Selamat datang, terima kasih atas kunjungannya. Salam perdamaian

15 Manfaat Bunga Teratai

Bunga Teratai (Nelumbium nelumbo druce) adalah salah satu tanaman tumbuhan yang habitatnya di air. Tanaman yang berasal dari daratan Asia ini sangat indah dan memanjakan mata setiap orang yang melihatnya. Tumbuhan ini biasanya di kembangbiakkan di kolam, walaupun banyak juga yang tumbuh liar di rawa-rawa. Ciri fisik dari tumbuhan ini antara lain akar rimpangnya tebal, bersisik, dan tumbuh di dalam tanah. Permukaan daun dari bunga terarai berlilin dan memiliki warna hijau yang agak keputihan. Dan yang paling indah adalah bagian bunganya yang memiliki bau harum, dengan tangkainya yang bulat serta kokoh. Tapi, tahukah anda kalau ternyata tanaman Bunga Teratai ini memiliki banyak manfaat di bidang kesehatan dan sering dipakai sebagai obat tradisional? Di dalam artikel ini, saya akan membahasnya.
 
Khasiat dan Manfaat Bunga Teratai
Bunga Teratai
KANDUNGAN SENYAWA BUNGA TERATAI
Tanaman yang dikenal juga dengan nama Padma ini memiliki kandungan senyawa di bagian-bagian tubuhnya, antara lain :

Akar Bunga Teratai            
Akar bunga teratai mengandung Zat Tanat dan Asparagin.

Rimpang Bunga Teratai
Rimpang bunga teratai mengandung Protein, Pati, Vitamin C, Asparagin, Peroksidase, Leucocynidin, Katekol, Neochlorogenic Acid, D-gallocatechol, dan Leucodelphinidin.

Daun Bunga Teratai
Daun bunga teratai mengandung Nuciferin, Roemerin, dan Nornuciferin.

Biji Bunga Teratai
Biji bunga teratai mengandung Protein, Pati, Lemak, Kalsium, Besi, Karbohidrat, Phosphor, dan Raffinosa.

Penyangga Bunga Teratai
Penyangga bunga teratai mengandung Karbohidrat, Protein, Lemak, Vitamin B1, B2, C, Asam Nikotinat, Karoten, dan sedikit Nelumbin.

Bunga Teratai          
Bunga teratai mengandung Kaempferol, Kuersetin, Isokuersitrin, dan Luteolin.

Benang Sari Bunga Teratai
Benang sari bunga teratai mengandung Alkaloid, Kuersetin, Isokuersitrin, Luteolin, dan Galuteolin.

MANFAAT TANAMAN BUNGA TERATAI
Karena kandungan senyawanya yang sangat banyak dan baik untuk tubuh, tidak heran bila Bunga Teratai ini sering dijadikan sebagai obat tradisional. Lalu, penyakit apa saja yang bisa disembuhkan dengan menggunakan ramuan Bunga Teratai? Dan bagaimana cara mengolahnya dengan baik dan benar? Berikut penjelasannya :

Mengobati penyakit Jantung Koroner
Pertama, siapkan 30 gram rimpang Bunga Teratai yang sudah di potong-potong, 50 gram Asparagus segar, 10 gram Jamur Putih kering, serta 10 butir Kacang Cuka. Masak semua bahan tadi sesuai dengan selera anda, dan makanlah ramuan ini secara teratur.

Mengatasi Darah Tinggi (Hipertensi)
Rebuslah 10-15 gram biji Bunga Teratai dengan air secukupnya. Setelah mendidih, minulah air rebusan tersebut.

Mengobati Mimisan
Ambil akar Bunga Teratai secukupnya, lalu cucilah sampai bersih. Setelah itu, buatlah menjadi jus. Kemudian teteskan air jus tersebut ke lubang hidung.

Menghentikan Pendarahan
Siapkan 200 gram rimpang Bunga Teratai yang masih segar, dan 100 gram Kucai yang masih segar juga. Blender kedua bahan tersebut. Setelah itu rebus hasil blenderan tersebut, dan minumlah air rebusannya untuk menghentikan pendarahan.

Mengobati Sakit Kepala
Sediakan 15 gram daun Bunga Teratai yang sudah kering, 6 gram Bunga Mawar yang sudah kering juga, serta 10 gram Jahe. Rebus semua bahan tersebut dengan air secukupnya. Kemudian minumlah air hasil rebusan tersebut.

Menghaluskan Kulit
Masaklah 30 gram Bunga Teratai serta Ketan secukupnya. Tambahkan sedikit gula, dan tunggulah sampai menjadi bubur. Bila sudah matang, makanlah bubur ini secara teratur.

Mengobati Batuk Berdarah dan Muntah Darah
Siapkan rimpang Bunga Teratai secukupnya, lalu cuci sampai bersih. Setelah itu, buatlah jus sebanyak 200 cc dengan menggunakan rimpang Bunga Teratai tadi. Lalu minumlah air jus tersebut.

Mengobati Disenteri
Buatlah jus yang terdiri dari campuran 50 gram rimpang Bunga Teratai dan 10 gram Jahe, yang semuanya sudah di cuci terlebih dahulu sampai bersih. Tambahkan 100 cc air ke dalam jus tersebut, lalu panaskan sampai mendidih. Setelah dingin, tambahkan 1 sendok makan Madu. Aduk secara merata, lalu minum.

Mengatasi Pengerasan Pembuluh Darah
Siapkan 30 gram rimpang Bunga Teratai yang sudah di potong-potong, 20 gram Jali, 20 gram Rumput Laut, 100 gram Kacang Hijau, 30 gram Kacang Cuka, dan gula pasir secukupnya. Rendamlah Jali, Rumput Laut, dan Kacang Hijau secara terpisah. Kemudian masak semua bahan hingga menjadi bubur, lalu makanlah ramuan ini.

Mengobati Sakit Lambung dan Usus pada usia lanjut
Siapkan 20 butir biji Bunga Teratai yang sudah direndam, rimpang Bunga Teratai secukupnya, serta 30 gram Kacang Tanah. Masak semua bahan tersebut menjadi sop. Setelah matang, makanlah ramuan ini.

Mencegah dan Mengobati Hepatitis
Rebuslah 10 butir biji Bunga Teratai yang masih segar di dalam periuk tanah dengan air secukupnya hingga lembut. Kemudian masukkan 1 buah Kesemek kering yang sudah diiris. Rebus lagi ramuan ini, dan tunggu sampai airnya tersisa 400 cc. Minumlah ramuan ini 2x sehari.

Mengatasi Insomnia
Rendamlah 5-12 garm biji Bunga Teratai. Setelah itu, rendam ke dalam air secukupnya. Minumlah air rebusan tersebut.

Mengobati Step Kronis pada anak-anak
Rebuslah 5 kuntum Bunga Teratai dengan air secukupnya. Setelah dingin, minumkan ramuan ini ke anak anda untuk menurunkan panasnya.

Menghilangkan gangguan Liver, dan gangguan Empedu
Masaklah 30 gram rimpang Bunga Teratai dan 500 gram Kacang Hijau. Setelah matang, makanlah ramuan ini.

Meningkatkan stamina tubuh
Rebuslah 30 gram biji Bunga Teratai dan 15 gram Biji Kucai ke dalam 500 cc air. Masak hingga airnya tersisa 200 cc, lalu tambahkan Madu secukupnya. Kemudian minumlah ramuan ini.

Untuk bisa mendapatkan kesembuhan atau hasil yang maksimal, maka rutinlah mengkonsumsi resep obat tradisional di atas sesuai dengan petunjuk ahli herbal. Sekian artikel mengenai Khasiat dan Manfaat Bunga Teratai, semoga bermanfaat dan dapat menjadi referensi bagi anda.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More