Selamat datang, terima kasih atas kunjungannya. Salam perdamaian

Manfaat Buah Melon

Buah melon merupakan salah satu buah yang berasal dari timur tengah dan terkenal akan rasa segarnya. Buah dengan kandungan air banyak ini semakin diminati di Indonesia karena rasanya yang manis dan membuat tubuh segar. Nah, tahukah Anda, apa saja manfaat buah melon untuk kesehatan tubuh ini?

Buah melon yang masih bersaudara dengan buah semangka dan blewah, dulunya harga buah ini cukup mahal. Namun, seiring dengan waktu, buah melon berhasil dibudidayakan di Indonesia sampai saat ini dan dapat dikonsumsi dengan harga yang jauh relatif murah. Mau tahu apa saja manfaat buah melon bagi kesehatan, yuk simak informasinya!


manfaat buah melon
• Memperlancar Pencernaan
Melon mengandung air dan serat yang sangat tinggi. Buah yang berkadar serat tinggi memang sangat baik untuk organ pencernaan kita. Nah, kandungan serat dan air yang tinggi dalam melon ini akan membantu menyehatkan organ perncernaan sehingga  akan menghindarkan dari sembelit atau gejala buang air besar yang sulit.

• Meningkatkan Imunitas
Melon mengandung kadar vitamin C yang cukup tinggi. Kandungan vitamin C yang ada didalam melon kuning dapat meningkatkan imunitas tubuh dalam melawan radikal bebas dan juga menghasilkan kulit yang sehat bercahaya. Selain itu, dalam sebuah penelitian, vitamin C juga dapat dijadikan sebagai racun bagi sel-sel kanker tertentu.

• Anti Aging
Siapa yang menyangka manfaat buah melon juga bisa untuk kulit. Buah melon mengandung kolagen yang dapat membuat kulit lebih halus dan kencang. Manfaat melon ini akan sangat terasa jika Anda sudah berusia 25 tahun. Karena, semenjak umur 25 tahun seseorang akan kehilangan 1,5% kolagen setiap tahunnya. Nah, kandungan kolagen dari buah melon akan membantu menggantikan kolagen yang hilang karena termakan usia.

• Menjaga Kesehatan Mata
Buah melon kaya akan beta karoten. Kandungan Beta Karoten yang terkandung pada melon merupakan senyawa karotenoid yang memiliki efek antioksidan bagi tubuh, betakaroten biasa dikenal sebagai provitamin A, yang bila dikonsumsi oleh tubuh akan berubah menjadi vitamin A. sesuai dengan fungsi vitamin A pada umumnya, vitamin A pada melon ini juga dapat menjaga kesehatan mata Anda.

• Mencegah Stroke
Manfaat buah melon untuk kesehatan tubuh yang lain yaitu dapat mencegah terjadinya stroke, itu di karenakan melon mengandung kalium . Kalium sendiri memiliki fungsi untuk membantu mengontrol tekanan darah dan detak jantung.

• Mencegah Diabetes
Manfaat lain dari buah melon selain dapat mencegah stroke adalah dapat juga mencegah diabetes. Karena buah  melon mengandung gula alami serta air yang di mana dapat mencegah terjadinya penyakit diabetes.

• Mencegah Kanker
Melon adalah salah satu buah yang dapat mencegah penyakit kanker. Dalam buah melon mengandung pigmen karotenoid yang tinggi pada tumbuhan berfungi sebagai pewarna untuk buah , sedang untuk tubuh karotenoid berfungsi untuk mencegah terjadinya kanker, terlebih untuk kanker paru-paru dan kanker payudara.

• Menurunkan Berat Badan
Bagi anda yang sedang diet buah melon dapat dijadikan referensi buah yang sangat  baik untuk dikonsumsi. Karena kandungan sodium yang rendah, bebas lemak, bebas kolesterol dan rendah kalori dalam melon. Selain itu kandungan air yang tinggi dalam melon dapat membuat kenyang.

Menyehatan Kulit
Buah melon sangatlah kbermanfaat bagi kesehatan kulit, karena kandungan kolagen dalam buah melon yang berfungsi untuk menjaga kulit tetap kencang serta dapat mempercepat penyembuhan luka. Selain  itu buah melon juga dapat membuat kulit tetap lembab dan halus.

Buah melon yang memang menjadi buah favorit di saat musim kemarau yang terik ini mengandung banyak manfaat, ya. Manfaat buah melon untuk kesehatan tubuh ini akan semakin dapat dirasakan jika Anda mengimbangi dengan hidup sehat dan makan teratur. Sampai jumpa di artikel berikutnya,

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More