Selamat datang, terima kasih atas kunjungannya. Salam perdamaian

Manfaat Daun Encok

Khasiat dan Manfaat Daun Encok. Daun Encok atau nama ilmiahnya Flumbago zeylancia L memang identik sekali dengan namanya yang sama dengan penyakit sendi. Herba daun encok ini mempunyai khasiat serta manfaat untuk atasi penyakit. Tumbuhan ini dari suku Plumbaginaceae. sedangkan nama daerah dinusantara adalah daun encok, ki encok (sunda), ceraka (sumatera),  kareka (madura), bama (bali), oporie (timor), poksor (jawa). Daun encok ditanam dipekarangan sebagai pagar hidup tapai dapat juga ditemukan tumbuh liar diladang atau ditepi saluran air.



Manfaat Daun Encok



Khasiat dan Manfaat Daun Encok
Rasa dari daun encok adalah pahit, bersifat tonik tetapi sedikit beracun, Khasiat dan Manfaat Daun Encok adalah untuk menghilangkan bengkak dan juga dapat menghilangkan nyeri atau analgetik. Akar pada daun encok sangat banyak manfaatnya dan berkhasiat untuk menghilangkan lebam, memar, nyeri lambung, kurap, rematik sendi, keseleo, serta kanker darah.





Khasiat dan Manfaat Daun Encok


Kandungan dalam daun encok adalah chitranone dan droserone. Juga plumbagin, 3-3 biplumbagin. 3-chloro plubagin. Berkhasiat untuk mengobati :

Sakit Kepala

Sediakan herba daun encok secukupnya kemudian tumbuk sampai halus. Tambahkan sedikit minyak kelapa dan aduk kembali sampai menjadi bubur. Terapkan adonan daun encok pada kepala yang terasa sakit kurang lebih 20 menit.

Kencing kurang lancar


Siapkan herba daun sendok secukupnya, lalu lembutkan sampai halus. tambahkan juga adas pulosari. Silahkan gosok dengan ramuan tersebut pada perut bagian bawah, tepat diposisi kandung kencing. Jangan terlalu lama menempelkannya cukup 30 menit agar tidak terjadi lepuh.


Rematik


Siapkan sebuah daun segar, cuci lalu tumbuk halus. Tambahkan air hangat seperlunya sampai adonan seperti bubur. Setelah itu gunakan atau oleskan untuk melumasi atau menggosok bagian tubuh yang sakit. Lakukan 2 kali sehari.

Sakit Pinggang


Siapkan satu genggam herba daun encok kemudian haluskan sampai lembut, tambahkan kapur sirih secukupnya lalu tempelkan pada bagian pinggang yang terasa sakit, pegal atau linu.


Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More