Selamat datang, terima kasih atas kunjungannya. Salam perdamaian

Manfaat Daun Pepaya

Image result for daun pepaya
Daun pepaya merupakan daun yang umum ditemukan di daerah tropis, seperti negara kita yaitu di Indonesia. Mungkin banyak orang yang hanya mengetahui manfaat daun pepaya sebagai sayur saja, namun sedikit yang mengetahui beragam manfaat daun papaya bagi kesehatan tubuh.

Sebenarnya daun pepaya sudah digunakan oleh nenek moyang kita sebagai salah satu obat tradisional. Hanya saja sayangnya generasi sekarang sangat sedikit yang mengetahui atau meneruskan pengetahuan yang berguna ini, seiring dengan berkembangnya teknologi terutama di bidang kedokteran dan juga farmasi. Kali ini kita akan coba kembali ke masa lalu dengan menilik beragam manfaat daun pepaya bagi kesehatan, sebagai salah satu dari obat tradisional yang dulu sering dipakai oleh para nenek moyang kita.

# Untuk Memudahkan Proses BAB
Melalui penelitian, diketahui bahwa daun dari tanaman pepaya memiliki suatu zat yang disebut sebagai Karpain. Zat inilah (karpain) yang akan membantu untuk melancarkan pembuangan kotoran dari perut manusia, dengan cara membunuh semua bakteri-bakteri jahat yang ada di dalam sistem pencernaan atau perut manusia. Yang mana bakteri-bakteri jahat tersebut dianggap sebagai suatu parasit oleh zat karpain.

Tentunya, jika bakteri jahat tersebut sudah disingkirkan, maka sistem pencernaan di dalam perut pun akan semakin lancar. Sehingga akan memudahkan pembuangan kotoran dari dalam perut manusia, yang akan menghindarkan kita dari sembelit atau pun diare.

# Sebagai Obat Anti Demam Berdarah 
Penyakit demam berdarah merupakan salah satu penyakit yang menakutkan, dan pernah menjadi wabah di beberapa daerah di Indonesia. Tapi tahukah Anda, bahwa demam berdarah ternyata bisa dicegah dengan menggunakan daun pepaya. Caranya sangat sederhana, yaitu dengan merebus daunnya dan langsung meminum air rebusan tersebut. Tentu saja, semua orang mengetahui bahwa daun pepaya memiliki rasa yang pahit. Jadi sebaiknya anda bisa menambahkan madu ke dalam air rebusan daun papaya tersebut agar terasa lebih enak saat diminum.

# Penghilang Nyeri Saat Menstruasi
Daun pepaya juga sangat membantu untuk para wanita yang sering merasakan sakit di perut saat datang bulan, dengan cara meringankan rasa sakit yang di rasakan di perut bagian bawah.

Caranya pun sangat simpel, yaitu dengan mengambil selembar daun pepaya dan kemudian anda rebus bersamaan dengan asam jawa, dan juga garam hingga mendidih. Setelah rebusannya berubah dari keadaan panas hingga menjadi hangat, maka segera minumlah air rebusan tersebut karena akan mempercepat khasiat dari daun pepaya.

# Untuk Mencegah Kanker
Menurut beberapa penelitian, Daun pepaya dapat digunakan sebagai obat untuk mencegah kanker. Hal ini disebabkan karena daun pepaya mengandung getah yang dapat mencegah pertumbuhan dari sel-sel kanker, atau menghambat berkembangnya sel-sel kanker tersebut. Namun jangan khawatir, karena Anda tidak perlu meminum getahnya secara langsung, sebab getah dalam daun pepaya akan bercampur dalam setiap proses olahan dari daun pepaya tersebut.

Sebenarnya masih banyak manfaat daun papaya selain yang sudah disebutkan diatas. Manfaat daun pepaya lainnya bagi kesehatan adalah mengobati masuk angin, mencegah dan mengobati penyakit diabetes, serta dapat mengobati jerawat yang tumbuh di wajah, terutama bagi kaum remaja yang sedang dalam masa pubertas.

Itulah beragam manfaat daun papaya yang sangat berguna untuk menunjang kesehatan tubuh kita. Sehingga kita bisa menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari, agar kesehatan tubuh tetap selalu terjaga dengan baik.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More