Selamat datang, terima kasih atas kunjungannya. Salam perdamaian

Manfaat Buah Bit

Gambar Buah Bit. Kandungan Nutrisi dan Manfaat Buah Bit
Pada umumnya buah bit memang lebih sering digunakan sebagai pewarna alami. Karena buah bit ini menghasilkan warna ungu dan merah keunguan yang sangat bagus untuk digunakan sebagai pewarna makanan dan minuman. Memiliki nama latin Beta Vulgaris, buah bit ini termasuk dalam kelompok Amaranthaceae.
Biasanya buah bit dikonsumsi dengan cara membuat jus, direbus untuk dijadikan salad, bahkan ada pula yang dijadikan sup. Namun yang perlu diperhatikan adalah ketika mengkonsumsinya, kulitnya harus dibuang. Buah bit sendiri memiliki kandungan karbohidrat dalam bentuk gula dengan sedikit protein dan lemak. Berikut adalah informasi lengkap mengenaik kandungan yang ada dalam buah bit :
Asam Folat 34%, yang berfungsi untuk menumbuhkan serta mengganti sel-sel tubuh yang rusakKalium 14,8%, untuk memperlancar keseimbangan cairan yang ada di dalam tubuh
  • Serat 13,6%, untuk memperlancar saluran pencernaan
  • Vitamin C 10,2%, berfungsi untuk menumbuhkan jaringan serta dapat menormalkan saluran darah
  • Magnesium 9,8%, untuk menjaga fungsi otot dan syaraf
  • Triptofan 1,4%, untuk meningkatkan kualitas tidur
  • Zat Besi 7,4%, berguna untuk metabolisme energi dan juga sistem kekebalan tubuh
  • Tembaga 6,5%, untuk membantu membentuk sel darah merah
  • Fosfor 6,5%, dapat memperkuat pembentukan tulang
  • Caumarin, yang berguna untuk mencegah adanya tumor
Jika anda mengkonsumsi buah bit ini secara teratur maka manfaat yang didapat adalah:
  1. Meningkatkan stamina – jika Anda minum jus buah bit, maka kemampuan berolah raganya dapat meningkat hingga 16%, hal ini dikarenakan kandungan nitrat yang ada di dalam buah bit dapat mengurangi pembakaran oksigen.
  2. Menurunkan tekanan darah, menyehatkan pembuluh darah dan jantung – Di Amerika dan Inggris para ahli menyarankan untuk mengkonsumsi jus bit sebanyak 500 ml bagi para penderita hipertensi.
  3. Mengatasi anemia – kandungan zat besi yang ada di dalam buah bit mengandung zat besi, sehingga membantu untuk meregenasi sel darah merah dan membantu untuk menyuplai oksigen ke sel-sel darah merah.
  4. Membantu mengatasi masalah pencernaan – jika Anda diserang rasa mual, diare, disentri, dengan meminum jus bit yang telah dicampur dengan wortel dan satu sendok makan jus lemon dipercaya dapat membantu mengurangi rasa sembah yang ada didalam perut.
  5. Membersihkan ginjal dan kandung empedu – caranya adalah dengan membuat jus dengan campuran buah bit, wortel dan ketimun.
Semoga informasi mengenai kandungan dan manfaat buah bit diatas bisa berguna.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More