THERAPY MEDITASI GELOMBANG CINTA KASIH ~ Putra Gantiwarno
Selamat datang, terima kasih atas kunjungannya. Salam perdamaian

THERAPY MEDITASI GELOMBANG CINTA KASIH

Disebut juga dengan Self Hypnosis Deeptrance Relaxation.

Image result for gelombang cinta kasihKehidupan Modern yang penuh dengan Masalah
Kehidupan sehari-hari kita tentu tak bisa lepas dari salah satu masalah berikut ini :
  1. Tekanan kerja berat untuk mengejar target.
  2. Persaingan bisnis dan berhadapan dengan orang yang sulit
  3. Radiasi peralatan teknologi (Hp, komputer, TV, dll)
  4. Pemanasan global yang salah satu dampaknya yaitu perubahan cuaca yang tak teratur.
  5. Pola makan dan pola hidup tak teratur.

Tanpa disadari masalah tersebut menyebabkan akumulasi energi buruk dalam jumlah banyak yang melekat di badan, pikiran, dan hati. Semua itu secara perlahan merusak sistem tubuh manusia yang diawali dengan kondisi seperti berikut ini :
  1. Mudah cemas, gelisah dan tingkat emosi yang labil.
  2. Sulit tidur dan merasa kurang tidur.
  3. Mudah capek, lesu, kurang bergairah dan mudah sakit.
  4. Sulit berkonsentrasi, mudah lupa dan sering merasa 'blank'
  5. Produktivitas kerja menurun.
Sebagai manusia yang setiap hari harus bekerja, kita sangat sulit menghindari kondisi-kondisi seperti yang diuraikan diatas. Pepatah bijak mengatakan "Kita tak mungkin melapisi seluruh jalanan dengan alas (karpet}, tetapi kita bisa melapisi kaki kita dengan alas agar tidak terluka". Seperti pakaian dan tubuh kotor yang perlu dibersihkan tiap hari, kita juga perlu membersihkan diri dari sampah-sampah energi buruk dengan Latihan Meditasi.

Apa itu Meditasi
Meditasi adalah sebuah aktivitas untuk memusatkan perhatian pada objek tertentu. Dalam hal ini yang menjadi objek latihan adalah Nafas, Sensasi tubuh, dan Cinta kasih.Dengan latihan yang terarah akan muncul ketenangan, konsentrasi, kesadaran, kebijaksanaan dan penyembuhan diri.
Meditasi juga adalah kegiatan untuk memasuki alam bawah sadar kita. Pada saat kita menyelami pikiran bawah sadar kita mengalami proses peningkatan kesadaran. Semakin dalam menyelam melalui alpha, tetha, delta, dan seterusnya, kita akan bisa mencapai puncak kehidupan spiritual. Disitu kita bisa menemukan tujuan hidup kita yang sebenarnya.

Banyak penelitian ilmiah yang membuktikan bahwa meditasi baik untuk memberikan ketenangan pikiran. Dari segi kesehatan, meditasi membantu menurunkan tekanan darah, menormalkan detak jantung, menjaga kestabilan hormon stress ( adrenalin dan kortisol).

Manfaat Meditasi
  1. Mampu melepaskan ketegangan serta tidak mudah stress/putus asa (dg.meditasi kita akan terbiasa melakukan self management. Mengumpulkan segala permasalahan. Melihat prioritas dari masalah dan menyelesaikan masalah sesuai dengan tenaga dan waktu yang ada).
  2. Meningkatkan rasa percaya diri dan keberanian dalam menghadapi pelbagai masalah ( Dengan meditasi  model tertentu dengan bantuan objek lilin akan sangat membantu kepercayaan diri).
  3. Memupuk pikiran untuk berpikir secara positif (Dengan meditasi kita akan selalu berpikiran secara baik. Memandang segala sesuatu baik yang benar ataupun salah melalui sudut pandang yang positif).
  4. Menguatkan daya ingat (Meditasi mengajarkan untuk melatih konsentrasi sehingga daya tangkap otak akan meningkat dari sebelumnya).
  5. Mengaktifkan daya penyembuh tubuh.
  6. Melancarkan aliran energi tubuh.
  7. Melembutkan hati, membuka pintu Rejeki.
  8. Berdamai dengan diri sendiri.
  9. Tampil Penuh Energi sepanjang hari.
  10. Mampu energi cinta kasih ke sesama.
  11. Mampu memproteksi diri dari vibrasi energi buruk.
Dengan memahami keterkaitan antara pikiran & tubuh atau energi & materi, maka keterkaitan antara cinta, kasih sayang dan kesehatan akan dapat dipahami. Kemudian bukan sekedar dipahami saja tapi juga dijalani.
Orang yang sedang jatuh cinta, dalam konteks romantis, terbukti memiliki kadar laktat yang lebih rendah dalam darah mereka, sehingga membuat mereka tidak mudah lelah, dan memiliki kadar endorfin yang lebih tinggi, yang membuat mereka merasa bergembira dan tidak mudah merasa sakit. Sel-sel darah putihnya pun tanggapannya lebih baik apabila dihadapkan pada infeksi, sehingga mereka tidak mudah terserang flu.

Kita juga mengetahui bahwa bayi yang tidak menerima kasih sayang akan merana dan menurun drastis kesehatannya, meskipun kondisi kebersihan dan gizinya sangat bagus. Alasannya telah ditemukan oleh Dr.Christopher Coe dari Stanford, yang membuktikan bahwa pemisahan bayi monyet dari induknya telah menekan sistem kekebalan bayi tersebut.
Film dokumenter cinta kasih tentang pekerjaan Ibu Theresa menghasilkan lonjakan tajam imunoglobin. Namun pengaruh tersebut tidak ada kaitannya dengan kesukaan atau ketidaksukaan secara sadar terhadap Ibu Theresa, sehingga menunjukkan pengaruh pada tahap tak sadar. Meskipun perbaikan itu berlangsung kurang dari 1 jam, perbaikan tersebut dapat diperpanjang dengan menyuruh mereka berpikir tentang saat-saat dalam kehidupannya ketika disayangi seseorang.

Tata Cara Meditasi (Love Healing Touch)
  1. Silahkan ambil posisi yang paling nyaman untuk anda. bisa  sambil duduk ataupun berbaring.
  2. Tutup mata dan izinkan tubuh relax.
  3. Tarik nafas dengan perlahan dan hembuskan dengan perlahan, lakukan senyaman mungkin. Dan niatkan serta izinkan diri anda, semakin lama semakin merasa nyaman dan santai. Tersenyumlah ....
  4. Niatkan untuk memohon kesembuhan dan pemulihan diri pada Tuhan, atas apapun masalah anda. Berdoalah sesuai dengan cara yang paling nyaman dan pas menurut anda sendiri.
  5. Kemudian izinkan Cahaya Ilahi meresap ke dalam diri anda, mulai dari ubun-ubun diatas kepala anda, lalu sebarkan ke seluruh tubuh anda. Ulangi 3 kali.
  6. Kemudian di dalam ruang mata batin (layar mental) anda, hadirkan satu persatu orang-orang yang menurut anda telah bersalah atau menyakiti hati anda. Kemudian ucapkan affirmasi berikut ini ke setiap orang yang anda hadirkan satu persatu :
  7. "Saya memaafkan anda dengan tulus dan sepenuh hati. Saya membebaskan dan melepaskan semua ikatan energi negatif antara diri saya dan anda. Mulai saat ini, apa yang pernah terjadi di antara kita, beserta semua muatan emosi negatifnya, selesai sampai di sini. Saya mendoakan semoga anda hidup bahagia dan damai. Sekarang saya telah bebas, anda juga bebas, dan semua menjadi damai antara kita. Semoga anda hidup bahagia dan damai "
  8. Affirmasi Kunci. Setelah affirmasi diatas, kunci affirmasinya dengan : I AM SORRY, PLEASE FORGIVE ME, I LOVE YOU, THANK YOU.  ucapkan sebanyak 5 kali. yang bermakna sebagai berikut : Saya menyesal dengan kesalah fahaman, keretakan hubungan, permusuhan, serta permasalahan diantara kita. Saya minta maaf, karena saya telah turut mengambil bagian atas terjadinya hal itu. Sesungguhnya saya sangat mengasihimu. Terimakasih.
  9. Setelah di rasa cukup, biasanya ditandai dengan helaan nafas lega. Maka akhiri sesi meditasi anda.
  10. Ucapkan Affirmasi Kunci. kapan saja dan di mana saja. Khususnya saat diri kita merasa dipenuhi oleh Rasa bersalah, Rasa dendam, Benci, Rasa permusuhan, dll ... terhadap orang lain.
Berapa kali meditasi dan Affirmasi ini perlu di ucapkan ?
Bergantung pada masing-masing orang. Ada yang melakukan satu kali, dua kali, tiga kali atau berkali-kali. Yang penting adalah setelah selesai mengucapkan affirmasi pikiran dan perasaan kita tenang dan damai. Bila selanjutnya kita membayangkan wajah orang yang pernah menyakiti kita dan sudah tidak ada lagi perasaan negatif, maka saat itu berarti kita telah berhasil memaafkan orang itu.

5 Cara menebar Cinta Kasih
  1. Kopi dan teh hangat disuguhkan ke orang-orang yang anda cintai
  2. Kirim pesan yang tak terduga.
  3. Berikan pujian.
  4. Berikan bunga.
  5. Lakukan hal-hal baik.
Dr.Gary Chapman dalam bukunya "Five Love Languages" mengemukan 5 cara mengekspresikan dan mengalami cinta melalui "bahasa cinta" yaitu : Kata-kata peneguhan (words of affirmation), Saat-saat yang mengesankan (quality time), Memberi pelayanan (acts of service), Memberi/ menerima hadiah (giving/ receiving gifts), dan Sentuhan fisik (psycical touch).Setelah menerapkan nya dalam komunikasi anda, relasi anda pasti bertambah baik.

Forgive & Love Again (Mengampuni dan Mencintai kembali)
" Karena jikalau kamu mengampuni kesalahan orang, Allah mu yang di sorga akan mengampuni kamu juga. Tetapi jikalau kamu tidak mengampuni orang, Allah mu juga tidak akan mengampuni kesalahanmu".

sumber : hidupsehat-johan.blogspot.com

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More