Manfaat Jambu Air dan Khasiatnya untuk Kesehatan Tubuh ~ Putra Gantiwarno
Selamat datang, terima kasih atas kunjungannya. Salam perdamaian

Manfaat Jambu Air dan Khasiatnya untuk Kesehatan Tubuh

manfaat jambu air dan khasiatnya untuk kesehatan tubuh manusiaManfaat Jambu Air | Buah jambu air termasuk salah satu buah dari jenis jambu yang banyak ditemukan di daerah tropis seperti Asia Tenggara. Pada buah jambu air ini tergolong cukup banyak kita temui di Indonesia karena menanam buah jambu air ini sangat mudah. Jambu air, juga sangat praktis untuk kita konsumsi. Anda dapat mengonsumsinya secara langsung, membuat manisan atau minuman seperti jus buah jambu air. Meskipun pada buah jambu air ini terlihat sederhana, akan tetapi ternyata kandungan mineral dan vitamin yang terdapat di dalamnya sangat banyak.
Setelah diadakan penelitian bahwa jambu air memiliki kandungan banyak air, vitamin C, vitamin C, kalori, zat besi, protein, potassium, kalsium, magnesium, asam sitrat, fosfor, copper, serat, sodium, niacin, mangan, asam sulfurik, tembaga, dan masih banyak lagi yang lainnya. Jadi tidak heran kalau buah jambu air ini bisa memberikan banyak manfaat untuk kesehatan manusia.
Jambu air termasuk tanaman buah-buahan yang seringkali ditemukan di halaman rumah. Tanaman buah jambu air itu sendiri adalah tanaman yang berasal dari wilayah asia tenggara. Oleh karena itu, buah ini sangat mudah kite temukan ketika musim buahnya sedang berlangsung.

Manfaat Buah Jambu Air dan Khasiatnya untuk Kesehatan Tubuh Manusia

Jambu air memiliki kandungan yang kaya dengan vitamin C, vitamin A, Thiamin, serat makanan, niacin, kalium dan zat besi. Senyawa organik yang terdapat di dalamnya memiliki kandungan asam betulinic, jambosine, dan lakton Friedel. hal tersebut akan mendatangkan beberaap manfaat jambu air seperti berikut:

manfaat jambu air dan khasiatnya untuk kesehatan tubuh manusia

1. Mengontrol Diabetes

Jambosine termasuk jenis alkaloid yang telah memperlihatkan hasil yang menjanjikan untuk menghalangi atau mengatur konversi pati menjadi gula. Hal tersebut merupakan suatu perkembangan yang tergolong sangat penting untuk penderita diabetes dan orang-orang yang memiliki resiko terkena diabetes. Peneltian lebih lanjut sedang berlangsung mengenai pengaruh jambosine dalam mengontrol gula darah.

2. Menyehatkan Pencernaan

Dengan adanya kandungan serat yang tinggi pada buah jambu air maka akan dapat membuat tubuh menjadi terasa lebih mudah mengendalikan sistem pencernaan lewat saluran pencernaan, menghilangkan sembelit seperti yang juga didapatkan pada manfaat jambu biji. Juga sebagai pengobatan tradisional pada bagian bijinya yang sudah dipakai dalam mencegah disentri dan diare.

3. Pencegahan Kanker

Senyawa organik yang aktif pada jambu air yang memiliki kandungan vitamin C dan vitamin A, sudah dikenali sebagai suatu pengobatan kanker dan pencegahan yang tergolong efektif. Peneltian awal dan pengobatan tradisional mengklaim bahwa kanker payudara dan kanker prostat, berkurang dengan cara menambahkan jambu air untuk diet.

4. Detoksifikasi

Selama ratusan tahun, rebusan jambu biji sudah dipakai sebagai zat diuretik yang dapat membantu dalam membersihkan hati dan toksitisitas ginjal. Selain daripada itu, untuk dapat meningkatkan kesehatan secara keseluruhan dan efisiensi metabolisme tubuh.

5. Menyehatkan Jantung

Kombinasi nutrisi dan serat pada buah jambu air akan menunjukkan pengaruh yang signifikan terhadap kadar kolesterol. Pada suatu studi penelitian yang mengarah pada kemungkinan lebih rendah dari aterosklerosis dari jambu air sehingga dapat mencegah terjadinya komplikasi kardiovaskular seperti stroke, serangan jantung dan penyakit jantung koroner.

6. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Komponen stabil dan aktif pada jambu air memiliki manfaat sebagai anti mikroba dan anti jamur. Terdapat penelitian yang menunjukkan bahwa hal tersebut bisa melindungi kulit dari pengembangan berbagai macam infeksi yang bisa meningkatkan kekuatan sistem kekebalan tubuh terhadap penyakit yang disebabkan oleh infeksi.

7. Manfaat Jambu Air untuk Kulit

Terkadang kulit yang kekurangan nutrisi akan terlihat kusam dan kering. Hal tersebut bisa kita atasi dengan cara mengonsumsi buah yang memiliki kandungan banyak air seperti jambu air. Dengan mengonsumsi jambu air maka akan dapat memberikan asupan vitamin C dan cairan yang sangat melimpah. Vitamin C memiliki kandungan anti oksidan yang bisa melawan penuaan dini. Manfaat antioksidan ini dapat menjaga regenerasi sel kulit dan dapat meningkatkan asupan zat besi untuk tubuh.
Rujak dengan tambahan buah jambu air bisa memberikan manfaat jambu air yang alami karena buah yang dikonsumsi masih segar dan juga manfaat buah lain yang terdapat didalamnya seperti manfaat nanas, manfaat ketimun dan manfaat yang diperoleh secara sekaligus.

8. Manfaat Jambu Air yang lainnya

Sama dengan manfaat buah-buahan yang sehat, bergizi dan jeruk yang lainnya, ternyata jambu air mempunyai manfaat kesehatan seperti yang diketahui di atas. AKan tetapi bagian lain dari tanaman ini juga dapat memberikan manfaat yang tidak terduga sebagai berikut ((boldsky.com, Health Benefits Of The Rose Apple Fruit, diakses 02 Desember 2014)) :
– Bunga – Pada bagian bunganya yang memiliki bau manis dipakai dalam menurunkan suhu tinggi di tubuh yang demam. Bunga-bunga yang dipadukan dengan daunnya bisa bermanfaat dalam menenangkan gatal bagi orang yang sedang menderita cacar. Daun jambu air juga bisa digunakan pada sakit mata yang berfungsi sebagai diuretik.
– Kulit pohon – Pada kulit pohon jambu air ini juga dibuat menjadi rebusan dan dipakai dalam meringankan bronkitis, asma dan suara serang yang ada di tenggorokan. Akar ini juga diperlakukan dalam menyembuhkan epilepsi.
– Biji – biji jambu air disimpan pada sebuah wadah dalam jangka waktu 4 hari sampai kering. Benih yang dibuat menjadi bubuk, bisa dipakai dalam menyembuhkan diare. Pada obat ini juga dipakai dalam menurunkan demam dan mengontrol asma. Benih segar bisa menyembuhkan disentri dan katarak.

Efek Samping Jambu Air

Walaupun biji dan akar tanaman jambu air banyak sekali dipakai sebagai pengobatan kuno. Akan tetapi ternyata buah jambu air juga bisa menjadi racun. Selain daripada itu, jambu air juga memiliki kandungan sianida. Konsultasikanlah kepada dokter sebelum mencoba pengobatan dengan jambu air untuk dapat menghindari kondisi yang tak diinginkan. Konsumsilah variasi buah-buahan untuk bisa memperoleh segala jenis nutrisi yang baik untuk tubuh.

Manfaat Buah Jambu Air untuk Mengatasi Diabetes

Manfaat jambu air juga bisa untuk membuat tubuh menjadi terhindar dari penyakit diabetes. Pada buah ini memiliki kandungan manis gula yang alami sehingga tidak akan merusak kadar gula yang ada dalam darah.

Manfaat Jambu Air untuk Menyehatkan Sistem Pencernaan

Mineral dan serat yang terdapat pada buah ini akan dapat membantu sistem pencernaan anda bisa menjadi lebih sehat. Khasiat jambu air ini akan dapat mencegah anda bisa terserang penyakit pencernaan seperti susah buang air besar, sembelit dan diare.

Manfaat Jambu Air untuk Mencegah Kanker

Manfaat jambu air yang tak diketahui yaitu khasiatnya yang bisa untuk mencegah kanker. Dengan kandungan nutrisi yang lengkap pada buah ini dapat membantu sel dalam tumbuh berkembangnya secara baik, sehingga dapat terhindari dari adanya kerusakan sel yang dapat menjadi penyebab munculnya kanker.

Manfaat Jambu Air untuk Mengatasi Racun dalam Tubuh

Manfaat jambu air juga dapat menjadi detoksifikasi yang tergolong efektif dalam mengatasi racun pada tubuh. Dengan mengonsumsi buah ini pada setiap hari, tubuh anda akan dapat menjadi lebih kuat dalam melawan racun penyebab penyakit.

Manfaat Jambu Air untuk Menyehatkan Jantung

Manfaat jambu air juga sudah banyak diteliti secara lebih dalam dan hasilnya. Kemudian buah ini dapat membuat jantung menjadi lebih sehat. Jantung yang sehat akan bekerja memompa darah secara lebih optimal, sehingga peredaran darah anda juga menjadi lancar.

Manfaat Jambu Air untuk dapat Meningkatkan Sistem Imun Tubuh

Senyawa gizi yang terdapat pada buah jambu air merupakan kumpulan senyawa yang dapat membantu tubuh dalam meningkatkan sistem imun atau kekebalan. Adapun manfaat jambu air ini dapat memberi anda kemampuan dalam berbagai macam penyakit, terutama yang menular seperti batuk dan flu.

Manfaat Jambu Air untuk Menyehatkan Tulang

Kalsium pada buah jambu air termasuk senyawa yang diperlukan tulang supaya bisa tetap sehat dan kuat. Dengan mengonsumsi buah ini pada setiap harinya maka tentu saja tulang anda bisa menjadi lebih kuat dan sehat ketimbang sebelumnya.

Menjaga Kesehatan Mata

Buah jambu air ini mempunyai kandungan vitamin A yang cukup untuk dapat menjaga kesehatan mata anda setiap harinya. Buah ini akan dapat memberikan manfaat yang baik untuk mempertajam penglihatan mata anda secara lebih jelas.

Manfaat Jambu Air untuk Anti Oksidan

Vitamin C dan vitamin yang lainnya di jambu air bisa menjadi antioksidan yang alami. Anda tidak usah merasa khawatir mengenai penuaan dini atau kulit kering, karena dengan manfaat jambu air dan khasiatnya bisa menangkal radikal bebas.

Manfaat Jambu Air untuk Mengatasi Dehidrasi

Banyaknya kandungan air yang ada pada jambu air mampu memenuhi kebutuhan air tubuh Anda setiap hari. Anda bisa mengonsumsi air biasa dengan jus buah ini secara bersamaan agar bisa memberikan variasi konsumsi minuman yang segar.

Manfaat Jambu Air untuk Kesehatan Pencernaan

Jambu air mengandung serat makanan yang dapat mencegah terjadinya sembelit dan kembung. Selain itu, biji jambu air juga dapat bermanfaat untuk mengobati diare, dan serat yang hadir dalam jambu air dapat membantu Anda dalam mengontrol berat badan sehingga terhindar dari obesitas.

Manfaat Jambu Air untuk MEngontrol Diabetes

Senyawa organik jambosine yang terkandung dalam jambu air, dinyatakan sangat efektif terhadap diabetes. Jambosine adalah alkaloid yang mengontrol konversi pati menjaga gula dan mengendalikan kadar gula dalam tubuh. Selanjutnya, kadar indeks glikemik rendah dari jambu air dapat membantu dalam menurunkan kadar gula sehingga bermanfaat bagi penderita diabetes.

Manfaat Jambu Air untuk Membersihkan Ginjal dan Hati

Jambu air memiliki sifat diuretik. Dengan menggunakan rebusan dan jus yang terbuat dari jambu air, dapat berguna untuk membersihkan hati dan ginjal dari zat yang beracun sehingga dapat menjaga kesehatan secara keseluruhan dan meningkatkan fungsi organ.

Manfaat Jambu Air untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Jambu air dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh yang terkait dengan sejumlah besar vitamin dan mineral yang terkandung di dalamnya. Vitamin C dapat melindungi terhadap infeksi akibat mikroba dan vitamin A dapat meningkatkan kekebalan tubuh secara efektif.
Nutrisi penting lainnya seperti zat besi dan kalsium dapat menjaga tubuh tetap sehat dan kuat serta membantu tubuh Anda dalam melindungi berbagai penyakit menular.

Manfaat Jambu Air untuk Kesehatan Mata

Vitamin C yang berperan sebagai antioksidan dapat menjaga sel-sel tubuh tetap sehat dengan cara melindungi sel dan jaringan dari kerusakan oksidatif. Jambu air juga dapat melindungi terhadap infeksi bakteri dan jamur sehingga menjaga kulit tetap sehat.

Manfaat Jambu Air untuk Mengurangi Pembengkakan

Jambu air juga bisa membantu dalam mengurangi pembengkakan yang terjadi di kulit tangan dan kaki. Yakni dengan cara menghancurkan daging pada buah jambu air kemudian terapkan pada bagian yang bengkak. Efek dinginnya bisa membuat kulit menjadi terasa lebih rileks dan pembengkakan akan pulih secara lebih cepat.

Manfaat Buah Jambu Air dan Khasiatnya untuk Kesehatan Tubuh Manusia

Mengatasi radikal bebas
Menyuburkan badan
Mengatasi diare
Mempercantik kulit
Mengatasi sariawan
Demikianlah informasi kesehatan tentang manfaat jambu air dan khasiatnya untuk kesehatan tubuh manusia. Semoga informasi ini dapat memberikan manfaat kepada anda semua yang sedang membutuhkan informasi tentang manfaat jambu air dan khasiatnya untuk kesehatan tubuh.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More