Selamat datang, terima kasih atas kunjungannya. Salam perdamaian

Manfaat Daun Jintan

 Daun jinten mempunyai nama ilmiah Plectranthus amboinicus (L.) Spreng merupakan tumbuhan perenial dan termasuk kedalam keluarga dari Lamiaceae. Tanaman ini berasal dari benua Afrika yaitu afrika bagian timur dan Afrika bagian selatan. Penyebaran daun jinten mulai dari Swasziland kemudian ke angola, Mozambik, lalu menuju ke Tanzania dan Kenya. Nama lain dari daun jinten yaitu Coleus amboinicus Lour atau Coleus aromatica Benth. Daun jinten memiliki nama yang berbeda beda di setipa daerah di Negara kita antara lain lain Jawa (ajeran, daun kucing), Sumatra ( bangun bangun, hati hati, sukan dan tramun), Sunda (acerang), Bali (iwak), madura (maja nereng). Zat yang terkandung dalam daun jinten kalium, minyak astiri dan fenol.

 Pada artikel kali ini saya akan membahas tentang manfaat dari daun jinten bagi kesehatan. Mungkin sebagian dari kita kurang mengerti dan mengenal daun jinten. Nah, sebelum saya menjabarkan tentang manfaat daun jinten terlebih dahulu saya akan menjelaskan tentan daun jinten itu sendiri.
 Daun jinten mempunyai nama ilmiah Plectranthus amboinicus (L.) Spreng merupakan tumbuhan perenial dan termasuk kedalam keluarga dari Lamiaceae. Tanaman ini berasal dari benua Afrika yaitu afrika bagian timur dan Afrika bagian selatan. Penyebaran daun jinten mulai dari Swasziland kemudian ke angola, Mozambik, lalu menuju ke Tanzania dan Kenya. Nama lain dari daun jinten yaitu Coleus amboinicus Lour atau Coleus aromatica Benth.
 Di Negara kita sendiri daun jinten sudah tersebar hampir di seluruh wilyah. Karena itu daun jinten memiliki nama yang berbeda beda disetiap daerahnya antara lain Jawa (ajeran, daun kucing), Sumatra ( bangun bangun, hati hati, sukan dan tramun), Sunda (acerang), Bali (iwak), madura (maja nereng). Daun jinten mengandung zat kimia yang bisa dimanfaatkan untuk kesehatan.

 Zat kimia yang terkandung dalam daun jinten

1. Minyak asitri ( isoprofil-o-kresol)
2. Fenol
3. Kalium

 Setelah kita tahu tentang daun jinten selanjutnya saya akan membahas tentang manfaat dari daun jinten. Daun jinten yang tersebar luas di Negara kita memiliki manfaat yang begitu banyaknya bagi kesehatan. Asal kita tahu cara memanfaatkan daun jinten tersebut. Manfaat daun jinten antara lain sebagai kekebalan tubuh, mengobati demam, obat asma, menobati batuk, obat ayan, mengobati sakit kepala dan sebagainya. Untuk lebih jelasnya saya akan memaparkan manfaat daun jinten bagi kesehatan

 Manfaat Daun Jinten Bagi Kesehatan

1. Mengembalikan Kekebalan Tubuh
 Ambilah beberapa lembar daun jinten kemudian cuci bersih. Setelah itu daun jinten tersebut dihaluskan dan seduh dengan ¾ gelas air panas. Saring dan biarkan sampai airnya hangat. Minumlah ramuan tersebut secara teratur sehari 1 kali.

2. Obat Demam
 Cuci bersih 9 lembar daun jinten kemudian bilas menggunakan air hangat. Haluskan daun jinten tersebut lalu saring dan peras. Minumlah air perasan tersebut serta ampasnya digunakan untuk menggosok badan secara merata.

3. Mengobati Asma
 Ambilah 9 lembar daun jinten lalu bilas dengan air hangat. Tumbuk halus daun jinten tersebut lalu saring untuk diambil airnya. Tambahkan secukupnya minyak wijen pada air perasan daun wijen. Minumlah ramuan tersebut sampai habis. Lakukan beberapa kali.

4. Sebagai Obat Batuk
 Caranya sama dengan no. 3 yaitu obat asma.

5. Mengobati Penyakit Ayan
 Bahan : 25 lembar daun jinten
               20 lembar lenglengan
               35 lembar sambiloto
               9 lembar daun ngokilo
               6 sirip meniran
               2 ½ ruas jari gula aren
Caranya : Cuci bersih semua bahan kecuali gula aren dan potong potong. Setelah itu rebuslah 
                menggunakan 5 gelas air serta masukan gula aren. Biarkan sampai air rebusan 
                tersebut tinggal 4 gelas. Angkat, saring dan dinginkan. Minumlah ramuan tersebut 
                dengan dosis 3 kali sehari dan setiap kali minum sebanyak ½ gelas.

6. Obat Sakit Kepala
 Cuci bersih beberapa lembar daun jinten. Kemudian memarkan dengan cara dipukul pukul secara pelan. Tempelkan daun jinten tersebut pada bagian pelipis dan kepala.

7. Menyuburkan ASI
 Daun jinten juga dipercaya mampu menyuburkan asi bagi kaum wanita yang sedang menyusui. Caranya sangat mudah yaitu daun jinten dijadikan sop dan bisa dicampurkan dengan sop ayam.

8. Mengobati Rematik
 Bagi anda yang sering terserang rematik cobalah ramuan dari daun jinten. Caranya cuci bersih terlebih dahulu 9 lembar daun jinten. Lalu haluskan sampai seperti bubur dan tambahkan kapur sirih secukupnya sampai seperti bubur. Gunakan ramuan tersebut sebagai obat oles penyakit rematik.

9. Mengobati Perut Kembung
 Tumbuk halus 6 lembar daun jinten lalu seduh denga setengah gelas air panas. Saring dan biarkan hingga hangat. Minumlah ramuan tersebut sampai habis.

 Nah itulah artikel tentang Manfaat Dan Khasiat Daun Jinten Bagi Kesehatan. Jika anda mengalami keluhan seperti yang saya tulis diatas, tidak ada salahnya jika mencoba melakukan pengobatan dengan daun jinten yang telah saya paparkan.  Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More