32 Manfaat Lengkuas untuk Kesehatan dan Kecantikan ~ Putra Gantiwarno
Selamat datang, terima kasih atas kunjungannya. Salam perdamaian

32 Manfaat Lengkuas untuk Kesehatan dan Kecantikan

manfaat lengkuasLengkuas digunakan secara luas oleh masyarakat Indonesia sebagai bumbu dasar berbagai macam kuliner nusantara. Seperti, bumbu pelengkap untuk olahan daging, sayuran dan ikan. Lengkuas adalah tanaman rempah-rempah yang termasuk dalam genus alpina. Tanaman yang berasal dari thailand ini di daerah timur tengah dijadikan sebagai ramuan obat herbal.



Kandungan Zat dalam Lengkuas
Satu porsi (-/+ 64 g) lengkuas mengandung 45 kalori dan 2 g serat. Tanaman herbal ini juga kaya akan kandungan :

  • sodium
  • zat besi
  • vitamin A
  • vitamin C
  • flavonoid
  • fitonutrien
  • emodin
  • beta-sitosterol
  • quercetin
  • galangin

Manfaat Lengkuas


Berikut manfaat lengkuas untuk kulit wajah, panu, kolesterol dan cara penggunaannya serta efek samping lengkuas yang harus anda ketahui:

1. Mencegah inflamasi dan Arthritis

Khasiat lengkuas Beberapa studi menunjukkan bahwa jahe mengandung zat anti-inflamasi yang disebut dengan gingerol yang menghambat prostaglandin syntesys dan menghambat histaminic juga serotonic jalur. Ini anti inflamasi lengkuas dapat melayani bermanfaat dalam mengurangi gejala rematik dan pengobatan artritis reumatoid. Rematoid arthritis adalah suatu kondisi gangguan sendi yang disebabkan oleh radang dan sebagai efek jangka panjang gangguan autoimun.

2. Meredakan Ketidaknyamanan yang disebabkan oleh masalah pencernaan

manfaat lengkuas dan cara penggunaannya
Lengkuas from google images
Manfaat lengkuas yang kedua Serat dan fitokimia di lengkuas membantu untuk meningkatkan proses pencampuran makanan dalam perut. Hal ini juga membantu untuk mengurangi ludah dan pencernaan sekresi asam yang memberikan masalah untuk penderita maag. Mengkonsumsi lengkuas dapat memberikan perasaan nyaman untuk individu perut yang menderita ulkus. Hal ini juga diyakini galanga dapat mencegah anoreksia dan nyeri perut. Di pulau Jawa, Indonesia segar parut lengkuas diberikan pada kosong stowach dengan menambahkan sedikit garam. Hal ini diyakini bahwa parut lengkuas dapat menyembuhkan pembesaran limpa dan meringankan ketidaknyamanan perasaan di perut.

Kuat bau aromatik lengkuas dapat mengobati mual ( sensasi kegelisahan dan ketidaknyamanan di perut bagian atas yang dapat menyebabkan muntah). Selain efek tersebut, lengkuas juga suppossed memiliki efek karminatif yang menghilangkan flatulance. Tidak ada spesifik direkomendasikan dosis lengkuas tapi 1 gram umbi dapat digunakan sebagai karminatif.

3. Menyingkirkan mual

Seperti manfaat jahe dan manfaat temulawak, Dengan mengunyah beberapa lengkuas/laos , hal ini diyakini dapat menyembuhkan mabuk. Minyak aromatik di galanga dapat merangsang dan menenangkan saraf. Wanita hamil biasanya mengalami morning sickness. Minum diseduh lengkuas iris dengan air hangat dan madu dapat membantu meringankan morning sickness.

4. Obat untuk Diare

Manfaat Lengkuas yang memiliki efek anti bakteri efek yang dapat menyingkirkan bakteri patogen dan menyembuhkan diare. Sebuah studi oleh Sunilson, J. A. J. et al (2009) menunjukkan aktivitas antimikroba dari berbagai ekstrak lengkuas untuk beberapa strain dari makanan ditanggung bakteri patogen seperti  Escherichia coli,Salmonella enteriditis, Clostridium perfringens, Staphylococcus aureus, Campylobacter jejuni, Bacillus cereus yang menyebabkan diare.

5. Mencegah dari tumor dan kanker

Lengkuas adalah tuan rumah dari banyak zat antioksidan yang membantu untuk meminimalkan kerusakan DNA yang disebabkan oleh radikal bebas dan racun komponen yang masuk ke dalam tubuh. Sebuah studi yang dilakukan oleh peneliti INGGRIS menemukan bahwa ekstrak lengkuas memiliki kegiatan anti-kanker menurut bereksperimen dengan orang-orang yang menderita paru-paru dan kanker payudara. Yang paling antioksidan komponen di galangan yang melawan radikal bebas adalah flavonoid yang disebut galangin. Lengkuas dapat memodulasi aktivitas enzim dan menekan bahan kimia genotoxicity. Hal ini menunjukkan bahwa galanga sangat potensial ramuan yang bertindak sebagai anti kanker.Penelitian lain juga melaporkan bahwa transconiveril diacetate, asetoksi chavikol acetat dan asetoksi eugenol cetat dapat menghambat jalur Xanthin mensintesis enzim yang memicu tumor pengembangan.

6. Menurunkan lemak Darah dan kolesterol

Beberapa peneliti dari China melaporkan bahwa ekstrak lengkuas bisa potently menghambat fatty-acid synthase. Lengkuas atau laos bekerja untuk menghambat mekanisme sintesis lemak oleh flavonoid, seperti galangin, quercetin dan kaempferol. Sementara para peneliti di Korea juga menunjukkan bahwa ekstrak lengkuas secara signifikan menurunkan Triglycerde dan kolesterol.

7. Mencegah Penyakit Jantung dan masalah Kardiovaskular

Manfaat lengkuas yang ketujuh Dalam sistem peredaran darah lengkuas mengurangi kontraksi jantung, cardiac output dengan meningkatkan suplai darah ke sistem pencernaan dan organ vital lainnya. Dalam pengobatan ayurveda india atau obat-obatan, lengkuas sering disajikan sebagai penyakit jantung obat tradisional. Lengkuas ditemukan sebagai yang terbaik di rumah obat untuk mencegah stroke jantung di negara-negara berbahasa jerman seperti Jerman, Austria, dan Swiss. Bahkan Dr Strehlew, penulis dari Bingen obat yang disebutkan lengkuas sebagai life saver dari serangan jantung.Dia adalah salah satu yang mempromosikan penggunaan lengkuas dalam pengobatan modern, terutama dalam mempromosikan kesehatan jantung untuk generasi muda.

8. Meringankan Asma

Khasiat Lengkuas juga memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan sistem pernapasan. Galangan yang telah digunakan sebagai obat memiliki efek antispasmodik yang mengurangi dahak (Kapha) dan melebarkan bronkiolus dalam rangka untuk meredakan asma. Hal ini juga dapat digunakan untuk pidato cacat seperti disartria, gagap dan aphasia.

9. Mengurangi buang air kecil di poliuria atau lainnya urinedisorder

Dalam sistem kemih lengkuas sedikit mengurangi kemampuan produksi urin dan digunakan sebagai pengobatan di poliuria dan lain urin gangguan.

10. Di sistem Genital-Hal ini digunakan untuk impotensi.

Dikatakan bahwa menjaga sepotong lengkuas dalam mulut dapat meningkatkan hasrat seksual. Di negara-negara Arab lengkuas digunakan sebagai afrodisiak dan orang-orang di negara-negara Asia tenggara sering menggunakan lengkuas dalam pengobatan gangguan menstruasi

11. Melindungi tubuh dari dingin

Aplikasi eksternal dan konsumsi lengkuas bubuk mengurangi hypercspiration dan dingin karena kegagalan peredaran darah. Pengalaman dari dokter yang melakukan perjalanan di Nepal mengatakan bahwa lengkuas langsung pereda terhadap dingin dengan meningkatkan peredaran darah dan menghasilkan "perasaan hangat"

12. Meredakan batuk, sakit tenggorokan dan membersihkan suara

Seperti manfaat daun serai dan manfaat kunyit Lengkuas memiliki efek ekspektoran dan berguna dalam banyak masalah pernapasan, terutama untuk anak-anak yang menderita batuk rejan. Di India, orang-orang yang mencampur ekstrak lengkuas dengan air panas untuk meredakan nyeri dada, sakit tenggorokan dan membersihkan suara. Hanya campuran beberapa lengkuas bubuk atau minuman lengkuas rebus irisan dalam air dengan kapur. Hal ini dapat menjadi tonik yang dapat menghidupkan kembali batuk dan tenggorokan masalah.

13. Memperkuat akar rambut dan meningkatkan kesehatan rambut

Yang cardivascular efek lengkuas juga menunjukkan manfaat untuk pertumbuhan akar rambut. Sehat kardiovaskular efek lengkuas meningkatkan transportasi oksigen ke akar rambut dan meningkatkan kekuatan rambut.

14. Memperkuat Sistem Kekebalan tubuh dan Anti-HIV

Penelitian telah membuktikan bahwa polisakarida ekstrak lengkuas yang diselesaikan dalam air panas mempunyai efek merangsang di tempatkan raket endothelial system (RES) pengembangan sel dan meningkatkan jumlah eksudat peritoneal dan sel-sel limpa yang berperan dalam sistem imun tubuh. Sebuah studi oleh Ye Ying Li BaoAn di tahun 2006 melaporkan bahwa 1'S-1'-acetoxychavicol acetate yang diisolasi dari ekstrak lengkuas memiliki efek Anti human immunodeficiency virus tipe 1 dan menghalangi replikasi virus.

15. Mengurangi tingkat gula darah

Ekstrak lengkuas konsumsi yang dihasilkan penurunan yang signifikan dalam tingkat gula darah. Hal ini telah dibuktikan oleh studi yang dilakukan efek dari Alpinia galanga rhizome pada kelinci normal, ( studi oleh Akhtar, M. S. et al pada tahun 2002, aktivitas hipoglikemik dari Alpinia galanga rhizome dan ekstrak pada kelinci )

16. Mengurangi gejala osteoarthritis.

Dalam sebuah penelitian yang digunakan acak double-blind placebo controlled , terkonsentrasi ekstrak lengkuas telah ditemukan untuk mengurangi gejala dan rasa sakit secara signifikan pada pasien dengan osteoarthritis dan menderita nyeri lutut yang parah.

17. Melindungi hati dari racun kimia

Suplemen lengkuas juga ditemukan memiliki potensi efek melindungi hati terhadap bahan kimia efek samping seperti penggunaan parasetamol. Jadi menambahkan beberapa lengkuas untuk hidangan anda adalah salah satu cara terbaik untuk melindungi jantung dan hati. Bukan berita yang mengagumkan?

18. Mencegah penyakit Alzheimer dan kelelahan mental

Manfaat lengkuas untuk Alzheimer, kerusakan fungsi otak sebagai salah satu gejala dari demensia adalah penyakit yang menghancurkan. Lengkuas memiliki efek potensial dalam mencegah Alzheimer setelah beberapa peneliti menemukan bahwa lengkuas herbal meningkatkan kognitif dan meningkatkan memori otak (Singh et al, 2011)


19. Meningkatkan Nafsu Makan

Manfaat Lengkuas yang kesembilanbelas adalah lengkuas baik untuk menambah selera makan seperti kunyit dan temulawak. ramuan ini juga dapat digunakan untuk meningkatkan nafsu makan dan ini adalah mengapa beberapa hidangan yang menggunakan lengkuas adalah lebih menggoda untuk dimakan dan efek lengkuas dalam menenangkan sistem pencernaan dapat membuat seseorang menikmati makanan dengan baik.

Manfaat Lengkuas Untuk Kulit Wajah / Kecantikan

20. Mengobati beberapa masalah kulit dan alergi

Akar lengkuas (galanga) langsung dapat digunakan untuk menggosok daerah kulit yang terinfeksi oleh jamur. Di jawa, sebuah pulau di Indonesia, orang-orang yang digunakan untuk menggosok galanga di white spot area yang disebabkan oleh jamur kulit orang-orang yang di Indonesia disebut "panu" dengan galanga slice. Hal ini juga diketahui bahwa galanga dapat digunakan untuk menyembuhkan masalah kulit lainnya seperti eksim, luka bakar dan gatal-gatal pada kulit dengan mengoleskan daging pada kulit 2 – 3 kali sehari. Jika anda memiliki alergi terhadap udang, ikan atau othet seafood dan itu membuat kulit anda gatal, minum lengkuas tonik atau teh setiap hari dapat perlahan-lahan menghilangkan alergi anda.

21. Menjaga kulit tetap muda

Mungkin anda tidak tahu bahwa beberapa industri kosmetik yang menggunakan ekstrak lengkuas dalam upaya untuk menciptakan anti-aging formula. Itu bukan masalah besar karena kita tahu bahwa antioksidan yang terkandung dalam lengkuas memiliki dampak yang besar untuk mencegah radikal bebas yang memasuki tubuh yang juga mempercepat penuaan. Vitamin C dalam lengkuas juga berperan dalam peremajaan sel-sel kulit dan menjaga kulit dari penuaan.

22. Menyingkirkan Jerawat dan bekas jerawat

Jika anda memiliki masalah dengan jerawat, lengkuas bisa menjadi obat rumah untuk menghilangkan jerawat dan bintik gelap. Minum jus lengkuas atau menggosok lengkuas daging pada kulit perlahan-lahan dapat mengurangi jerawat dan kulit kusam.

23. Menghilangkan ketombe dan masalah kulit kepala

Anti jamur efek lengkuas dapat diterapkan pada hampir semua area kulit yang terinfeksi oleh jamur tidak ada sedikit kulit kepala. Jamur dapat menginfeksi kulit kepala dan mengakibatkan ketombe. Anda dapat langsung menggosok pada kulit kepala atau campuran beberapa parutan lengkuas dengan minyak zaitun kemudian menyebar pada daerah kulit kepala yang terinfeksi oleh jamur.

24. Meredakan Radang Selaput Lendir Hidung

Radang selaput lendir hidung adalah suatu kondisi yang berlebihan produksi lendir di rongga hidung yang disebabkan oleh peradangan pada selaput lendir. Radang selaput lendir hidung adalah gejala bila seseorang menderita pilek atau flu. Bubuk lengkuas dapat digunakan sebagai tembakau yang membantu untuk menyingkirkan radang selaput lendir hidung. Hanya memecahkan 15-30 gram lengkuas bubuk ke dalam air panas kemudian mengendus hal itu.

25. Mengurangi sakit telinga

Kadang-kadang infeksi di telinga mengganggu aktivitas kita dan hal ini dapat menjadi parah jika kita hanya membiarkan rasa sakit tetap di telinga. Lengkuas dapat membantu untuk mengurangi rasa sakit pada telinga yang. disebabkan oleh peradangan. Hanya greate beberapa lengkuas dan memeras cairan dari itu kemudian drop ke telinga anda.

27. Menjaga stamina tubuh

Di indonesia orang-orang yang digunakan untuk mencampur lengkuas dengan bahan-bahan lain seperti bawang putih, merica, asam jawa dan lain-lain untuk menghasilkan tonik yang mereka sebut sebagai "jamu". Tonik ini diyakini dapat menjaga stamina tubuh jika sedang consumethree kali sehari dan membantu untuk menghidupkan kembali kelelahan otot.

Manfaat Lengkuas Untuk Panu

Panu merupakan penyakit yang disebabkan oleh jamur. Panu  terjadi cirinya ada bercak-bercak putih dikulit. Panu biasanya terjadi kepada orang yang keringatnya banyak namun tidak mau menjaga kebersihan kulit sehingga jamur tumbuh nyaman di kulit lalu terjadilah yang namanya panu

Cara mengobati panu pun ada berbagai hal seperti obat-obatan herbal dan alami salah satunya adalah lengkuas. Lenguas memiliki kandungan minyak atsiri yang bermanfaat untuk menghilangkan panu pada kulit

Berikut cara menghilangkan panu menggunakan lengkuas
Siapkan secukupnya lengkuas yang baik dan kapur sirih
Cara mengolah lengkuas untuk panu adalah sangat mudah yaitu haluskan atau tumbuk lengkuas sampai halus lalu campurkan dengan kapur sirih terus oleskan pada panu dikulit. Gunakan setelah mandi dan lakukan secara rutin

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More