Selamat datang, terima kasih atas kunjungannya. Salam perdamaian

Manfaat Buah Delima



Siapa sih yang tak kenal dengan buah delima? Buah yang dagingnya berwarna merah ini memang sudah populer, namun sayang tak banyak orang melirik delima layaknya buah-buah lain seperti pisang, durian dan semangka. Padahal, manfaat buah delima untuk kesehatan tubuh banyak sekali, lho.


Buah yang bernama latin Punica granatum ini berasal dari Iran dan banyak dikembangbiakkan di sekitar wilayah Mediterania. Delima sendiri terdiri dari tiga jenis, yaitu delima merah, putih, dan ungu. Ketiga jenis delima yang dibedakan berdasarkan namanya tersebut memiliki khasiat yang baik. Apa saja manfaatnya?
Manfaat Buah Delima untuk Kesehatan Tubuh









  • Membantu melawan pertumbuhan sel kanker 
Banyak penelitian yang dilakukan untuk mengungkapkan khasiat buah delima untuk mengobati kanker. Beberapa jenis kanker yang disinyalir mampu disembuhkan dengan terapi buah delima adalah kanker prostat, payudara, usus besar dan juga kanker paru-paru. Ini karena kandungan zat ellagitannins yang terkandung dalam buah delima dapat mencegah aktifnya sel-sel kanker yang berbahaya.
  • Mencegah Aterosklerosis
Aterosklerosis merupakan penyakit penyumbatan arteri yang disebabkan oleh penumpukan kadar kolesterol dan lemak bersama dengan bahan lainnya. Sifat antioksidan yang dihasilkan oleh delima menghindari low-density lipoprotein atau kolesterol jahat dari oksidasi. Hal ini menunjukkan bahwa delima mampu mencegah pengerasan dinding arteri, sehingga menjadikan arteri bebas dari lemak, sehingga darah bisa mengangkut zat antioksidan ke seluruh tubuh.
  • Menjaga kesehatan kulit 
Salah satu manfaat buah delima untuk kulit yang tak bisa dianggap remeh adalah membantu menjaga kesehatan dan keremajaan kulit wajah. Buah delima bisa dimanfaatkan untuk mencegah dan mengobati jerawat yang disebabkan oleh ketidakseimbangan produksi hormon. Selain itu, delima juga dapat mencegah terjadinya penuaan dini dan juga mempercepat penyembuhan luka pada kulit.
  • Memiliki sifat anti-inflamasi atau anti radang 
Khasiat buah delima yang lainnya adalah sebagai zat yang berfungsi untuk mencegah terjadinya radang. Masalah peradangan memang masalah sepele namun jika dibiarkan tetap saja akan berbahaya. Untuk mencegah terjadinya peradangan, Anda sebaiknya memperbanyak konsumsi delima, sebab di dalamnya terkandung zat anti inflamasi yang sangat ampuh.
  • Mencukupi kebutuhan nutrisi ibu hamil 
Pada masa kehamilan, seorang wanita membutuhkan lebih banyak asupan nutrisi daripada wanita yang berada dalam keadaan normal. Manfaat buah delima untuk ibu hamil ini bisa mencukupi kebutuhan nutrisi, baik kebutuhan ibu maupun janin yang ada dalam kandungan.
  • · Mengobati Jerawat
Buah delima kaya akan vitamin C , yang dimana vitamin C yang berfungsi dalam mengatur produksi sebum yang dimana merupakan penyebab timbulnya jerawat. Untuk mengatasi itu semua lebih baik konsumsilaah buah delima.
  • · Merawat Gigi
Beberapa manfaat dari jus delima yang paling utama yaitu fungsi dari delima sendiri yang memiliki sifat anti bakteri serta anti virus yang dapat berguna sebagai faktor dari berkurangnya plak pada gigi. Selain itu delima juga dapat melindungi dari serangan penyakit yang terdapat di mulut.
  • · Mengatasi Gangguan Perut
Masalah atau gangguan yang terjadi pada perut sepertu diare dan lambung dapat di atasi dengan menggunakan buah delima. Untuk mengatasinya kita bisa juga membuat teh dari daun delima, sedang jus delima sendiri bisa menyembuhkan kolera dan disentri.
  • · Meregenerasi sel
Buah delima sangat membantu dalam memproduksi anti oksidan secara alami di dalam tubuh. Yang di mana juga membantu untuk regenerasi sel kulit. Selain itu buah delima juga dapat meningkatkan sirkulasi darah serat mempercepat penyembuhan luka dan memperbaiki jaringan sel kulit. Fungsi lain dari buah delima adalah sebagai pelindung untuk kulit luar dan sebagai perantara untuk regenerasi sel kulit dalam lapisan kulit.

Buah delima memang sekarang sudah jarang dijual di pasaran. Namun, tak ada salahnya untuk kembali menengok ke belakang untuk hal yang lebih baik. Dengan meningkatnya penjualan, maka produsen buah delima akan kembali aktif. Dengan demikian manfaat buah delima untuk kesehatan yang akan dirasakan oleh banyak orang.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More