Manfaat Buah Mengkudu ~ Putra Gantiwarno
Selamat datang, terima kasih atas kunjungannya. Salam perdamaian

Manfaat Buah Mengkudu

Buah mengkudu merupakan salah salah satu buah yang sudah dikenal di dunia pengobatan tradisional selama 200 tahun. Buah yang tumbuh di dataran rendah ini disebut sebagai obat nyeri sendi dan obat untuk penyembuh penyakit dari dalam. Nah, apakah Anda tahu apa saja manfaat buah mengkudu untuk kesehatan tubuh ini?

Buah mengkudu terkenal dengan zat antioksidan super yang terkandung di dalamnya. Dalam buah mengkudu sendiri terkandung 150 fitronutrien yang merupakan salah satu jenis antioksidan. Fitronutrien sangat bermanfaat untuk anti-inflamasi, anti-virus, anti-bakteri, meningkatkan imunitas seluler dan berperan untuk perbaikan sel tubuh.


manfaat buah mengkudu

Maka dari itulah, buah mengkudu sangat baik untuk kesehatan, khususnya kesehatan wanita. Ingin tahu mengapa manfaat buah mengkudu sangat baik untuk wanita? Yuk, simak ulasannya!

1. Menurunkan demam

Studi menunjukkan bahwa jus Noni memiliki khasiat antivirus dan membantu menyingkirkan batuk, menurunkan demam, dan mengobati badan pegal linu.

2. Mengatasi arthritis

Jika Anda menjalani gaya hidup sehat dan minum jus mengkudu setiap hari, Anda bisa mengurangi rasa sakit yang diakibatkan arthritis hingga seminimal mungkin. Berbagai penelitian menunjukkan bahwa jus Noni membantu mengurangi rasa sakit dan mengurangi kerusakan sendi yang terkait dengan arthritis karena sifat analgesiknya.
Tim peneliti di Jerman mempelajari manfaat buah mengkudu dalam mengurangi kepekaan terhadap rasa sakit di antara hewan uji. Hasilnya, khasiat analgesik mengkudu ditemukan sebanding dengan tramadol, obat analgesik resep yang digunakan untuk mengobati rasa sakit sedang sampai parah.
Membungkus daun mengkudu segar di sekitar daerah yang bermasalah juga dikatakan bisa meredakan radang sendi, bengkak dan sakit akibat arthritis.

3. Menurunkan risiko encok

Encok adalah sejenis arthritis yang disebabkan oleh penumpukan kristal asam urat di persendian. Beragam penelitian telah menunjukkan bahwa jus mengkudu dapat mengurangi konsentrasi asam urat dalam darah, sehingga menurunkan risiko encok.

4. Melindungi dari risiko kerusakan akibat stroke

Minum jus mengkudu dapat membantu melindungi Anda dari kerusakan yang bisa ditimbulkan stroke. Periset di Universitas Kobe Gakuin Jepang melakukan uji lab pada hewan untuk menentukan apakah sifat antioksidan dan anti-inflamasi dari buah mengkudu akan melindungi tikus lab dari kerusakan otak yang disebabkan oleh gangguan aliran darah sementara ke otak.
Begitu aliran darah pada tubuh tikus kembali pulih, kelompok tikus yang menerima jus mengkudu menunjukkan kerusakan neurologis yang lebih sedikit daripada kelompok kontrol. Periset mempublikasikan temuan mereka dalam buletin Biological and Pharmaceutical tahun 2009.

5. Meningkatkan kekebalan tubuh

Satu lagi manfaat buah mengkudu untuk kesehatan adalah dengan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kandungan scopoletin yang hadir dalam buah mengkudu memiliki sifat anti-bakteri, anti-inflamasi, antijamur dan anti-histamin yang meningkatkan mekanisme pertahanan tubuh.
Selain itu, sifat anti-bakteri buah mengkudu menunjukkan khasiat yang cukup ampuh untuk melawan bakteri E. coli (penyebab gangguan pencernaan dan infeksi saluran kencing), Staphylococcus aureus (penyebab infeksi kulit dan tulang, hingga sepsis) dan Proteus vulgaris (penyebab infeksi saluran kencing).

6. Menurunkan kolesterol

Peningkatan kadar kolesterol dalam darah merupakan faktor risiko utama penyakit kardiovaskular. Merokok juga bisa menyebabkan kolesterol tinggi akibat dari penumpukan stres oksidatif dalam tubuh.
Satu penelitian melibatkan 132 peserta yang digambarkan sebagai perokok berat. Peserta diminta untuk rutin minum jus noni atau pil plasebo selama sebulan. Hasilnya menunjukkan bahwa mengonsumsi 29 sampai 188 mililiter jus mengkudu bisa mengurangi total kolesterol dalam jumlah besar dan meningkatkan kadar lipoprotein dengan kepadatan tinggi. Lipoprotein kepadatan tinggi adalah bentuk kolesterol yang baik.
Mengkudu juga mengurangi low-density lipoprotein, bentuk kolesterol yang buruk. Hasil ini diterbitkan dalam The Scientific World Journal edisi 2012.

7. Menurunkan gula darah

Penelitian pada hewan telah menunjukkan hasil yang menjanjikan terhadap manfaat buah mengkudu untuk mengendalikan kadar glukosa darah. Periset di Universitas Hindia Barat melakukan satu penelitian semacam itu dan menemukan bahwa buah mengkudu memiliki sifat penurun gula darah. Penelitian ini melibatkan pemberian suplemen mengkudu noni atau obat diabetes resep pada tikus diabetes selama 20 hari untuk mempelajari efek gula darah.
Studi tersebut menemukan bahwa noni juga efektif sebagai obat diabetes dalam menurunkan gula darah. Hasilnya dipublikasikan dalam jurnal Evidence-Based Complementary and Alternative Medicine Oktober 2010 lalu.

8. Mengurangi stres

Menurut ahli nutrisi klinis Byron J. Richards, Jus mengkudu mampu membantu Anda mengatasi stres dan mengurangi dampak stres pada fungsi kognitif otak.

9. Mencegah kanker

Buah mengkudu mengandung beragam antioksidan yang mampu memerangi risiko Anda terhadap kanker. Buah mengkudu telah menunjukkan sifat stimulasi kekebalan tubuh dan bersifat melawan tumor. National Cancer Institute juga telah mendanai penelitian awal tentang manfaat buah untuk pencegahan dan pengobatan kanker payudara.

10. Mengobati iritasi kulit kepala

Dr Reema Arora, dermatologis asal Delhi mengatakan bahwa meski belum banyak literatur medis yang menyelidik manfaat buah mengkudu, para pakar kesehatan sepakat bahwa buah hijau ini mengandung sifat anti-bakteri dan antijamur, dan dengan demikian dapat membantu mengatasi iritasi kulit kepala.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More