21 Manfaat Bunga Telang (Clitoria ternatea) untuk Kesehatan ~ Putra Gantiwarno
Selamat datang, terima kasih atas kunjungannya. Salam perdamaian

21 Manfaat Bunga Telang (Clitoria ternatea) untuk Kesehatan

Manfaat Kembang Telang (Clitoria ternatea) untuk Kesehatan – Bunga telang adalah jenis tanaman merambat yang banyak di jumpai di hutan atau di pekarangan rumah penduduk serta sering digunakan sebagai tanaman hias. Bunga telang pada umumnya berwarna biru terang, meskipun sebenarnya kembang telang memiliki banyak warna seperti warna putihm pink dna warna ungu. Selain dimanfaatkan sebagai tanaman hias, bunga telang juga sering dimanfaatkan untuk beragam keperluan seperti sebagai pewarna makanan, kue, atau sebagai bahan dasar pembuatan minuman.
Dibeberapa negara bunga telang memiliki variasi nama lain seperti aparijata (bagi masyarakat Hindi), nagar hedi (bagi masyrakat Kanada), Dok anchan (bagi masyarakat Thailand), serta Sankhupushpam (bagi masyarakat Malayam). Sedangkan dalam bahasa Inggris bunga telang memiliki julukan butterfly pie, pigeon wings, maupun blue pie vine. Sedangkan di Indonesia sendiri bunga ini memiliki beberapa nama atau sebutan, diantaranya adalah teleng (bagi masyarakat Jawa), telang (bagi masyarakat Sunda), serta temen raleng (bagi masyarakat Bugis).
Selain dimanfaat sebagai bahan pewarna untuk makanan atau minuman, bunga telang sebenarnya memiliki banyak manfaat dan khasiat untuk kesehatan tubuh kita. Manfaat yang didapatkan dari bunga telang ini tidak terlepas dari kandungan yang ada didalam bunga telang. Beberapa kandungan yang ada pada bunga telang antara lain :
  • flavonoid, 
  • fenol, 
  • alkaloid, 
  • saponin, 
  • sulfur, 
  • co-oksalat, 
  • triglucoside, 
  • delphirridin. 
Sedangkan pada daun bunga telang memiliki kandungan senyawa seperti
kaemferol 3-glukoside, triterperroide.


Sedangkan pada bagian akarnya, tanaman bunga telang memiliki akar beracun dimana bagian akar tersebut memiliki efek farmakologis seperti pencahar (laxative), diuretik, pembersih darah, maupun sebagai perangsang muntah. Sedangkan biji dari bunga telang memiliki efek pencahar ringan dan dapat digunakan sebagai obat cacing.

Manfaat Bunga Telang

Dari banyaknya manfaat yang ada pada bunga telang, sudah pasti banyak pula manfaat diberikan oleh bunga telang untuk kesehatan. Beberapa manfaat dari bunga telang antaralain:
1. Mengatasi Gangguan Mata
Bunga telang memiliki kandungan antioksidan yakni proanthocyanidin yang berfungsi untuk meningkatkan aliran darah pada kapiler mata, mengobati glaukoma, mengatasi penglihatan kabur, kerusakan retina dan mengatasi mata lelah.
secara tradisional banyak orang mengenal bunga telang sebgai obat untuk gangguan penglihatan, seperti mencerahkan mata dan mengatasi sakit mata. Untuk mengobati mata anda hanya perlu melakukan perawatan dengan cara merendam beberapa kuntum bunga telang dalam satu gelas air hingga air tersebut berubah warna menjadi biru (5 kuntum : 50 ml). Selanjutnya Anda bisa menggunakan air rendaman tersebut sebagai obat pencuci mata yang sakit.
2. Mengatasi infeksi tenggorokan
manfaat selanjutnya dari bunga telang adalah untuk membantu mengatasi infeksi tenggorokan terutama untuk anda yang suka merokok. Untuk mengatasi infeksi tenggorokan, anda perlu memanfaatkan rebusan akar bunga telang sebagai obat kumur.
3. Membantu mengurangi stress
Akar bunga telang memiliki kandungan sifat anti depresesn yang dapat membantu mengurangi tingkat stress seseorang seperti memberikan efek tenang, senang dan santai.
4. Menguatkan Otak
Manfaat lainnya dari akar bunga telang yaitu memiliki kemampuan untuk meningkatkan memori serta membantu seseorang menjadi lebih intelektual. Karena kemampuannay tersebut, banyak orang memanfaatkan bunga telang untuk digunakan dalam pengobatan berbagai jenis penyakit yang berhubungan dengan sistem otak.
5. Memperkuat sistem saraf
Bunga telang juga memiliki manfaat yang efek positif untuk sistem saraf manusia, sehingga dapat membantu dalam memperkuat sistem saraf falam tubuh dan membantu meningkatkan fungsi otak.
6. Mengatasi sakit telinga
Manfaat selanjutnya dari tanaman bunga telang adalah untuk membantu mengobati sakit telinga. Cara mengobati sakit telinga dengan tanaman bunga telang adalah dengan memanfaatkan daunnya. Caranya dengan melumatkan daun telang dan campurkan sedikit garam, lalu olesakan air perasan pada bagian telinga yang terasa sakit. Untuk mempercepat penyembuhan, lakukan cara ini secara rutin.
7. Mengobati Bisul
Bisul dapat diobati dengan memanfaatkan tanaman bunga telang biru yang ditumbuk dengan campuran gula jawa. Lalu balurkan ramuan bunga telang pada bisul secara rutin hingga bisul sembuh.
8. Bunga telang sebagai pencuci darah
Darah kotor dapat menjadi penyebab timbulnya berbagai gangguan penyakit kulit seperti memicu timbulnya bisul. Untuk mengatasi bisul anda dapat memanfatakan akar dari tanaman bunga telang putih yang direbus lalu konsumsi rebusan secara teratur. Ramuan tersebut dipercaya mampu untuk mencuci darah secara alami.
9. Mengobati bronchitis
Bronchitis adalah jenis penyakit peradangan pada saluran pernafasan. Untuk meredakannya, anda dapat memanfaatkan ramuan herbal dari akar tanaman bunga telang. Caranya dengan merebus 30 hingga 60 gram akar bunga telang dengan 4 gelas air hingga kadar air rebusan tinggal setengahnya saja. Konsumsi air rebusan tersebut dalam kondisi dingin pada pagi dan malam hari masing-masing 1 gelas.
10. Mengobati Batuk
Manfaat selanjutnya dari tanaman bunga telang adalah bermanfaat untuk membantu mengobati batuk. Cara mengobati batuk yaitu dengan memanfaatkan akar bunga telang dengan cara merebusnya. Gunakan cara herbal ini secara rutin untuk membantu mengobati batuk
11. Sebagai detoksifikasi
Bunga telang juga sering dimanfaatkan sebagai teh herbal yang berguna untuk membantu menghilangkan racun-racun dalam sistem pencernaan atau detoksifikasi. Cara detoksifikasi dengan bunga telang adalah dengan menyeduh kembang telang sebanyak 2 hingga 3 kuntum dengan air panas, biarkan +/- 10 menit. Ramuan tersebut sudah siap untuk dikonsumsi. Untuk menambah cita rasa teh, kita bisa menambahkan madu atau perasan jeruk lemon ke dalamnya.
12. Mengatasi gangguan seksual pada wanita
Bunga telang juga dapat dimanfaatkan untuk membantu mengatasi gangguan seksual wanita seperti infertilitas maupun masalah haid.
13. Sebagai pewarna makanan
Kembang telang juga memiliki manfaat lain seperti dapat digunakan untuk memberikan warna pada makanan, misalnya saja pada kue. Caranya cukup mudah, yaitu dengan memanfaatkan air perasan dari bunga tersebut dan mencampurkannya pada makanan yang ingin diwarnai.
14. Bersifat Diuretik
Kandungan senyawa kembang telang mempunyai kemampuan untuk melancarkan air seni. Caranya mudah, rebus 0,3 g akar kembang telang kering dengan 4 gelas air sampai tersisa 2 gelas. Setelah dingin, saring air rebusan lalu minum 2 kali sehari masing-masing 1 gelas. 15. Obat Anti Diabetes
Pola makan yang buruk merupakan salah satu penyebab utama lonjakan gula darah yang dapat berujung pada diabetes. Selain menguubah pola makan yang lebih sehat, secangkir seduhan bunga telang ternyata juga bisa dimanfaatkan sebagai obat anti-diabetes. Konsumsi teh biru ini setelah makan akan memperlambat penyerapan glukosa sehingga gula darah tetap stabil. Tak hanya itu saja, kandungan antioksidannya yang tinggi juga berfungsi menjaga kesehatan jantung dan mengurangi infeksi yang rentan menyerang penderita diabetes.
15. Memperkuat dan menghitamkan rambut.
Selain itu, kembang telang juga berkhasiat untuk memperkuat serta menghitamkan rambut kamu loh girls. Cara tersebut dapat diakukan lewat langkah menghaluskan bunga serta dipakai untuk pengganti shampo.
Manfaat bunga telang lainnya
16. Sebagai bunga sesajen pada budaya Bali
17. Melancarkan BAB
18. Menyembuhkan penyakit kulit
19. Melancarkan menstruasi atau telat datang bulan
20. Menghaluskan wajah
21. Mengobati jerawat


Resep Sederhana Bunga Telang

Penasaran ingin mencoba khasiat bunga telang? Berikut adalah sederet resep mudah dari bunga telang yang dapat Anda coba:

1. Teh bunga telang

Ini merupakan minuman bunga telang yang paling sering dibuat, sebab prosesnya sangat mudah. Berikut adalah bahan-bahan yang Anda perlukan:
  • 200 mL air panas
  • 1 genggam bunga telang segar atau 10 kelopak bunga telang yang telah dikeringkan
Cara membuat:
  • Tuang air panas ke dalam gelas atau cangkir.
  • Masukkan bunga telang, lalu biarkan selama 15 menit. Warna biru pada bunga telang lama-kelamaan akan luntur sehingga air panas berubah warna menjadi kebiruan.
  • Setelah bunga telang tidak lagi mengeluarkan warnanya, saring air dari kelopak bunga yang tersisa. Teh bunga telang siap disajikan.

2. Teh bunga telang dan serai wangi

Minuman bunga telang dan serai bermanfaat untuk menjaga kesehatan mulut, produksi sel darah merah, dan mengatasi perut kembung. Bahan-bahannya antara lain:
  • 15 kelopak bunga telang segar
  • 5 batang serai, potong kecil
  • 1 liter air
Cara membuat:
  • Panaskan air hingga mendidih, lalu masukkan bunga telang dan serai yang telah dipotong kecil.
  • Masak hingga warna biru keluar dan aroma sereh tercium.
  • Tuang teh ke dalam poci atau saring ke dalam gelas. Anda bisa menambah gula atau madu untuk memperkaya rasa.

3. Limun bunga telang

Minuman limun dengan bunga telang dapat memberikan tubuh Anda vitamin C, menyegarkan napas, melancarkan pencernaan, dan memelihara kesehatan kulit. Bahan-bahan yang Anda perlukan adalah:
  • 1 liter air matang
  • 200 gram gula pasir
  • 20 gram bunga telang kering
  • Perasan 8-10 buah lemon
  • Es batu secukupnya
Cara membuat:
  • Masukkan 600 mL air, gula, dan bunga telang kering ke dalam panci untuk membuat sirup. Aduk dan angkat sebelum mendidih.
  • Tutup panci, kemudian biarkan selama 10 menit.
  • Setelah 10 menit, saring sirup dari bunga telang dan pindahkan ke wadah lain. Biarkan hingga dingin.
  • Siapkan gelas, lalu masukkan sebagian perasan lemon, sisa air, dan es batu.
  • Tuangkan sirup bunga telang hingga memenuhi setengah gelas.
  • Tuangkan sisa perasan lemon di bagian atas. Limun bunga telang siap disajikan.
Demikianlah pembahasan singkat tentang manfaat bunga telang (Clitoria ternatea) untuk kesehatan yang perlu anda ketahui dan membantu anda untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Terimakasih telah berpartisipasi membaca artikel ini, semoga bermanfaat..

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More