Selamat datang, terima kasih atas kunjungannya. Salam perdamaian

Manfaat Buah Labu



Buah labu merupakan buah yang namanya terangkat dalam kisah dongeng terkenal, Cinderella. Beragam manfaat buah labu ini sangat baik untuk kesehatan tubuh. Tak hanya itu, karena banyaknya nutrisi yang terkandung, sehingga sangat baik dikonsumsi anak-anak.

Buah labu ini terkenal karena kandungan kalorinya yang bisa dibilang rendah. Dalam 100 gram buah labu hanya tersedia 26 kalori dan tidak mengandung lemak jenuh atau kolesterol, namun kaya akan serat makanan, anti-oksidan, mineral, dan juga vitamin. Dengan banyaknya kandungan baik di dalamnya, tentunya buah yang dagingnya berwarna orange ini memiliki beragam manfaat seperti di bawah ini!


Manfaat Buah Labu Bagi Kesehatan Tubuh



  • Mengurangi risiko penyakit kanker dan hati 
Penyakit kanker dan penyakit hati merupakan dua penyakit yang sangat berbahaya. Jika seseorang sudah mengidapnya, penyembuhannya pun sulit untuk dilakukan dan memakan waktu lama bahkan mungkin sulit untuk disembuhkan. Kandungan betakaroten yang terdapat dalam buah labu terbukti mampu mengurangi kemungkinan seseorang untuk mengidap dua penyakit ini.
  • Berfungsi sebagai makanan pengganti nasi 
Manfaat buah labu lainnya adalah dapat digunakan sebagai makanan pengganti nasi untuk balita Anda yang baru saja belajar mengenal makanan tambahan dari luar. Teksturnya yang lembut dan mudah dihancurkan tersebut sangat cocok untuk pencernaan si Kecil yang belum tumbuh sempurna.
  • Mencegah risiko terjadinya penyakit diabetes tipe 2 
Tidak menutup kemungkinan jika sejak kecil anak-anak bisa terkena diabetes tipe 2. Hal ini dipicu oleh konsumsi makanan yang mengandung gula terlalu banyak. Buah labu merupakan buah yang kaya serat namun memiliki kandungan gula rendah. Dengan demikian, secara tidak langsung buah labu dapat menyeimbangkan kadar gula dalam darah buah hati Anda.
  • Meringankan kerja organ pencernaan 
Manfaat buah labu yang tak kalah penting lainnya adalah dapat meringankan kerja organ pencernaan. Buah labu mengandung banyak serat yang terbukti lebih cepat dicerna oleh lambung dan dihancurkan dalam usus. Selain itu, sari yang terkandung dalam buah labu yang kaya akan gizi tersebut akan mudah diserap sarinya dalam usus halus.
  • Memperkuat sistem imun tubuh 
Bukan hanya sistem pencernaan saja yang tumbuh belum sempurna,namun sistem pertahanan tubuh dari kuman dan bakteri si Kecil pun belum sempurna. Oleh sebab itu, dibutuhkan makanan yang kaya akan antioksidan dan mampu membantu untuk melindungi tubuh dari penyakit berbahaya. Salah satu makanan tersebut adalah buah labu ini.
  • Membantu penyerapan kalsium 
Kalsium merupakan salah satu zat yang sangat dibutuhkan saat masa pertumbuhan bayi. Untuk mendapatkan asupan kalsium yang cukup, Ibu bisa memberikan buah labu ini untuk si Kecil. Itu karena, kandungan magnesium pada buah labu membantu menenangkan jantung sehingga penyerapan kalsium untuk tulang dan gigi bisa berjalan maksimal.
  • Mengatasi Anemia 
Kandungan zat besi yang terdapat dalam labu kuning dapat mengatasi masalah anemia yang biasa terjadi pada orang yang memiliki kesibukan yang padat. Karena fungsi dari zat besi yang dapat membantu dalam proses pembentukan sel darah merah.
  • Merawat dan Menyehatkan Mata 
Sekitar ada 426 gram vitamin A yang terkandung dalam labu kuning sangatlah bermanfaat dalam merawat dan menyehatkan mata. Karena semakin tua, maka lensa pupil akan menjadi keruh, maka dari itu untuk menjaga kesehatan mata perbanyaklah untuk mengkonsumsi asupan Vitamin A.
  • Mengurangi Resiko Terkena Stroke 
Dengan mengkonsumsi labu kuning sangatlah bermanfaat dalam melawan kolesterol jahat yang akan menempel pada dinding – dinding arteri, sehingga dapat mengurangi resiko terjadinya penyakit stroke.
  • · Mengembalikan Energi
Karena rutinitas kita setiap harinya dapat membuat kita mudah cepat lelah dan letih. Untuk mengatasi itu semua cobalah untuk mengkonsumsi labu kuning yang di mana dalam labu kuning setidaknya terdapat 2,76 gram kandungan gula yang dapat di ubah menjadi energy yang akan tersimpat pada otot.
  • · Menu pendamping ASI
Maksud sebagai menu pendamping nasi yaitu labu kuning dapat di berikan pada bayi yang bahkan usianya sudah menginjak 6 bulan. Selain bermanfaat karena kandungan gizi yang terdapat pada labu kuning, tekstur pada labu kuning yang lembut yang membuat mudah untuk di cerna oleh usus bayi, sehingga labu kuning tidak membahayakan .
  • · Sebagai Obat Cacingan
Di mana pada masa anak – anak rentan akan terkena cacingan yang membuat anak kita sulit untuk gemuk seperti teman – temannya yang lain. Cara mudah untuk menghilangkan atau mengobati cacingan yaitu dengan mengkonsumsi labu kuning . karena kandungan dalam labu kuning tersebut menyembuhkan serta mencegahnya agar tidak kembali cacingan.

Jika mengingat banyaknya manfaat buah labu, tak ada salahnya bukan mengganti nasi dengan bubur yang sangat bergizi ini . Anda bisa menyajikannya untuk si Kecil sesuai dengan kreasi dan variasi yang dimiliki.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More