Selamat datang, terima kasih atas kunjungannya. Salam perdamaian

Manfaat Buah Kolang-Kaling

Kolang kaling adalah buah dari pohon aren yang memiliki bentuk yang lonjong, kenyal dan memiliki warna putih. Selain itu buah ini memiliki kandungan air yang banyak. Buah kolang kaling sangat popular di kalangan masyarakat, terlebih saat bulan Ramadhan.

Pada saat bulan Ramadhan inilah kolang kaling akan banyak di jajakan di pasar - pasar tradisional dan tidak sulit untuk mendapatkannya. Karena kolang kaling biasa di jadikan berbagai macam minuman untuk berbuka puasa dan pelepas dahaga.

Akan tetapi tidak banyak yang tahu manfaat kolang kaling untuk kesehatan sangatlah banyak. Itu di karenakan dalam kolang kaling mengandung protein, potassium, besi, kalsium, vitamin A, vitamin B, Vitamin C dan gelatin selain kandungan airnya yang tinggi.

manfaat kolang kaling

Berikut adalah manfaat kolang kaling untuk kesehatan

  • Memperkuat Tulang
Kebanyakan orang untuk memenuhi kebutuhan kalsium dalam tubuh dengan mengkonsumsi susu, karena susu sangat bermanfaat dalam pertumbuhan. Akan tetapi dalam susu mengandung kalori yang tinggi dan jika di konsumsi secara berlebih membuat penumpukan kalori dalam tubuh sehingga menjadi gemuk. Maka dari itulah kolang kaling dapat di jadikan alternative sebagai sumber kalsium. Karena dalam 100 gr kolang kaling terkandung 91 mg kalsium sedangkan pada susu dengan berat yang sama mengandung 125 mg kalsium.
  • Makanan yang Pas untuk Diet
Dalam suatu penelitian menyatakan bahwa dalam 100 gram kolang kaling mengandung 0,69 gram protein, karbohidrat 4 gram, kadar abu 1 gram, serta serat kasar sebanyak 0, 95 gram. Selain itu kolang kaling juga memiliki kadar air yang tinggi mencapai 94 %, oleh karena itulah kenapa jika kita mengkonsumsi kolang kaling akan terasa segar. Selain itu dalam kolang kaling juga mengandung gelatin yang di mana dapat membuat perasaaan kenyang , sehingga kolang kaling dapat di jadikan alternative makanan di saat kita berdiet karena dapat menekan perasaan akan makan yang berlebih.
Mengatasi Radang Sendi
Manfaat kolang kaling yang ketiga yaitu dapat bermanfaat untuk mengatasi radang sendi. Di karenakan kolang kaling yang merupakan buah pohon aren menangandung galaktomanan yang merupakan zat yang membantu menghilangkan radang sendi. Konsumsilah secara rutin agar mendapatkan manfaatnya dan konsumsilah minimal 100 gram dengan hanya merebusnya saja tanpa harus di beri pemanis dan pewarna.

Demikianlah beberapa manfaat kolang kaling untuk kesehatan yang harus anda ketahui. Semoga bermanfaat dan simak terus informasi lainnya yang akan kami bahas.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More