Selamat datang, terima kasih atas kunjungannya. Salam perdamaian

Manfaat Buah Mengkudu

Buah mengkudu merupakan salah salah satu buah yang sudah dikenal di dunia pengobatan tradisional selama 200 tahun. Buah yang tumbuh di dataran rendah ini disebut sebagai obat nyeri sendi dan obat untuk penyembuh penyakit dari dalam. Nah, apakah Anda tahu apa saja manfaat buah mengkudu untuk kesehatan tubuh ini?

Buah mengkudu terkenal dengan zat antioksidan super yang terkandung di dalamnya. Dalam buah mengkudu sendiri terkandung 150 fitronutrien yang merupakan salah satu jenis antioksidan. Fitronutrien sangat bermanfaat untuk anti-inflamasi, anti-virus, anti-bakteri, meningkatkan imunitas seluler dan berperan untuk perbaikan sel tubuh.


manfaat buah mengkudu

Maka dari itulah, buah mengkudu sangat baik untuk kesehatan, khususnya kesehatan wanita. Ingin tahu mengapa manfaat buah mengkudu sangat baik untuk wanita? Yuk, simak ulasannya!

  • Mencegah Resiko Osteoporosis Dini

Wanita mamang lebih rawan terkena risiko tulang keropos dari pada pria. Hal itu karena, hormon esterogen yang menyebabkan wanita mempunyai siklus khas, seperti haid, kehamilan, dsb, membuat wanita kehilangan banyak kalsium. Kandungan asam kapril, metil asetil, morindin, dan beberapa zat lain dapat membantu meningkatkan kekuatan tulang Anda. Nah, bagi Anda yang belum terbiasa meminum jus mengkudu, Anda dapat mengonsumsinya dalam bentuk pil.

  • Menjaga Kesehatan Kulit

Kulit dan kecantikan memang tak bisa dilepaskan dari wanita. Nah, bagi Anda yang mengalami kulit kering dan kasar, Anda dapat mencoba salah satu manfaat buah mengkudu bagi kulit ini. Buah yang kaya akan vitamin A, C, dan E merupakan buah yang sangat baik untuk menutrisi kulit. Cara membuat buah mengkudu untuk perawatan kulit adalah, menumbuk halus buah mengkudu secukupnya, lalu oleskan ke seluruh tubuh. Untuk kulit kering gunakan selama 2 kali seminggu.

  • Memulihkan PMS

Wanita yang akan menjelang masa menstruasi akan lebih sensitif dan rentan marah karena adanya perubahan hormon dalam tubuh. Menurut penelitian, buah mengkudu dikenal memiliki senyawa-senyawa yang dapat meminimalisir perubahan mood dan emosi wanita selama PMS atau Premenstrual Syndrome. Kandungan zat dalam buah mengkudu terbukti dapat mengendalikan produksi hormone serotonin yang membuat mood-swing pada wanita semasa PMS.

  • Dapat menghilangkan jerawat
Manfaat buah mengkudu yang lain yaitu dapat menghilangkan jerawat, karena dalam mengkudu terdapat zat-zat yang  dapat melawan penyebab timbulnya jerawat, serta juga dapata menghilangkan bekas-bekas jerawat. Caranya yaitu kita ambil dulu mengkudu yang sudah matang dan besih, lalu blender hingga halus lalu saring. Kemudian bersihkan wajah dan aplikasikan air mengkudu tadi kewajah dan biarkan kurang lebih 20 menit hingga kering, kemudian basuh wajah menggunakan air hangat. Lakukan cara ini secara rutin dan teratur agar mendapatkan hasil yang maksimal.

  • Dapat Menghilangkan Ketombe 
Ketombe adalah salah satu problem pada rambut yang sering terjadi dan dapat membuat tidak percaya diri dan malu akan rasa gatal yang ditimbulkannya. Akan tetapi tidak perlu risau karena kita bisa memafaatkan buah mengkudu untuk menghilangkannya. Caranya yaitu ambil buah mengkudu yang sudah matang lalu haluskan, lalu balurkan ke rambut secara merata terutama pada kulit kepalanya diamkan selama kurang lebih 25 menit. Kemudian bilas sampai bersih atau juga dengan keramas agar bau dari mengkudu hilang.

Nah, manfaat buah mengkudu bagi kesehatan tubuh khususnya untuk para wanita yang sering mengalami masalah dengan hormonnya, memang cukup banyak, ya. Selain manfaat di atas, buah mengkudu ternyata mengandung zat anti kanker yang dapat membantu mengatasi kanker, khususnya kanker payudara yang lebih rentan diderita oleh wanita.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More