Selamat datang, terima kasih atas kunjungannya. Salam perdamaian

Pantai Ngrenehan Cantik Dari Wisata Pantai Hingga Sea food


Mencari tempat berenang yang aman dipinggir pantai gunungkidul dengan view panorama alam menawan ? hanya ada di Pantai Ngerenehan Gunungkidul Yogyakarta, tidak hanya berenang, wisatawan juga akan disuguhi aneka menu makanan dari lautan, ikan segar dibakar dengan bumbu asli indonesia, diolah dengan terampil oleh chef berpengalaman, bagaimana, menyenangkan bukan ?

Seperti kembali pada masa dahulu kala, Pantai Ngrenehan terlihat sangat klasik dibalut nuansa minimalis. Menikmati keindahan alam luar biasa, mulai dari pasir putih, berhiaskan tebing tinggi di setiap sisinya, ditambah perahu para nelayan dengan warna beragam telihat rapi berjejer ditepi pantai, warna pepohonan dan laut biru tidak kalah beradu padan, menjadi tempat pas untuk dijadikan background ketika ber-selfie ria bersama orang terkasih.
Pasir putih yang lembut seperti siap untuk dipijaki, berjalan atau berlari menuju kolam renang terbuka dibibir pantai. Memang cukup landai serta ombak yang tidak begitu besar membuat Pantai Ngrenehan tempat yang cocok untuk benerang.
Ikan goreng dan sambal ijo dilokasi ini patut untuk dicicipi, rasanya enak dan mengoyangkan lidah, selain itu, berbagai menu lain juga tersedia, seperti kepiting dan nasi goreng. Wisata pantai dan seafood menjadi satu, makan ditemani suasana pantai cantik ala gunungkidul, warung menghadap laut, menikmati sunset sambil menunggu santapan siap, akan menambah kenangan liburan tak terlupakan.
Hal yang menarik di area pantai, dapat terlihat dengan jelas indahnya gugusan batu karang di sebuah pantai dengan bentuk seperti teluk. Bukit karang di utara Pantai Ngrenehan, terdapat sesuatu yang unik disini, bukan hanya pemadangan elok saja yang tampil, terlihat banyak cangkang karang kecil berserakan, dari jauh bukit karang ini bentuknya persis koral dilaut.
Disini terdapat TPI (tempat pelelangan ikan) yang cukup ramai, ikan segar dengan berbagai jenis terjual dengan harga terjangkau, penjualnya merupakan penduduk setempat, rata-rata pekerjaan masyarakat di Pantai Ngrenehan adalah nelayan, laut membawa berkah tersendiri bagi mereka.
Jalan menuju ke Pantai Ngrenehan sangat menantang, mulai dari melewati jalan berliku, naik turun hingga melewati belahan batuan kars khas wonosari. Pemandangan ketika berjalan menuju pantai memang terbilang cukup sulit, tetapi menyenangkan karena pemandangan super luar biasa, mata akan nyaman dengan hal tersebut, rasa lelah bercampur kagum, menambah semangat menuju tempat tujuan.
Menurut sejarah, nama Ngerenehan merupakan pemberian Raden Fatah yang pada saat itu merupakan berpangkat Raja Demak, putra dari Prabu Brawijaya V yang merupakan raja Majapahit sekitar tahun 1464-1478 M.  Suatu hari Radeng Fatah datang ke kawasan ini untuk mencari sang ayah yang melarikan diri bersama kedua istrinya (Dewi Lawang dan Bondang Surati) karena menolak untuk memeluk agama Islam. Perjuangan Putra raja mataram tersebut bisa dibilang nihil, mereka tidak ditemukan, akhirnya, beliau mengajak para petinggi Kerajaan Demak untuk Bermusyawarah, tentang masalah ini.
Dari peristiwa tersebut muncul istilah Pangrena (ajakan), berasal dari kata “Reneh” yang berarti “Sini”. Kemudian masyarakat menyebutnya Ngrenehan untuk mengabadikan kedatangan raja tersebut, kata renah di beri tambahan awalan ng dan akhiran an artinya menunjuk pada suatu tempat, ialah Pantai Ngrenehan.
Lokasi Pantai Ngrenehan terletak di Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. koordina GPS: 8o7’17”S 110o30’50”E – Wisata Pantai Gunungkidul Yogyakarta.
Rute menuju Pantai Ngrenehan dari kota Jogja
Jogja – Gading – Playen – Trowono – Pantai Ngrenehan.
Atau
Jogja – Wonosari – Paliyan – Trowono – Pantai Ngrenehan.
Harga tiket masuk ke Pantai Ngrenehan sebesar Rp 3000, parkir motor : Rp 2000, parkir mobil: Rp 3000. Harga makanan disini juga termasuk murah, berkisar Rp 15000, fasilitas lengkap kecuali penginapan. Selamat Berlibur..
Galerry Photo



Kembali ----- Pesona Wisata Gunungkidul


Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More