Manfaat Daun Meniran ~ Putra Gantiwarno
Selamat datang, terima kasih atas kunjungannya. Salam perdamaian

Manfaat Daun Meniran

Manfaat Daun Meniran. Bagi Anda yang suka dengan tanaman tradisional, pastinya tidak asing dengan tumbuhan satu ini, daun meniran. Ya daun meniran banyak digunakan masyarakat Indonesia untuk dijadikan sebagai campuran jamu tradisional untuk mengobati berbagai penyakit.

Manfaat Daun Meniran
(c) wikipedia
Selain itu daun meniran berguna untuk membuat daya tahan tubuh menjadi lebih kuat. Dalam bahasan kali ini kita akan berbagi informasi mengenai manfaat daun meniran untuk kesehatan dan pengobatan. Ada manfaat daun meniran yang dikutip dari manfaat.co.id yang akan menjadi referensi baru bagi Anda yang masih penasaran dengan kegunaan daun meniran.


Manfaat daun Meniran


  1. Sebagai Antibiotik
    Manfaat daun meniran yang pertama adalah untuk mengobati luka dan baik digunakan sebagai daun yang antibakteri atau antibiotik alami. Ada beberapa senyawa yang bisa membunuh bakteri dalam tubuh. Hal ini yang menjadikan daun meniran berguna sebagai antibiotik alami. Selain itu daun meniran juga berfungsi untuk membunuh jamur penyebab penyakit kulit.
  2. Mengatasi Asam Urat dan Batu Ginjal
    Manfaat kedua daun meniran adalah mampu mengatasi asam urat dan batu ginjal. Dalam daun meniran terdapat zat bernama flovanoid yang berperan aktif untuk mengatasi asam urat dan menyembuhkan batu ginjal. Ion K dalam daun meniran bisa mengikat kristal asam urat sehingga bisa dilarutkan dalam air seni. Selain itu daun meniran juga bersifat melancarkan keluarnya air seni.
  3. Sebagai Immunomodulator
    Manfaat daun meniran adalah sebagai immunodulator yang bekerja dalam tubuh dan membuat tubuh lebih aktif dalam sistem metabolisme. Dengan demikian sistem kekebalan tubuh meningkat dan mencegah serangan dari bakteri dan virus yang sewaktu-waktu bisa menyerang tubuh dengan mudahnya. Sehingga daun meniran sangat baik digunakan untuk pertahanan imun tubuh.
  4. Sebagai Tanaman Anti Kanker
    Selain bertindak sebagai immunodulator, daun meniran menjadi tumbuhan antikanker yang bisa mencegah datangnya sel kanker. Sel kanker mampu dihancurkan oleh senyawa-senyawa yang terdapat pada daun meniran.
  5. Sebagai Tanaman Anti Diabetes
    Dalam daun meniran memiliki zat yang bernama hypophyllanthin dan phyllanthin yang berperan aktif untuk menurunkan jumlah gula dalam darah. Telah dibuktikan dalam berbagai percobaan bahwa daun meniran merupakan tanaman antidiabetes.
  6. Sebagai Obat Rematik
    Manfaat daun meniran selanjutnya adalah untuk mengobati rematik. Daun meniran bisa menjadi jamu tradisional yang bisa menyembuhkan rematik dengan cara merebus daun meniran kemudian Anda minum air rebusan yang telah disaring.
  7. Mengatasi Hepatitis
    Penyakit hepatitis bisa diatasi dengan daun meniran. Untuk Anda yang sedang mengidap hepatitis, Anda bisa memanfaatkan daun meniran untuk direbus dan diminum air rebusannya. Lakukan hal ini secara rutin. Karena daun meniran bisa mengeluarkan racun dalam organ hati Anda.
  8. Mengobati Rabies
    Bila Anda mengidap rabies akibat digigit oleh anjing gila, Anda bisa memanfaatkan daun meniran sebagai solusinya. Anda bisa merebus daun meniran untuk direbus dengan campuran daun sendok dan daun tempuyung, disarankan untuk Anda meminumnya 2 kali sehari pagi dan sore.
  9. Mengobati Rabun Senja
    Manfaat daun meniran yang terakhir adalah untuk mengatasi rabun senja. Bila Anda mengalami masalah pada bagian mata yang tidak bisa melihat jelas diwaktu sore, rebuslah daun meniran dan hati ayam, kemudian Anda makan bersamaan agar khasiat daun meniran dan hati ayam menutrisi mata Anda agar tidak rabun lagi.

Demikian manfaat daun meniran yang bermanfaat untuk kesehatan, membantu daya tahan tubuh dan mengobati berbagai penyakit.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More