Selamat datang, terima kasih atas kunjungannya. Salam perdamaian

Manfaat Kurma

Kurma merupakan salah satu bagian dari masyarakat mesir kuno sejak zaman dahulu kala. Dulunya, masyarakat mesir sering menggunakan pohon kurma sebagai pondasi rumah mereka, dan daun sebagai atap maupun tikar. Tanaman khas dari gurun ini memang terkenal dengan khasiatnya yang luar biasa. Nah, apakah Anda tahu apa saja manfaat buah kurma untuk kesehatan tubuh?



Salah satu hal yang menarik dari buah ini adalah jika kurma ditanam di tempat yang semakin tandus, maka ia akan tumbuh semakin subur dan rasanya semakin manis. Maka dari itu, kurma yang paling lezat tetap berada di dataran arab yang banyak tanah gurunnya. Nah, buah dengan rasa manis yang memikat ini mengandung segudang manfaat yang sangat baik untuk tubuh, lho. Simak, yuk!

Manfaat Buah Kurma Bagi Kesehatan Tubuh

  • Melancarkan Metabolisme Tubuh
Kandungan serat dalam kurma bersifat laxative atau bersifat sebagai obat pencahar. Selain serat larutnya, asam amino yang terkandung di dalamnya juga sangat membantu proses perncernaan makanan. Kedua zat tersebut sangat berperan dalam melancarkan pencernaan, sehingga konstipasi juga dapat dihindari.
  • Mengoptimalkan Ketajaman Pikiran
Manfaat buah kurma bagi kesehatan tubuh berikutnya adalah meningkatkan sistem saraf. Kurma mengandung vitamin ideal yang dapat meningkatkan fungsi saraf Anda. Dalam kurma juga terkandung potassium yang sangat baik untuk kerja saraf. Dengan potassium saraf menjadi lebih responsive, sehingga dapat meningkatkan kesiagaan aktivitas mereka. Maka dari itulah, kurma sangat baik untuk Anda yang menginginkan ketajaman pikiran tetap terjaga.
  • Penangkal Anemia
Anemia merupakan kondisi ketika jumlah sel darah merah atau hemoglobin (protein pembawa oksigen) dalam sel darah merah berada di bawah normal. Kondisi ini sering menyebabkan penderitanya pucat, lemas, dan sakit kepala. Salah satu cara melawan penyakit ini adalah memberi asupan zat besi yang cukup untuk tubuh. Nah, dalam 100 gram buah kurma mengandung 11% zat besi. Maka dari itulah, manfaat buah kurma bagi tubuh sangat baik untuk penangkal anemia.
  • Meningkatkan Energi
Menurut sebuah penelitian, kurma dapat meningkatkan energi dalam waktu 30 menit bagi yang mengkonsumsinya. Hal itu karena kurma mengandung gula alami yang tinggi seperti glukosa, fruktosa, dan sukrosa. Kurma juga biasa digunakan oleh umat muslim sebagai makanan berbuka. Sebagai makanan cemilan atau pun berbuka kurma dapat dengan cepat memenuhi energi tubuh sehingga membuat Anda merasa kenyang tanpa makan berlebihan

  • Mengatasi Diare
Manfaat lain dari kurma adalah dapat menagatasi diare, itu karena kandungan potassium dalam kurma yang sangat bermanfaat dalam mengendalikan diare. Tekstur yang lembut dan serat yang mudah larut membantu mengatasi diare sehingga menjadi normal dan sehat kembali.
  • Mengatasi Rabun Senja
Manfaat kurma sangatlah banyak untuk kesehatan bahkan kurma dapat mengatasi rabun senja.Caranya yaitu tumbuklah daun  palem dan oleskan pada sekitar mata, pengobatan alternative ini sangat bermanfaat untuk mengurangi rabun senja.
  • Menjaga Kesehatan Jantung
Kurma merupakan buah yang kaya akan potassium, yang di mana potassium sangat bermanfaat melindungi jantung dari berbagai penyakit yang berhubungan dengan jantung. Misalnya saja jika kurma di rendam selama 1 malam dan keesok harinya di tumbuk kemudian di makan, maka akan berdampak sangat bagus untuk kesehatan jantung .
  • Mengatasi Kesehatan Dan Kekuatan Tulang
Kurma kaya akan mineral yang di mana di yakini dapat memperkuat tulang. Tidak hanya kandungan mineral, kurma juga mengandung Mangan, Magnesium, Selenium, Tembaga semua komponen tersebut  tua merupakan penunjang dari pertumbuhan dan kekuatan tulang, khususnya bagi orang yang kodisi tulangnya sudah mulai melemah.
  • Mengatasi Masalah Sexsual 
Dari beberapa penelitian menyatakan bahwa kurma dapat meningkatkan stamina seksual. Untuk menjaga stamina seksual dapat dilakukan dengan merendam kurma dengan susu kambing selama 1 malam kemudian blender  dan campur dengan bubuk kapulaga dan madu. Selain itu juga kurma kaya akan kandungan estradiol dan flavonoid yang bermanfaatkan untuk meningkatkan jumlah sperma serta kesuburan dan juga dapat membesarkan ukuran serta berat testis. 


Banyak sekali bukan manfaat buah kurma bagi kesehatan tubuh ini? Kurma yang sangat lezat dan bergizi ini juga dapat Anda gunakan sebagai makanan alternative diet sehat, lho. Sebenarnya masih banyak lagi khasiat kurma yang lain seperti mencegah kanker, menjaga kesehatan tulang dan jantung, hingga mengurangi reaksi alergi. Tanaman luar biasa ini memang mengandung segudang manfaat di dalamnya.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More