Selamat datang, terima kasih atas kunjungannya. Salam perdamaian

Manfaat Bunga Ekor Kucing yang Mujarab

Nama ilmiah dari tanaman ekor kucing ini adalah Acalypha hispida Burm. f. dan tergolong euphorbiaceae. Tanaman ini berasal dari Hindia barat. Disekitar kita tanaman ekor kucing biasanya sering terlihat di tanam sebagai hiasan rumah.

Tanaman ekor kucing berdiri dengan tegak karena memiliki batang bulat, percabangan simpol dan permukaan kasar, bunganya coklat kehijauan. Tanaman ini mempunyai daun tunggal dengan tangkai panjang yang agak berseling, daunnya lonjong dengan pangkal yang tumpul dan ujung runcing sedangkan bagian tepi bergerigi.

Nah sekarang kami akan menyajikan Manfaat Bunga Ekor Kucing. tanaman ekor kucing mempunya nama yang cukup banyak di jawa. Banyak masyarakat menyebutnya buntut kucing, ada juga yang menamakan ekor kera, ada juga tanaman tali anjing di sunda, ada juga wunga tambang lancuran, ikut lutung di Bali, lofoti di Maluku. Tanaman ini rasanya manis serta menyejukkan ketika diminum. bunganya bisa menghentikan pendarahan atau hemostatis dan juga bisa mengobati peluruh kencing atau diuretik. Daun ekor kucing bermanfaat untuk hemostatis.



Daun ekor kucing dapat dimanfaatkan untuk pengobatan bercak putih pada kulit karena kekurangan pigmentasi, batuk berdarah, Vitiligo, luka, disentri serta sariawan.
  1. Vitiligo
    Manfaat yang pertama untuk untuk mengobati Vitiligo, ambil segenggam daun segar ekor kucing dan ½ ibu jari kencur, cuci hingga bersih lalu dihaluskan, usapkan pada bagian yang memiliki bercak putih lalu balut dengan kain bersih/perban. lakukan cara pengobatan ini secara berkala.
  2. Luka berdarah
    Manfaat yang kedua untuk mengobati luka berdarah, ambil segenggam bunga ekor kucing kemudian cuci hingga bersih, tumbuk sampai halus lalu balurkan pada luka, lalu bungkus dengan kain bersih.
  3. Mengobati disentri
    Manfaat bunga ekor kucing yang ketiga untuk mengobati disentri. Ambil bunga ekor kucing 15-25 lembar kemudian rebus hingga mendidih, kemudian saring dan minum air rebusan bunga ekor kucing.
  4. Mengobati radang usus
    Manfaat bunga ekor kucing yang keempat untuk mengobati radang usus. ambil 25 gram bunga ekor kucing kemudian cuci hingga bersih. Rebus bunga tersebut sampai air mendidih. Kemudian air rebusan disaring dan diminu.
  5. Mengobati cacingan
    Manfaat bunga ekor kucing yang kelima untuk mengobati cacingan. ambil sekitar 20 gram bunga ekor kucing , lalu rebus menngunakan air bersihsampai mendidih kemudian saring dan setelah dingin minum air rebusan ini.
  6. Muntah berdarah
    Manfaat bunga ekor kucing yang keenam untuk mengobati muntah berdarah. Cuci Bunga ekor kucing hingga bersih lalu kunyah mentah bunga ekor kucing dicampur dengan pinang putih, jika ada tambahkan kencur, jahe, daun pule yang masih muda, lakukan scara berkala.
  7. Disentri
    Manfaat bunga ekor kucing yang ketujuh untuk disentri, ambil 15-25 helai bunga ekor kucing lalu cuci hingga bersih lalu direbus dengan air secukupnya. Kemudian setelah dingin saring dan minum.
  8. Radang usus
    Manfaat bunga ekor kucing yang kedelapan untuk mengobati Radang Usus. Ambil sekitar 15-25 untai bunga ekor kucing lalu cuci hingga bersih dan rebus menngunakan air bersihlalu minum.
  9. Cacingan
    Manfaat bunga ekor kucing yang kesembilan untuk mengobati cacingan. Ambil sekitar 15-25 untai bunga ekor kucing. kemudian rebus dengan air secukupnya. Setelah dingin lalu diminum.
  10. Kusta
    Manfaat bunga ekor kucing yang kesepuluh untuk mengobati Kusta. Ambil daun ekor kucing secukupnya kemudian cuci hingga bersih, tambahkan sedikit kencur, tumbuk sampai halus, lalu balurkan pada tubuh yang mengalami luka.
Cukup sudah Manfaat Bunga Ekor Kucing untuk kesehatan kita, semoga kita lebih bisa memahami dan menggunakan bunga ini dengan baik.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More