darah dan mengurangi pembekakan ringan di daerah mata. Jadi pastikan Anda menggunakan jenis teh yang mengandung kafein seperti teh hijau, teh oolong, teh hitam, dan teh putih.
Anda hanya perlu mendinginkan kantong teh yang sudah digunakan, di dalam kulkas selama 10 menit lalu tempatkan di bawah mata selama 15 menit. Perubahan akan mulai terlihat setelah 10 hari jika Anda rutin melakukan hal ini.
 

4. Air mawar
Bersumber dari kelopak bunga mawar, air mawar, atau rose water, dapat menyerap toksin yang menyebabkan mata bengkak dan keberadaan lingkaran hitam.
Yang Anda perlu lakukan hanyalah untuk mencelupkan bola kapas ke dalam air mawar selama 15 menit lalu tempatkan kapas pada kelopak mata yang tertutup; pastikan daerah kantung mata tertutup dengan benar.
Lepaskan bantalan setelah 15 menit. Lakukan rutinitas ini dua kali sehari selama beberapa minggu, dan nantikan perubahan  yang bersih dan terang di daerah mata Anda.
 

5. Mentimun
Mentimun bukanlah hal yang asing lagi di dalam dunia kecantikan dan berikut adalah alasannya. Mentimun mengandung air yang sering kali digunakan untuk mengompres mata karena tumbuhan ini berfungsi untuk melancarkan aliran darah dan mengencangkan kulit di sekitar mata.
Mentimun juga kaya akan serat yang mampu mencerahkan kulit, juga dengan zat anti-inflamasi untuk membantu mengurangi pembengkakan di daerah mata, sekaligus mencerahkannya. Anda hanya perlu untuk memotong irisan mentimun yang dingin dan baringkan di atas mata dengan kondisi tertutup selama 10-15 menit.
Ulangi rutinitas ini sebanyak tiga kali sehari.
 

Selain cara-cara di atas, Anda juga dapat menggunakan alat bantu dalam prosesi home remedy Anda. Salah satu yang dapat membantu Anda adalah neti pot.
Dikembangkan dari tradisi pengobatan Ayurverda di India, kegunaan neti pot dapat membantu menghilangkan sinus sekaligus mengurangi bengkak dan discoloration di bawah mata. Apabila sinus hilang, pembuluh darah di daerah mata Anda akan menyusut dan warna di bawah mata akan tampak lebih terang.

Anda hanya perlu menuangkan air garam ke dalam satu lubang hidung dengan menggunakan neti pot, dan biarkan cairan mengalir dari sisi lain. Walaupun cara pemakaian terlihat aneh dan lucu, namun proses ini akan terasa menyegarkan dan membersihkan.
 
(Foto: Tinatin/Shutterstock, mama_mia/Shutterstock, paulista/Shutterstock, Gayvoronskaya_Yana/Shutterstock, Anna Ok/Shutterstock, Piotr Marcinski/Shutterstock, Koldunov/Shutterstock, Photographee.eu/Shutterstock)

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More